Di mana Saya Membeli Buku Secara Online?

Beberapa teman pernah bertanya pada saya, di mana biasa saya membeli buku secara online atau dalam bentuk pertanyaan apa toko buku online yang bisa saya rekomendasikan? Jika pertanyaan itu muncul maka jawaban saya yang pertama adalah bukukita.com. Ini murni postingan ingin berbagi, saya nggak dibayar kok oleh pihak bukukita :p

Kenapa bukukita? Karena bukukita merupakan toko buku online pertama di mana saya membeli buku online. Sekitar tahun 2009 kalau tidak salah pertama kali saya bertransaksi di Bukukita. Awalnya saya juga bingung menentukan di mana saya bisa membeli buku online. Saya masih ingat saat itu saya bertanya di Multiply. Ada beberapa jawaban yang diberikan teman-teman dan saya memilih bukukita. Alhamdulillah saya puas akan pelayanan bukukita.

Bagi saya saat itu bukukita lumayan lengkap, cara pembelian yang lumayan mudah dengan memasukkan buku ke keranjang belanja, pilihan buku yang lumayan lengkap, ongkir yang lumayan murah (kalau tidak salah menggunakan layanan TIKI Reg), dan tentu saja tidak ada penipuan atau barang tidak datang. Oh ya, satu lagi, diskonnya lumayan bisa menutupi ongkir kalau kita beli banyak sih.

Ongkir adalah momok buat pecinta buku atau pecinta belanja online yang ada di pelosok Indonesia seperti saya. Karena itulah untuk mensiasati mahalnya ongkir ini saya biasanya nggak pernah membeli satu buku saja di Bukukita. Selalu saya optimalkan sampai batas akhir 1 kg. Kalau bisa 4 buku ya beli 4 buku. Tapi seringnya 1 kg itu hanya bisa 3 buku atau malahan Cuma 2 buku saja kalau bukunya tebel.

Sampai 5 tahun perjalanan saya membeli buku di bukukita, paling keluhan saya hanya lah saat saya sudah memasukkan buku ke keranjang belanja dan membayarnya ternyata bukunya stoknya kosong. Tapi belakangan saya maklum karena tidak semua buku ada di gudang bukukita, terkadang juga ada di gudang penerbit, di mana mereka harus mengambilnya dulu dan kalau stok kosong di gudang penerbit, apa mau dikata?

Selain di Bukukita, saya memang pernah satu atau dua kali berbelanja di toko buku lain. Atau terkadang lewat penulis atau penerbitnya langsung yang berjualan di FB atau teman-teman yang berjualan buku online di FB. Oya, saya juga beberapa kali belanja di Toko Buku Afra untuk buku-buku terbitan Indiva. Toko Buku Afra ini biasanya kasih diskon yang bikin saya sorak-sorak kesenangan. Diskonnya gede dan beberapa kali juga ada diskon di ongkir. Sampai saat ini sih saya belum pernah ditipu untuk masalah belanja perbukuan online ini. Semoga nggak pernah kejadian ya. Aamiin…

image

Satu hal yang terkadang memberatkan buat saya untuk beli buku di penulis atau penerbitnya langsung itu adalah ongkirnya itu loh, Kaka. Karena biasanya mereka menjual buku baru dan Cuma satu buku yang dijual tentu dunk berat di ongkir buat saya yang di Kalimantan. Jadi seringnya promo pesan langsung lewat penulisnya ini saya lewatkan kecuali ada promo free ongkir atau saya membeli beberapa buku penulis itu sekaligus. Saya pernah membeli beberapa buku Tere Liye di toko buku online yang dikelola istri beliau : tbodelisa.blogspot.com atau membeli buku-buku Orizuka di toko buku online miliknya : http://owlbookstore.co.id/

Saya juga bukan tipikal orang yang menolak membeli buku bekas. Kalau ada teman atau penulis di FB yang buka lapak di mana mereka menjual buku second, saya langsung menegakkan tubuh. Melirik lapak mereka dan langsung pesan kalau ada yang pas buat saya. Makanya saya senang banget kalau ada yang buka lapak buku bekas di FB. Sering saya bisa mendapatkan buku yang saya inginkan dengan harga yang miring. Walaupun itu buku terbitan lama dan bekas. Ada banyak buku soalna yang masuk daftar keinginan saya dan terkadang saya mendapatkannya setelah bertahun-tahun terbit. Nggak masalah kok, yang penting punya. Hehehe….

 

 

15 thoughts on “Di mana Saya Membeli Buku Secara Online?

    • Kalau saya belanjanya kalau ada teman yang jualan buku bekas, Mbak. Nggak tiap hari sih mereka jualan. Kadang2 banget. Kayak kemarin saya belanja di lapaknya Mbak Haya Aliya Zaki. Tapi cuma sekali itu doang lapaknya ada.

    • Iya, Mbak Myra. Manajemen bukukita itu udah rapi banget ya. Jadi tertib gitu. Toko buku online yang besar sih. Pernah dengar omzetnya sebulan 100 juta. Wow banget deh…

Leave a Reply

