[Gagasan ‘Gagal’] Waspada Sebelum Transfer

Ini juga salah satu tulisan yang saya kirimkan ke Gagasan Jawa Pos dan tidak dimuat😀

Waspada Sebelum Transfer

Oleh : Hairi Yanti

 

Beragam modus penipuan lewat sms sudah banyak kita ketahui, dari modus mama minta pulsa sampai sms pemberitahuan menang undian. Yang sekarang marak beredar adalah sms minta dikirimkan uang ke rekening tertentu. Sms biasanya berupa kalimat “Uangnya kirimkan ke nomor rekening ini saja …” dengan menyebut nomor rekening dan nama pemilik rekening.

Kita yang tidak punya kepentingan apa-apa, mendapati sms seperti itu hanya sebagai penipuan bodoh dan tidak akan terjerumus ke dalamnya. Buat apa mengirimkan uang ke nomor rekening yang tidak dikenal?

Modus penipuan seperti itu mengincar orang-orang yang sedang menunggu nomor rekening dari pihak tertentu. Ada banyak transaksi jual beli yang pembayarannya dilakukan lewat transfer antar bank. Pihak pembeli biasanya meminta nomor rekening dari pihak penjual. Nomor rekening dan nama pemilik rekening tentu lebih mudah dikirimkan lewat sms, karena bisa dilihat lagi saat proses pengiriman.

Peluang inilah yang dilihat para penipu untuk melakukan modus penipuan seperti ini. Dalam banyak sms yang mereka kirimkan, bisa jadi ada yang sedang menunggu nomor rekening buat mentransfer sejumlah uang.

Karena itulah diperlukan kewaspadaan ketika melakukan transfer dalam hal jual beli. Pastikan nomor rekening yang dituju adalah nomor rekening yang benar. Kita bisa melakukan pengecekan ulang untuk memastikan tidak salah transfer. Jangan mudah percaya jika ada sms dari nomor yang tidak dikenal masuk dan menyebut nomor rekening saat kita menunggu pemberitahuan nomor rekening dari pihak lain.

***

10 thoughts on “[Gagasan ‘Gagal’] Waspada Sebelum Transfer

    • Kalau belanja di toko online kadang kita baru tau nama pengirim setelah dikasih, Mas. Dan sering itu yang dimanfaatkan para penipu. Saat kita menunggu konfirmasi nomor rekening dan nama pengirim. Memastikannya sih dari nomor hapenya aja. Jadi, waspadalah😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s