Perkedel Kentang Yang Gagal

Seperti yang saya ceritakan di sini bahwa syarat ideal soto banjar itu adalah perkedel kentang dan soto banjar favorit saya teteup soto banjar bikinan mama saya. Dan seringnya kalau mama saya bikin soto banjar, saya kebagian jatah membikin perkedel kentang. Walaupun teteup mama saya campur tangan juga terutama soal ngetes rasa yang saya nggak bisa banget😀

Jadi tahapan bikin perkedel kentang itu seperti ini.

Pertama, kupas kentang dan cuci sampai bersih. Kemudian dipotong-potong. Tapi nggak sampai kecil banget juga motongnya.

wpid-dsc_0117.jpgKedua, goreng kentang sampai empuk banget.

wpid-dsc_0118.jpg

Kentang yang sudah digoreng

Ketiga, haluskan kentang yang sudah digoreng tadi.

wpid-dsc_0119.jpg

Kentang yang sudah dihaluskan

Keempat, campurkan dengan bumbu halus yang berupa bawang merah dan bawang putih yang sudah digoreng. Mama saya sih nggak pakai ukuran khusus, tapi bumbu halus yang dipakai lumayan banyak dengan aturan bawang putihnya lebih banyak dari bawang merah. Perbandingannya 3:2 gitu. Tambahkan garam dan merica juga di bumbu halus.

wpid-dsc_0120.jpg

Dicampur dengan bumbu halus

Kelima, baru deh dibentuk perkedelnya buat digoreng lagi setelah dicelup ke dalam telur yang telah dikocok lepas. Ukuran perkedelnya juga kecil-kecil aja. Jadi bisa satu piring soto sekitar 1 atau 2 perkedel aja.

wpid-dsc_0121.jpg

Siap digoreng

Saya beberapa kali bikin perkedel sendiri dan ya lumayan sih mirip dengan perkedel buatan mama😀

Jadi, sekitar seminggu atau dua minggu yang lalu saya mau bikin perkedel kentang lagi. Dan saya mau mengubah resepnya, bereksperimen gitu. Kentang yang biasa saya goreng, saya coba dikukus. Beberapa waktu yang lalu saya melihat pembahasan di salah satu grup masak, katanya bisa kok buat bikin perkedel kentang itu kentangnya dikukus. Walaupun ada yang bilang bagusnya digoreng aja karena dengan menggoreng itu mengurangi kadar airnya jadi perkedel kentangnya terbentuk bagus.

Karena saya sok pengin ngurangin makan gorengan jadi deh ya saya nyoba perkedelnya dikukus. Hasilnya? Hancuuur. Hahaha…. Perkedel kentangnya lembeeek banget walau masih bisa dibentuk. Tadinya saya pikir dengan digoreng mungkin bisa bagus, tapi ternyata hasilnya nyerap minyak banget karena teksturnya yang lembek itu.

Saya pun bingung mau diapakan tuh perkedel kentang yang hancur. Trus lihat di grup masak lagi ada yang bikin potato apa gitu, cemilan dari kentang yang kentangnya dikukus dan dicampur keju kemudian dicelup ke telur dan dicelup juga ke tepung panir gitu. Berhubung tidak punya stok keju jadi perkedel yang ada aja saya celup ke tepung panir dan hasilnya tetap ga bagus. Tambahin tepung tetap juga lembek gitu dan hasilnya nggak bagus.

Kemudian teringat sama bitterballen, dan cling *ada lampu menyala di kepala*, kenapa nggak dibikin bitterballen aja? Jadi deh adonan perkedel kentang itu saya campur dengan kornet dan ditumis. Resep bitterballen biasanya pakai susu, berhubung sudah lembek banget jadi saya nggak tambahkan susu lagi. Dan Alhamdulillah… Enak juga hasilnya dan perkedel kentang yang berubah wujud jadi bitterballen jadi-jadian itu habis juga😀

image

Penampakan bitterballen tapi ini yang difoto bukan bikinin saya. Berhubung kemarin nggak sempat difoto jadi foto bitterballen yang saya beli aja ditaruh di sini

 

One thought on “Perkedel Kentang Yang Gagal

Leave a Reply

