Rumah Tempoe Doeloe

Kemarin saya membaca status seseorang tentang rumah kuno yang banyak dihancurkan atau direnovasi sehingga kesan kuno-nya jadi hilang. Membaca hal itu membuat saya teringat rumah nenek saya. Rumah nenek saya ini saya kategorikan aja rumah dengan arsitektur lama.

image

Rumah nenek

Banyak kenangan di rumah itu yang saya alami beserta keluarga. Saya masih ingat saat lebaran di mana seluruh keluarga berkumpul di rumah itu, kami sering duduk di teras, mengobrol banyak hal dan tentu saja bercanda ria.

Saya juga masih ingat saat kakek saya meninggal. Saat itu saya dan sepupu saya bermain dan kemudian tiba-tiba lampu padam. Tepat saat lampu padam itulah jenazah kakek saya datang ke rumah itu. Kakek saya meninggal di Rumah Sakit di Banjarmasin dan perlu waktu sekitar 5 jam saat itu untuk membawa jenazah ke rumah duka.

Rumah itu juga punya banyak kamar. Setiap lebaran tiba nenek saya selalu mempersiapkan kamar-kamar agar bisa ditempati anak-anak beliau beristirahat. Walaupun anak-anak dan cucu-cucu beliau jarang yang datang untuk menginap tapi kamar selalu tersedia. Kamar yang bersih dengan seprai yang baru diganti. Dulu ranjangnya juga masih pakai ranjang besi dengan tiang-tiang buat menggantung kelambu khas tempo dulu. Saya suka ketiduran di ranjang besar itu.

Kini bangunan rumah itu tinggal kenangan. Bangunan rumah itu sudah dihancurkan total kemudian di tanah yang sama dibangun bangunan baru. Paman saya dan keluarganya yang menempati bangunan itu. Sementara nenek saya menempati ruangan di belakang rumah yang masih tersambung dengan rumah paman saya.

Ada banyak pertimbangan kenapa rumah itu dirombak total. Salah satunya karena bangunan tua yang membuat banyak ketidaknyamanan buat yang tinggal di sana.

Dinding kayu yang sudah lapuk, plafon rumah yang jadi sarang kelalawar, dan berbagai hal lain yang akhirnya membuat rumah itu disepakati untuk dirombak total. Berganti dengan rumah baru dari beton dengan desain rumah seperti rumah masa kini. Sayangnya saya belum punya foto rumah yang baru😀
Karena itulah ketika sebagian orang menyayangkan kalau rumah-rumah tempoe doeloe tidak dipertahankan lagi, saya sedikit banyak tahu alasan kenapa rumah seperti itu sulit dipertahankan. Perawatannya membutuhkan kesabaran ekstra buat para penghuni di dalamnya.

Terkadang memang ada hal tertentu yang tidak bisa kita pertahankan dan hanya mewujud menjadi kenangan yang abadi dalam hati kita.

21 thoughts on “Rumah Tempoe Doeloe

  1. kalau memang direnov agar lebih memberikan banyak manfaat, sepertinya nggak apa-apa mbak. yang masalah ya kalau renovasinya nggak memberikan manfaat lebih dan bahkan merugikan

    • Iya, Mbak Noni. Kami berat padahal menerima keputusan dirombak. Tapi yg tinggal di sana dan merasakan kan paman saya dan keluarganya. Mereka yg merasakan apa yg di sana. Jadi setuju aja deh🙂

  2. Gara says:

    Masalah konservasi itu memang susah kalau menyangkut bangunan di sini :hehe
    Mudah-mudahan bangun-bangunan kolonial tidak bernasib sama (kendati saya bicara ini agak telat gara-gara sebenarnya banyak bangunan kolonial yang sudah dirobohkan :hihi)

  3. Lihat foto rumah dan baca ceritanya jadi inget masa kecil waktu diajak ke rumah nenek di desa Mba. Hiks. Langsung kangen ortu. Maap ya oot komennya..

  4. yg penting msh bs diabadikan dalam foto yaa
    btw rmh tmn mamaku ada tuh yg bangunannya tempo dulu. gede banget deh kamar jg banyak malah tiap kamar ada kamar mandinya sampe skr sih blom d rombak total
    rmhnya ada di cirebon hehehe

    • Bagus kalau bisa dikelola dan dirawat dengan baik mbak rumahnya. Iya.. Menjelang dibongkar dulu, difoto2 dulu. Tapi ini foto lama sekali… Karena pas dibongkar di depan rumahnya ada toko😀

Leave a Reply

