Perdana di Majalah Girls

Ramadhan, malam ke-20. Kembali saya mendapatkan sebuah kabar bahagia. Kembali kabar itu datang dari grup WA. Dan kembali kabar itu dibawa oleh Uni Novia Erwida. Hehehe…

Saat membuka WA malam itu sudah banyak chat yang saya lewatkan. Pandangan saya langsung tertuju pada satu foto yang ada di sana. Foto tulisan. Foto serupa capture dari sebuah majalah. Saya langsung berpikir wah ada yang dimuat lagi tulisannya di grup ini. Tapi waktu melihat lebih seksama, mata saya terbeliak dan langsung gemetaran. Hahaha…. Reaksi tubuh spontan. Karena yang tertulis di foto capture majalah itu adalah nama saya. Kyaaa…

uang niken hilang

Kemudian membaca judulnya, saya langsung tahu cerpen yang mana yang dimuat di sana. Walaupun judulnya diganti pihak redaksi. Judul yang saya kirimkan Misteri Uang Niken, di majalah menjadi Uang Niken Hilang. 

Cerpen itu saya kirimkan ke Majalah Girls pada awal Oktober tahun kemarin. Jadi, masa tunggunya sekitar 9 bulanan. Lumayan lama ya.

Lamanya masa tunggu di Majalah Girls ini membuat saya nyaris putus asa. Setelah mengirimkan tiga cerpen ke sana, saya tidak mengirimkan cerpen ke sana lagi. Alhamdulillah, dapat kabar gembira ini. Sepertinya akan membuat saya bersemangat lagi mengirimkan cerpen ke sana.

Girls sendiri bisa dibilang adalah kakak perempuan Majalah Bobo, sama-sama dari grup Gramedia. Seperti judulnya sasaran pembacanya adalah girls. Anak perempuan sekitar akhir SD atau awal SMP. Seperti saat ingin menembus Majalah Bobo, saya juga membeli beberapa edisi Majalah Girls untuk mengetahui bagaimana cerpen yang dimuat di sana. Dalam Majalah Girls ada kolom yang menjelaskan bagaimana caranya jika ingin mengirimkan cerpen ke sana. Seperti foto di bawah ini.

cara pengiriman fiction

Tata cara pengiriman cerpen ke majalah Girls

Oya, Uni Novia ternyata mendapatkan info dimuatnya cerpen saya dari Mbak Irra Fachriyanthi. Mbak Irra tinggal di Luar Negeri, tapi lebih tahu infonya ketimbang yang tinggal di dalam negeri. Hehehe… Karena Mbak Irra membeli majalah online-nya. Terima kasih infonya Mbak Irra dan Uni Novia😀

Tentang cerpen ‘Uang Niken Hilang’ ini terinspirasi dari kisah Mama saya yang kehilangan uang. Kemudian merasa cerita itu special, jadi saya jadikan cerpen dengan tokohnya dijadikan anak-anak dan ditambahkan beberapa bumbu cerita agar lebih sedap. Semoga bisa diambil hikmahnya buat yang membaca dan lagi-lagi pesan dari cerpen ini yang paling utama ditujukan buat diri saya sendiri agar tidak mudah berprasangka.

Mana cerpennya? Baca di majalahnya aja yaaa…. Hehehe….

17 thoughts on “Perdana di Majalah Girls

  1. Gara says:

    Selamat ya Mbak, dimuat lagi dimuat lagi :hehe. Pastinya makin semangat dong menulis ceritanya kalau dapat banyak stimulus semangat seperti ini :)). Ah, saya juga jadi ikutan semangat nih Mbak, meski untuk sekarang hanya menulis di blog tapi ini juga jadi pemicu banget supaya saya juga bisa menelurkan tulisan yang berkualitas. Amin, amin! :)).

  2. Yay, selamat mbak yanti. btw, salam kenal ya. seneng bisa dimuat di media. baru tahu kalo masa tunggunya sampe 9 bulan, wah, capek banget pasti nungguinnya. tinggal nunggu transferan😀

  3. Mba hebat banget😀 saya jadi ingin nulis cerpen juga hehehe. Btw kalo kirim lewat imel di biodata mencantumkan no rekening kah mba? Trims🙂

Leave a Reply

