Once More Ramadhan

Ramadan sudah di depan mata. Walau belum pasti memulai Ramadan besok atau lusa. Saya nunggu pengumuman, bukan dari pemerintah sih, tapi dari kampung halaman. Hehehe… Biasanya ngikut Ustadz di sana. Kapan beliau memulai Ramadan. Btw, di Mekkah Ramadannya kapan ya?

Ramadan kali ini ada satu kabar yang mau saya kabarkan. Ada satu buku antologi di mana tulisan saya terdapat di dalamnya terbit Ramadan tahun ini. Alhamdulillah. Judulnya Once More Ramadhan.

Antologi ini adalah antologi pertama yang saya ikuti yang diterbitkan secara mayor dan insyaAllah beredar di toko buku besar. Antologi sebelumnya kan diterbitkan indie aja😀 Kemarin waktu ke Gramedia Balikpapan saya cek stoknya, masih kosong ternyata. Ya iya lah karena baru terbit tanggal 30 Juni 2014, InsyaAllah.

Kategorinya malah Fiksi Romance :D

Kategorinya malah Fiksi Romance😀

Antologi ini berisi tentang kisah-kisah inspiratif seputar Ramadan. Saya menulis tentang satu peristiwa di suatu sahur yang walau sudah bertahun berlalu tetap teringat setiap Ramadan tiba. Satu peristiwa saat si jago merah berkobar dengan beringas di depan mata saya. Temukan kisah selengkapnya di bukunya😀

Selain saya ada nama-nama penulis lain yang penulis lain itu namanya udah berkibar-kibar. Ada Mbak Aida MA, Mbak Leyla Hana, Mbak Linda Satibi, Mbak Pujia Achmad, Mbak Dian Nafi, dll. Dan Once More Ramadhan ini dikomandani oleh Kak Adya Pramudita, penulis novel Menjeda.

Beberapa bulan yang lalu di komunitas Be A Writer, Kak Adya mengumumkan kalau beliau mencari naskah seputar Ramadhan. Dan dari situlah antologi ini bermula. Awalnya saya mengira buku ini bakalan rilis waktu Islamic Book Fair maret kemarin, soalna prosesnya cepat. Tapi ternyata rilisnya waktu Ramadhan tiba. Tapi tetap aja sih ngerasa prosesnya cepat.

Lewat antologi ini saya belajar banyak hal, karena ini pengalaman pertama saya antologi yang diterbitkan penerbit mayor. Jadi, ngerasain gimana berdiskusi sama teman-teman lain tentang cover, tulisan di blurb dan editing. Baru ngerasain dikasih PDF calon buku yang ada catatan-catatan editornya dan mengoreksi lagi tulisan kita serta menyampaikan koreksi dalam bentuk tabel. Sungguh pengalaman baru buat saya. Terima kasih kak Adya dan Grasindo untuk kesempatan yang diberikan.

Dan inilah penampakan cover Once More Ramadhan. Dibeli ya😉

 

Once More Ramadhan

Once More Ramadhan

Once More Ramadan

Penulis :

AdyaPramudita, Dian Nafi, Aida MA, Wawat Smart, PujiaAchmad, Linda Satibi,

Leyla Hana, Saepullah, Arrifa’ah, Rima Ria Lestari, Hairi Yanti

 

“Selalu ada keajaiban tak terurai kata kala Ramadan tiba. Ketika hidup terasa sempit, Allah mengundang untuk menikmati rasa syukur melalui jalan lain. Ramadan yang tak biasa ini, menuai kedamaian hati yang tak terganti.

 

Ramadan adalah bulan istimewa. Di dalamnya selaksa nikmat dan berkah hadir menggurat kesan tersendiri di hati. Kerap tercipta momen-momen tak terduga yang mengubah cara pandang dan pola pikir hingga akhirnya mewarnai jalan kehidupan kemudian.

Buku ini menghimpun cerita-cerita nyata di kala Ramadan dan membaginya kepada Anda sebagai kisah yang bermakna. Ada kisah seorang anak yang merindu kue kaleng (biskuit) yang sesungguhnya adalah rindu kepada ibunya yang terpisah jarak ribuan mil. Anak itu beserta kakaknya tegar dalam kepasrahan menjalani hidup susah tanpa kasih sayang ibu. Keteguhan mereka menjadi cermin agar kita lebih bersyukur dan bersabar. Lain cerita, tentang seorang gadis yang menemukan Ramadannya saat tak ada teman di sekitarnya, bahkan tidak juga keluarganya. Betapa ia tergugu saat merasakan Allah mendekapnya, sementara diri berlumur pekat dosa. Pun kisah lainnya, saat kehidupan tak lagi sama, mengajarkan pada keyakinan atas kebaikanNya. Hadir pula pengalaman Ramadan di negeri orang yang menyadarkan kita akan warna-warni kehidupan.

Demikian Ramadan, sejatinya menyisakan kebaikan yang akan menggerus nilai0nilai buruk yang pernah ada. Selamat menikmati kisah-kisah inspiratif ini dan temukan kedalaman maknanya.

4 thoughts on “Once More Ramadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s