Resensi Buku Misteri Pantai Mutiara di Kompas Anak

                Hari minggu adalah hari bersenang-senang buat para sastrawan dan penulis. Setidaknya itulah yang saya simpulkan kalau menengok grup Sastra Minggu di salah satu jejaring sosial. Sejak hari jum’at dan kemudian puncaknya di hari minggu, kabar-kabar tentang pemuatan tulisan di media menghiasi grup Sastra Minggu. Saya lumayan sering menyimak pembahasan tersebut. Melihat nama-nama siapa saja yang disebut di sana.

                Tanggal 7 Juni 2015 kemarin satu notifikasi di facebook menyebutkan kalau saya di-mention oleh nama yang tidak saya kenal di grup Sastra Minggu. Mendapati mention tersebut, detak jantung saya langsung berdebar-debar. Saya pun membuka grup dan menemukan komentar yang menyebutkan ada resensi saya di Kompas Anak hari itu untuk buku Misteri Pantai Mutiara.

                Whuaaa… Saya langsung heboh sendiri. Memberitahu suami dan seperti biasa meminta dia mengucapkan selamat buat saya. Hahaha… Saya juga copas komentar tersebut ke salah satu grup WA tempat biasa saya ngerumpi. Bilang ke teman-teman di sana kalau saya sedang bahagia. Padahal baru beberapa menit sebelumnya saya bilang di sana saya lagi galau. Wkwkwk… Tentang galaunya saya itu nanti insyaAllah saya ceritakan di postingan terpisah.

                Resensi buku Misteri Pantai Mutiara saya kirim tanggal 18 Maret 2015. Saya sudah berhenti berharap kalau resensi itu bakal dimuat. Karena masa tunggunya yang lumayan panjang. Sebelumnya resensi saya masa tunggunya ada yang satu bulan dan ada juga yang dua bulan. Yup, ini resensi ketiga saya di Kompas Anak.

                Setelah resensi ini pun saya juga sudah mengirim resensi-resensi lainnya ke Kompas Anak. Dalam dua bulan ini saya memang banyak membaca buku anak. Terkait dengan keikutsertaan saya di kelas Permen, kelas menulis yang di bawah asuhan Uni Dian. Alhamdulillah akhirnya bisa dimuat juga. Senang sekali rasanya, setelah satu tahun lebih resensi saya belum nembus Kompas Anak lagi. Sebelum ini, resensi terakhir saya dimuat di Kompas Anak pada awal Mei tahun kemarin.

                Berikut resensi yang saya kirim sebelum diedit pihak redaksi. Untuk tata cara pengiriman resensi ke Kompas Anak bisa dilihat di sini.

Misteri Mutiara yang Hilang

Resti berlibur ke Lombok. Ke rumah Tante Linda, adik mamanya. Di Lombok juga telah menunggu Amora, anak Tante Linda. Resti senang sekali bisa menikmati makanan khas Lombok dan objek wisata di sana.

            Liburan Resti ternyata bukan liburan biasa. Ada pencuri yang mengambil mutiara-mutiara Tante Linda. Resti curiga dengan salah satu karyawan Tante Linda. Sebelumnya Resti mendengar pembicaraan Mas Deni, sopir Tante Linda dengan seseorang di telpon. Di Bandara Soekarno Hatta, Resti juga mendengar tentang pencurian mutiara dari Tante Kipas.

            Tanpa sengaja, Resti juga mendengar tentang pencurian mutiara dari seseorang yang bersuara serak. Semua hal yang mencurigakan itu menarik perhatian Resti untuk menyelidikinya. Resti dan Amora terkurung di gudang dan ada suara menyeramkan yang terdengar. Pencuri juga muncul dan menyekap Resti, Amora, dan Tante Linda. Apa yang terjadi selanjutnya?

Selain bercerita tentang misteri pencuri mutiara yang menegangkan, buku ini juga memuat informasi tentang Lombok dan sekitarnya. Bikin kita ingin berlibur ke sana. Menikmati indahnya pantai-pantai di Lombok, juga mencicipi ayam taliwang yang super lezat.

Judul                          : Misteri Pantai Mutiara

Penulis                        : Erlita Pratiwi

Penerbit                      : Kiddo

Tahun Terbit             : Cetakan Pertama, Januari 2015

Tebal Buku                : vi + 185 Halaman

image

11 thoughts on “Resensi Buku Misteri Pantai Mutiara di Kompas Anak

  1. Gara says:

    Wah, selamat ya Mbak atas pemuatan resensinya. Keren sekali, sudah beberapa kali resensinya dimuat :hehe. Bukunya juga kayaknya bagus, saya suka tema-tema detektif!

Leave a Reply

