Sekejap di Bisnis Catering

Semenjak mengetahui kalau kakak ipar saya dapat orderan kerjaan di Barabai, saya sudah kegirangan aja. Girang bukan karena sok mau bantuin sih, tapi girang karena bakalan ada banyak makanan enak. Dasar gembul :p

Kakak ipar saya beserta ibunya punya usaha catering. Catering yang bukan hanya menyediakan makanan, tapi paket komplit. Dari para pelayan yang ngeberesin makanan, cuci piring, sampai dekorasi. Entah berapa mobil yang diperlukan kemarin buat mengangkut segala peralatan, bahan-bahan, sampai para karyawan dari Banjarbaru ke Barabai.

Tempat Acara

Tempat Acara

Ini adalah job kedua kakak ipar saya di Barabai. Sebelumnya sudah pernah yaitu waktu resepsi pernikahan saya. Saat itu tentu dong saya tidak bisa leluasa mencicipi segala jenis makanan karena jadi pengantin. Beda dengan kali ini. Eits, kata kakak ipar saya dalam mempersiapkan makanan memang dilebihkan. Jadi, buat anggota keluarga yang pengin icip-icip tidak masalah. Tidak mengambil hak klien.

Salah satu stan makanan. Dijepret malam sebelum acara

Salah satu stan makanan. Dijepret malam sebelum acara

Waktu hari H, saya ke gedung resepsi sekitar jam 7.30 pagi. Wuiiih, pagi-pagi kakak ipar saya udah heboh mengarahkan para karyawannya. Para karyawan catering juga sudah sibuk wara wiri. Mereka sudah pengalaman sih ya, jadi semua berdiri sesuai jobdes masing-masing. Yang jaga meja sudah stand by di meja masing-masing. Trus bagian memberesi makanan sudah siap di ujung-ujung tempat makan. Ada lagi yang bertugas buat mencari makanan di tempat pangautan (tempat makanan dikaut atau disiapkan). Karena masing-masing sudah ada tugasnya jadi aman terkendali deh acaranya.

Buah-buahan rakyat

Buah-buahan rakyat

Oh ya, ada juga karyawan yang siap dengan sapu dan serok di tangannya. Menyapu sampah jika ada yang berserakan di lantai. Naah… untuk karyawan ini dia hanya bertugas megang sapu itu. Tidak ikut megang makanan. Jadi, ke-higienisan makanan bisa terjaga.

Yang paling saya suka dari ikut bantu-bantu sikit pas acara adalah … jeeeng… jeeeeng…. Sudah bisa ditebak kali ya. Apalagi kalau bukan yang saya sebut di atas, yaitu makanannya.

Salah satu menu : gado-gado

Salah satu menu : gado-gado. Gado-gadonya belum disiram😀

Ada beragam menu yang disajikan kemarin. Tidak semua saya foto pakai hape saya. Karena saya juga dapat tugas mendokumentasikan kerjaan catering hari itu dengan tablet punya kakak ipar saya. Untuk bantu-bantu tersebut saya juga dikasih fee. Hahaha… Super baik deh kakak ipar saya itu. Padahal saya banyak bengongnya juga dan cuma hahaha hihihi dengan beberapa kenalan yang saya temui pas acara.

Kue mini

Kue mini

Menu lainnya : Soto Banjar

Menu lainnya : Soto Banjar

Sate Buah dan Cokelat Mancur

Sate Buah dan Cokelat Mancur

Dari sekian menu yang tersaji, kalau kata saya yang paling laris itu kebab. Kebab satu nampan penuh bisa habis dalam sekejap. Tidak sampai lima menit udah habis aja. Orang berbondong-bondong mengambil kebab di meja menu. Emang kebabnya enaaak banget. Tapi kata kakak saya, itu karena saya berdiri dekat stan kebab. Jadi, taunya kebab aja yang laris manis. Iya juga sih. Hehehe….

Kebab

Kebab

Salah satu menu lagi adalah bubur hintalu karuang ini adalah kuliner khas Banjar, Kalimantan Selatan. Dan bubur hintalu karuang ala catering kakak ipar saya ini emang juaraaa banget. Dari dulu saya paling doyan. Kalau ada acara di rumah, suka dibawain juga sih :D

Bubur Hintalu Karuang

Bubur Hintalu Karuang

Aduh… sayang saya lupa foto es krimnya. Karena es krimnya juga saya doyan banget. Perpaduan rasa durian dan nangka itu memeleh di lidah.

Ada beberapa menu yang tidak ada di atas. Ada sate, siomay, rawon, menu prasmanan (capcay, nasgor, sapi lada hitam, sambal goreng kentang, dll), es buah, dan lain-lain.
Catering kakak ipar saya ini berada di jalan RO Ulin, Loktabat Banjarbaru. Dengan nama catering CV, Rakhmat Agung. Bisa melayani untuk resepsi pernikahan, syukuran, ulang tahun, Grand Opening, Diklat, Prajabatan Instansi dan lain-lain.

Walau ada di Banjarbaru, tapi beliau juga sudah biasa dapat job di beberapa daerah. Seperti Martapura (ini jelas karena dekat banget dengan Banjarbaru), trus Banjarmasin juga sering. Pleihari dan Binuang juga pernah, malah udah punya langganan yang selalu pakai catering beliau. Sekarang juga sudah merambah ke kota asal suaminya, Barabai :D

Keterangan lebih lanjut bisa via instagram beliau @maretysadewi :D

3 thoughts on “Sekejap di Bisnis Catering

Leave a Reply

