Mengirim Resensi ke Koran Jakarta

Alhamdulillah, kemarin satu resensi saya dimuat lagi di Koran Jakarta. Bisa dilihat di link ini dan naskah aslinya ada di blog buku saya di sini

Buat yang berminat mau mengirimkan resensi juga ke Koran Jakarta, berikut saya kasih tau ketentuan dan syarat buat ngirim ke sana. Resensi di Koran Jakarta masuk dalam rubrik Perada. Ketentuan yang saya bagikan di sini bisa dikategorikan SAHIH karena saya dapat dari redaksinya langsung. Sewaktu saya mengirimkan salah satu resensi, saya dapat balasan informasi ini. Tapi bagian tanya jawab di bawah itu bukan dari redaksi, tapi dari pengalaman saya aja🙂

INFORMASI KETENTUAN NASKAH PERADA

A SETIAP KALI mengirim resensi dimohon SELALU menyertakan :

1. Kartu Identitas (KTP) *KTP di scan dan disertakan di naskah resensi*
2. Nomor kontak yang dapat dihubungi
3. Foto diri
4. Nomor rekening *plus nama pemilik rekening juga cabang bank rekening itu dibuka*
5. Pendidikan terakhir

B Tentang tulisan

1. Panjang minimal 4.000 karakter (dengan spasi).
2. Orisinal
3. Komprehensif dalam mengupas
4. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
5. Menggunakan logika bahasa yang mudah dicerna
6. Tidak salah ketik
7. Menyertakan kutipan-kutipan buku. *sertakan juga halaman berapa kutipan buku itu ada*
8. Menyertakan cover buku
9. Buku terbitan pada tahun tersebut. (Kalau sekarang 2014 jadi buku terbitan tahun 2014)

Beberapa hari yang lalu saya dapat info kalau ada syarat tambahan yaitu buku yang diresensi minimal 200 halaman.

Perada dikirim lewat opinikoranjakarta@yahoo.co.id,opinikoranjakarta@gmail.com

***

Pertanyaan yang mungkin muncul melihat informasi di atas.

T (Tanya)  : Dapat honor nggak?

J (Jawab) : Iya, Dapat. Makanya diminta menyertakan nomor rekening.

T : Berapa besar honornya?

J : Duh, ini sama dengan nanya gaji deh. Agak sungkan saya jawab di depan umum gini. Email saya aja ya kalau mau tau pakai banget. Hehehe….

T : Kalau ngirim resensi subject emailnya apa?

J : Resensi ada di rubrik perada. Jadi, kalau saya selalu menyertakan kata Perada di subjek email. Biasanya subject email saya : Perada – Resensi Buku (tulis judul buku)

T : Bukunya terbitan tahun 2013? Jadi, 2014 nggak boleh?

J : Bisa banget kok kalau buku tahun terbitan 2014. Lebih baru bukunya itu lebih baik. Informasi di atas saya terima di awal tahun 2014. Jadi keterangannya buku tahun 2013. Biasanya yang diresensi adalah buku yang terbitnya nggak lebih dari satu tahun. Jangan buku lama, kalau pembaca ngiler ama bukunya dan pas mau nyari ternyata bukunya udah nggak edar kan syusah, Bo.

T : Saya dari luar Jakarta, masih boleh ngirim nggak?

J : Saya juga dari Kalimantan, lho. Bebas lah. Kemarin malah ada yang kirim dari Jepang.

T : Apakah ada pemberitahuan dimuat?

J : Tidak ada. Selama ini saya tidak pernah diberitahu kalau dimuat. Tapi pernah ada yang cerita kalau dia diberitahu resensinya dimuat.

T : Darimana kita tahu kalau dimuat?

J : Bisa dicek di web Koran Jakarta : http://www.koran-jakarta.com/ . Rubrik Perada ada di samping kanan web itu. Cek deh.

T : Apakah resensi yang dikirim pasti dimuat?
J : Nggak pasti. Ada yang ditolak juga. Ditolak juga tanpa pemberitahuan.

T : Berapa lama waktu nunggu antara mengirim dan dimuat?

J : Nah, ini agak susah jawabnya karena nggak ada jawaban pasti dari redaksi. Tapi berdasarkan pengalaman hanya beberapa hari setelah dikirim. Seperti resensi saya yang tayang kemarin itu saya ngirimnya hari minggu dan dimuat rabu. Ada teman yang 10 hari kirim baru dimuat, ada juga teman yang bilang kalau udah 1 minggu setelah kirim nggak dimuat itu sudah bye bye atau nggak dimuat. Tapi, amannya tunggu 2 minggu kali ya. Atau kalau mau aman pakai banget tunggu satu bulan baru lempar ke media lain.

T : Apa maksudnya ‘Komprehensif dalam mengupas’?

J : Errr, saya kurang tau juga. Kalau saya sih sebelum nulis resensi dulu, saya memperlajari resensi yang dimuat di sana. Yah, kira-kira resensi yang dimuat di sana lah yang dimaksud Komprehensif dalam mengupas.

T : Apa ada reward dari penerbit buku yang kita resensi kalau dimuat?
J : Tergantung penerbitnya. Tapi biasanya ada. Laporan aja ke penerbitnya kalau resensi kamu dimuat. Beberapa penerbit yang ngasih reward berdasarkan pengalaman saya : Mizan, Indiva, Nourabooks, GagasMedia.

T : Resensi saya 2 hari yang lalu dimuat, kok honornya belum masuk?

J : Honor masuk biasanya sebulan setelah pemuatan.

T : Semua ketentuan itu dikirimkan di badan email atau bagaimana?

J : Dikirimkan di attachment. Jadi, biasanya saya ngirim tulisan resensi, trus dibawahnya ada biodata saya, kemudian scan KTP saya, kemudian foto diri saya, kemudian cover buku. Tapi, saya sertakan juga cover buku di lampiran terpisah. Jadi, ada 2 file yang saya sertakan di attachment itu. Satu file berupa naskah plus ketentuan yang lain. Satunya file dalam bentuk cover buku.

T : (Ini pertanyaan paling absurd, tapi ada lho yang nanya gini) Buku yang diresensi bisa dibaca di mana?
J : Penerbit atau korannya tidak menyediakan buku yang diresensi. Jadi, bukunya bisa dibeli di toko buku, pinjam sama teman atau pinjam di perpustakaan atau taman bacaan.

Resensi saya yang dimuat di Koran Jakarta bisa dilihat di link di bawah ini.

Resensi My Wedding Story

Resensi Citra Rashmi

Resensi Meet The Sennas

Resensi Pangeran Bumi, Kesatria Bulan

Resensi Priceless Moment

Oke, cukup jelas ya, friend. Selamat membaca buku dan ngeresensi ^_^

22 thoughts on “Mengirim Resensi ke Koran Jakarta

  1. Alhamdulillah, saya bolak2 ngunjungi blog ini untuk belajar meresensi dan langsung pede kirim..eh dimuat. saya jg ngikutin perjalanan resensi mba hairiyanti yg dimuat lo..Bikin kupasan resensi anak donk mba, kan ada yg dimuat jg ya bbrp mg lalu di kompas anak:). matur terima kasih bangets atas ilmunya:D

    • Waah… Selamat yaaa… Dimuat kapan? Alhamdulillah kalau bisa bermanfaat. Saya baru berani nulis ini setelah dimuat 3 kali di Koran Jakarta. Di Kompas Anak baru satu kali. Ihihihihi….

Leave a Reply

