Menunggu Keberangkatan Pesawat di Executive Lounge

Sebelumnya tidak pernah terpikirkan buat masuk lounge dalam rangka menunggu keberangkatan pesawat. Saya pernah mengalami pesawat delay yang dijadwalkan berangkat jam 7.30 kemudian delay menjadi berangkat jam 11 siang. Masa menanti keberangkatan itu hanya saya habiskan di mushalla bandara😀

Inisiatif buat masuk Lounge itu melintas begitu saja saat mau pulang dari Jakarta kemarin. Waktu itu saya dan suami harus ke bandara 3 jam dari keberangkatan karena harus menyelesaikan urusan administrasi terkait reschedule tiket pesawat suami. Untuk biaya tambahannya kami harus membayar di bandara 3 jam sebelum keberangkatan. Biaya yang dikeluarkan cukup besar, 80% dari harga tiket karena reschedule dilakukan kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan.

Karena harus menunggu 3 jam, jadi saya bilang ke suami kalau nanti kita makan siangnya di bandara aja. Jadi ada tempat buat duduk-duduk. Biar deh lama duduknya. Eh, tiba-tiba terlintas dalam benak saya kenapa tidak masuk lounge saja? Seingat saya dulu biaya masuk lounge adalah 50 ribu rupiah dan kita bisa makan sepuasnya. Tapi itu dulu. Bertahun-tahun yang lalu. Saya tentu saja tidak yakin biayanya masih sama.

Apalagi yang saya lakukan selain googling? Hehehe… Jadi deh saya googling dan menemukan kalau biaya masuk lounge itu antara 50-100 ribu. Dan berdasarkan hasil googling tersebut ada beberapa postingan yang menyebutkan keuntungan-keuntungan masuk lounge. Yang membuat saya bertambah yakin kalau memang saya dan suami harus masuk lounge.

Sampai di bandara Soeta, setelah urusan administrasi dengan singa merah selesai, saya dan suami pun menuju Blue Sky Executive Lounge karena hanya lounge itu yang terlihat dalam pandangan saya saat berada di terminal 1C. Saya pun bertanya-tanya dulu sebelum memutuskan masuk atau tidak. Pertanyaan saya adalah berapa biaya buat masuk, bagaimana check in, dan pertanyaan titipan suami, ada mushalla tidak di dalamnya. Karena kami harus menunaikan shalat ashar dulu sebelum naik pesawat.

Untuk biaya masuknya sebesar 90 ribu rupiah, check in bisa ditangani pihak Blue Sky tanpa tambahan biaya lagi, ada mushalla dan toilet di dalam. Oke, Sip. Maka saya dan suami pun memutuskan buat masuk ke sana dan merogoh uang 90 ribu per orang.

Sampai di dalam, suasana nyaman menyambut kedatangan kami. Ada sofa empuk, ruangan yang adem dan beragam makanan yang boleh kami santap sepuasnya.

DSC_0085

Suasana di dalam

Makanannya ada makanan berat seperti nasi, lauk pauk, sayuran, dsb, ada makanan ringan seperti pecel, bakso, mie ayam, dsb. Juga ada snack berupa gorengan, pudding, dsb. Ada rujak juga. Ada buah-buahan juga. Juga tersedia beragam minuman dari kopi, teh, jus, air putih, dsb. Bikin kenyang dunk. Saya nyoba nyaris semuanya. Hahaha….

Daftar Menu

Daftar Menu

Selain itu ada fasilitas wifi juga. Ada colokan buat charger laptop atau hape. Toilet dan mushallanya juga bersih.

Mushalla

Mushalla

Tempat Wudhu

Tempat Wudhu

Saya puas dengan apa yang saya dapat di sana. Sebanding lah kenyamanan yang didapat dengan harga yang dibayar. Kalau makan di luar lounge di bandara juga mungkin bayarnya 50 ribuan kali ya. Belum lagi kalau tergoda beli cemilan ini dan itu. Jadi ya saya pikir kurang lebih aja harga masuk lounge dengan menunggu di luar. Plus kenyamanannya juga perlu dihargai.

Untuk fasilitas mengantar penumpang ke pintu pesawat langsung ternyata kena charge lagi sebesar 40 ribu rupiah per orang. Jadi, kalau nggak mau bayar nambah, saat panggilan masuk ruang tunggu pesawat, sudah saatnya lah untuk bersiap-siap ke ruang tunggu😀

Saya pun menyimpulkan ada dua kondisi di mana perlu buat masuk lounge di bandara. Kondisi pertama, saat menunggu di bandara lumayan lama. Minimal 3 jam lah. Itu pun kemarin 3 jam saya masih merasa terlalu singkat. Hehehe… Dan kondisi yang kedua pastikan perut kosong alias belum makan. Jadi makan sepuasnya deh di sana😀

Nggak mau rugi😀

12 thoughts on “Menunggu Keberangkatan Pesawat di Executive Lounge

    • Ada, Ka. Blue Sky jua. Di lorong keberangkatan tuh masuknya. Inggih, Ka. Kurang lebih ja. Maka kawa makan minum berkali2. Tempatnya nyaman jua. Jadi bila lawas di bandara mending masuk lounge😀

    • Ga punya mak… Jaraaang banget naik garuda. Pakai singa merah mulu. Hehehe… Katanya kartu kredit tertentu jg ada diskon atau gretong masuk lounge tertentu ya mak. Sy jg ga punya kartu kredit😀

  1. Beni Agus Nugroho says:

    Kereeennnn….Resultnya VIP Lounge memang kereeennn….
    Bagi yg punya KK Platinum bisa Free…Pasti Kereenn nian
    Hehehehehehehe…

  2. Lumayan nyaman kalau waktu panjang, bisa nyantai dengan cemilan or makan berat. Tapi Selasa, 11 Okt kemarin hampir ketinggalan menuju ruang tunggu gate 17 terminal 3 Soetta saat boarding GA 190 to Medan di halo2 dua kali…malu juga. Mungkin harus sering lihat jam ya…..atau memang sound or petugas kurang jelas.

    Tapi pas Jum’at di Kualanamo GA 183 to Jakarta disamperi petugas, kalau penerbangan XXX waktunya boarding, jadi bisa siap2.

Leave a Reply

