Tentang Film Haji Backpacker

Beberapa bulan yang lalu saya sudah mendengar kabar kalau film dengan judul Haji Backpacker akan tayang menjelang Idul Adha. Mendengar Haji Backpacker ingatan saya melayang pada sebuah buku yang saya baca dulu. Sebuah memoar tentang perjalanan haji seorang WNI dengan cara backpacker. Bagian kedua buku tersebut yang berjudul Haji Backpacker 2 (Rp. 12 Juta Naik Haji) pernah saya tuliskan reviewnya di sini.

Namun, ketika saya melihat trailer film tersebut saya meyakini kalau film dan buku yang saya baca tersebut adalah dua hal yang berbeda. Mungkin hanya judulnya yang sama. Apa nggak marah ya penulis bukunya kalau judul bukunya malah dijadikan judul film, pikir saya saat itu.

Saya semakin dibuat penasaran saat tak sengaja menemukan status penulis buku Haji Backpacker yaitu Aguk Irawan MN yang menyebutkan lewat foto kalau beliau akan hadir di acara premier film Haji Backpacker. Berarti ada hubungan dunk penulis buku tersebut dengan film tersebut. Saya pun akhirnya kepo dan beberapa kali menyambangi status penulisnya di FB.

Dan keheranan saya pun terjawab ketika beliau memasang status berikut di akun FB beliau :

Akhir-akhir ini banyak pertanyaan yang masuk inbox, apakah film haji backpacker ini sama dengan buku memoar haji backpacker saya? Perlu saya jelaskan sedikit, buku memoar haji backpacker menjadi proyek film haji backpacker 2, insyaallah syuting di Indonesia, Malaysia, Mesir dan Saudi, yang scripnya sudah selesai, dengan PH yang sama; Falcon Picture. Adapun yang tayang mulai 2 Oktober ini alurnya fresh dari sutradara Danial Rifki, kemudian saya menulis versi novelnya. Terbit sejak bulan Juni 2014. Jadi alur novel dan film ini sama…

Terjawab sudah pertanyaan-pertanyaan dalam benak saya. Ternyata memang ada hubungan antara buku tersebut dengan film tersebut. Saya kemudian nyengir sendiri menyadari kalau waktu memegang novel Haji Backpacker di toko buku besar tidak memperhatikan siapa penulisnya. Ternyata penulis novel adaptasi film tersebut sama dengan penulis memoar Haji Backpacker.

Film Haji Backpacker akan tayang 2 Oktober ini. Saya belum tau apa bisa menontonnya atau tidak. Walaupun memang pengin banget nonton filmnya. Terlebih karena pemerannya adalah Abimana. Ahahaha…

Sebagai penutup saya sertakan satu kutipan dari buku memoar Haji Backpacker 2 yang sangat saya suka dan sering saya kutip dan ditaruh di status😀 Dan itu… Soundtracknya juga saya suka. Bikin merinduuuu… Melantunkan Labbaikallahumma Labbaik di tanah suci. Ihiks… Undang hamba menjadi tamuMu, Ya Allah…

Tempat merenung mana yg lebih indah dari suasana ba’da ashar di Arafah dengan awan yang bergerak perlahan sangat rendah? Bagaimana pula orang tak rindu untuk kembali pergi Haji?

 

21 thoughts on “Tentang Film Haji Backpacker

    • Beberapa tahun yg lalu bukunya saya beli diskon, Mas. 15 atau 20 ribu gitu. Kalau film Haji Backpacker 2 mau keluar kayakna bakalan ada versi cover film dari memoarnya🙂

  1. Filmnya insyaAllah bagus ya….sama bagusnya dengan versi buku… Mudah2an aku bisa deh nonton filmnya… Aku sangat menyukjaik semua hal yang berhubungan dengan haji, umrah, mekkah, madinah… Entahlah…mungkin itu menunjukkan kecintaan kepada Yang Mahakuasa…

    • Versi buku yg saya baca akan jadi film sekuelnya, Mak. Kalau yg difilmkan pertama ini saya belum baca bukunya. Sanaaaa, Mbak. Saya juga suka yang berhubungan dgn tanah suci. Bikin rinduuu ke sana.

    • Saya juga pengin banget nonton, Mbak. Tapi belum yakin bisa atau nggak. Soalna tinggal di kampung yg ga ada bioskop. Kalau mau ke bioskop harus ke kota dulu😀

Leave a Reply

