7 Alasan Menikmati Kuliner Balikpapan di Torani

Olahan seafood adalah salah satu andalan kuliner Balikpapan. Letak Balikpapan yang berdempetan dengan Selat Makasar membuat Balikpapan kaya akan hasil laut yang melimpah ruah. Olahan seafood ini banyak tersedia di beragam resto, rumah makan sampai warung-warung makan di pinggir jalan.

Dari banyaknya tempat yang menjual olahan seafood, saya dan suami berkali-kali makan di Rumah Makan Torani ketimbang di tempat lain. Rumah Makan Torani emang paling cocok buat kalian yang ingin berwisata kuliner di Balikpapan.

Saya dan suami pun sempat ngobrol dari hati ke hati, alasan apa yang membuat kami selalu datang ke Rumah Makan Torani. Kami kemudian mendapatkan 7 alasan kenapa Torani yang menjadi tujuan untuk menikmati kuliner Balikpapan. Continue reading

Advertisements

[Kuliner Balikpapan] Salome Ningrat

Sudah lama tidak menulis tentang petualangan lidah atau wisata kuliner saya di blog ini. Wiskulnya sih tetap ya, tapi nyaris tidak ada tempat baru yang saya kunjungin, jadi ya gitu deh. Wiskulnya kalau ke Balikpapan kalau enggak ke Torani, atau ke nasgor Gunung Kawi atau makan gado-gado siram di Pacifica. Mana menu yang dipesan itu-itu aja. Jadi, belum ada bahan baru buat diceritain di blog 😀

Tapi jadi teringat sama pengalaman wiskul yang belum saya ceritakan di blog. Padahal saya bilang ke owner-nya kalau mau cerita di blog. Hihihi…. Trus suami juga beberapa kali nanyain kapan mau nulis tentang itu di blog? Dia nagih gitu bukan karena dia doyan tulisan saya sih, hahaha, tapi lebih kepada dia pengin saya menunaikan ucapan saya yang bilang mau nulis ini di blog.

Sebenarnya saya bukan bermaksud menunda menuliskannya di blog, hanya saja saya berkeinginan untuk datang sekali lagi ke sana, tapi keterbatasan waktu di Balikpapan bikin saya belum pernah ke sana lagi. Ihiks… Continue reading

Menikmati Kuliner Balikpapan di Rumah Makan Torani

Kalau ada kerabat yang bertanya tempat yang asyik buat menikmati kuliner Balikpapan maka saya akan menjawab lantang : Rumah Makan Torani. Jawaban yang berdasarkan pengalaman saya berwisata kuliner di salah satu tempat makan di Balikpapan itu.

Rumah Makan Torani terletak di Jl. Jendral Sudirman, kompleks Rumah Tahanan Stal Kuda, pas di seberangnya Pengadilan Negeri Balikpapan. Tempatnya mudah dicari, kalau menuju atau dari bandara Sepinggan Sultan Aji Muhammad Sulaiman ke arah kota atau sebaliknya, kita bakal melewati rumah makan Torani ini.

Tempat rumah makan Torani ini luas. Cucok lah buat kumpul-kumpul keluarga atau sama teman-teman. Buat kopdar juga oke (hayo, siapa yang mau kopdar sama saya di sana?) dan harga-harga di sana juga bersahabat dengan kantong dalam kata lain murah, bo. Namun, apalah artinya kan kalau tempat yang nyaman, mudah dicari kalau apa yang disuguhkan tidak menyenangkan di lidah dan rumah makan Torani ini tidak seperti itu. Saya aja ketagihan buat datang ke sana lagi dan lagi untuk menikmati kuliner Balikpapan.

es dan sirup gula buat kelapa muda utuh

Kuliner Balikpapan : es dan sirup gula buat kelapa muda utuh

Pertama kali ke sana saya memesan kelapa muda utuh buat minumannya. Dan enggak pakai lama kelapa muda utuh tersaji di depan saya. Kelapa muda itu cuma dilobangin di atasnya. Dan disajikan bersama es dan sirup gula. Jadi, kita yang ngatur mau seberapa dingin atau seberapa manis.

Kelapa Muda segeeer

Kuliner Balikpapan : Kelapa muda utuh : IDR 12.5 K

Nah, itu baru minumannya, kalau untuk makanannya nggak afdol dong kalau kita enggak menikmati seafood. Dan pilihan saya adalah kepiting soka dengan saos Torani. Maknyus banget deh saat lembutnya daging kepiting soka berpadu dengan krispi tepung gorengnya plus saos torani sampai di lidah kita. Selain saos Torani kita juga bisa memilih saos yang lain. Ada asam manis, lada hitam, dan yang lainnya.

Kepiting Soka Saos Torani

Kuliner Balikpapan : Kepiting Soka Saos Torani

Selain kepiting soka, saya juga memesan bandeng goring krispy. Bandeng goreng krispy ini tanpa duri loh, jadi jangan takut bakalan ada duri yang nyangkut pas makannya. Lembutnya daging ikan bandeng dipadu dengan kriuknya balutan tepung yang digoreng itu nikmat banget. Bandeng tanpa duri ini menjadi salah satu menu andalan di rumah makan ini.

Bandeng Goreng Krispi

Kuliner Balikpapan : Bandeng Goreng Krispi

Sewaktu pertama kali datang ke rumah makan Torani ini saya dan suami terperangah dengan nikmatnya cah kangkung di sana. Jadi, cah kangkung itu seperti menu wajib deh kalau makan di sana. Cah kangkung polos ini hanya 10 ribu saja.

Cah Kangkung Polos

Kuliner Balikpapan : Cah Kangkung Polos

Banyak pilihan menu buat menikmati kuliner Balikpapan di Rumah Makan Torani. Saya pengin nyoba semuaaa. Selain yang saya sebutkan di atas saya juga pernah mencoba pepes kepiting, Selain itu juga ada menu steamboat dan kepiting saosnya. Yang terakhir saya sebut udah ngileeer banget pengin nyoba. #kodekesuami

Pepes Kepiting

Kuliner Balikpapan : Pepes Kepiting

Para karyawan di sana juga sabar menanti kita milih-milih menu. Menjelaskan apa yang kita belum tahu juga menemani buat milih menu seafood yang mau dibakar.

Untuk menu-menu tertentu, seperti ikan bakar kita memilih sendiri bahannya jadi bisa menentukan mau seberapa besar bahan yang kita pilih. Seperti saat kedatangan pertama saya memesan ikan kerapu bakar, mbak yang ada di sana memandu saya buat memilih ikan kerapu dan membantu memilihkan yang paling segar. Jadi rasa ikannya juga nikmat banget.

Ikan Kerapu Bakar

Kuliner Balikpapan : Ikan Kerapu Bakar

Satu lagi alasan yang bikin saya pengin datang berkali-kali ke RM torani juga karena nasinya bebas ambil. Dengan hanya membayar 6000 rupiah kita bisa mengambil lalapan, nasi, sambal sampai puas. Cucok deh buat yang suka nambah berkali-kali kayak saya dan emm… Misua. Wkwkwk….

Dan buat para pengguna twitter, bisa follow @RM_Torani. Karena bakalan dapat diskon 10% lho. Asyiiik kan. Waktu bayar kita tinggal bilang ama kasirnya dan tunjukin buktinya via hape kita bukti kalau kita jadi follower. Trus, ntar kasirnya minta ID twitter kita dicatat dan langsung dapat diskon. Horeee… Asyik banget kan. Sudah harganya lebih murah dikasih diskon pulak.

Karena itulah RM Torani ini emang pilihan yang pas buat menikmati Kuliner Balikpapan.

Duuu... Pengiiin... Sumber Gambar : http://toranifood.com

Kuliner Balikpapan : Kepiting Saos. Duuu… Pengiiin… Sumber Gambar : http://toranifood.com

[Wiskul Balikpapan] Akhirnya, Kambing pun Tak Lagi Lapas

“Kambingnya lapas.” Itulah istilah yang akrab dengan saya ketika belum bisa menikmati kambing. Biasanya gini, kalau nyari lauk kambing di warung langganan, atau ada kenduri tapi tidak ada menu kambing. Maka sebutan kambing lapas itu lah yang sering dikatakan untuk memberi tahu kalau tidak ada menu kambing.

Istilah kambing lapas ini bukan berarti ketika kambing mau disembelih tapi lepas dari jeratan, tapi emang biasa disebut kalau tidak ada menu kambing. Emang tidak disediakan gitu. Ngerasa mbulet menjelaskan tentang kambing lapas ini 😀

Karena saya dua kali ke tempat makan, di Gunung Kawi dan Kafe Betawi tapi belum berjodoh dengan menu nasgorkamnya, maka kemudian pada satu hari saya mengajak suami untuk bertandang ke rumah makan yang khusus menjual kambing. Kalau ke sana pun nggak tersedia menu kambing, berarti benar-benar deh nggak berjodoh sama kambing.
Continue reading