Episode Kopdar di Jakarta

Kopdar adalah salah satu agenda jika saya mengunjungi satu daerah baru. Begitu pun ketika saya ke Jakarta kemarin. Begitu fix rencana untuk ikut suami ke Jakarta, saya memberitahu Mbak Irma dan teman-teman di komunitas Be A Writer (BaW). Di grup tertutup BaW, Mbak Dhani yang merespon, Mbak Dhani bilang hotel tempat saya menginap dekat dengan tempat kerja beliau. Dan beliau bilang, ada baiknya kami janjian ketemu di Mall Taman Anggrek karena di sana ada halte Trans Jakarta. Saya setuju dengan usulan itu walau saat itu masih buta dengan suasana yang akan saya hadapi. Wawat juga belakangan ingin ikut bergabung kopdar dengan saya dan Mbak Dhani.

Sementara dengan Mbak Irma, kami belum merencanakan mau kopdar di mana. Tapi diusahakan bisa ketemuan. Sewaktu saya sudah sampai Jakarta, Mbak Irma mengajak saya ke Thamrin City. Sebuah ajakan yang saya terima dengan riang gembira. Sekalian beli oleh-oleh juga😀

Akhirnya selasa tanggal 15 Juli saya bertemu dengan Mbak Irma. Persahabatan saya dengan Mbak Irma di dunia maya sudah terjalin selama 5 tahun. Dari sebuah kelas menulis IWS (Ifa Avianty Writing School). Saat itu Mbak Irma bersama puteri bungsu beliau, Moy-moy. Moy moy yang cantik dan lucu.

Bertemu pertama kali dengan Mbak Irma sudah langsung akrab, nggak merasa canggung. Kami ngobrol seperti ngobrol di FB, WA atau lewat telepon juga langsung blusukan di Thamrin City.

Sorenya setelah bertemu Mbak Irma, saya ada janjian ketemu sama Mbak Dhani dan Wawat. Saya menunggu suami pulang kerja dulu baru ke Mall Taman Anggrek. Eaaa, sore itu ternyata suami pulang lebih lambat dari hari kemarin. Jadi, saat Mbak Dhani ngasih tau kalau  sudah di Gramedia Mall Taman Anggrek saya masih di hotel. Untunglah tak lama kemudian suami datang dan kami langsung meluncur ke Mall Taman Anggrek.

Gramedia adalah tempat janjian kami bertemu. Di Gramedia Taman Anggrek buku-buku fiksi terletak di satu ruangan khusus. Begitu masuk, saya langsung menuju ke ruangan khusus fiksi tersebut. Saya sudah mengenali letaknya karena sehari sebelumnya sudah ke sana. Dan benar saja dugaan saya, mbak Dhani ada di ruangan tersebut. Karena saya tahu Mbak Dhani adalah penyuka fiksi. Berada di ruangan itu seperti berada di surga saja buat pecinta fiksi. Suka banget.

Saya dan mbak Dhani masih menunggu Wawat. Sementara mbak Dhani memilih buku, saya memutuskan menunggu Wawat di depan Gramedia. Dan tak lama Wawat datang. Horeee… Akhirnya bisa kopdar dengan member BaW walau cuma dua orang. Kami pun kemudian menuju satu tempat makan, makan-makan di sana, shalat maghrib, ngobrol-ngobrol kemudian berpisah. Tentu setelah foto-foto dulu.

Obrolan kami tak jauh dari dunia buku dan menulis. Sama seperti obrolan yang sering terjadi di FB ya itulah yang kami obrolkan juga ketika bertemu😀

Mbak Dhani dan Wawat kemudian izin pulang lebih dulu karena kata mereka perjalanan mereka masih panjang. Saya aja kaget waktu tau Wawat baru sampai rumah jam setengah 10, sementara Mbak Dhani jam 10 malam. Jakarta oh Jakarta ya. Itu yang bikin enggan tinggal di sana. Nggak mau tua di jalan.

Kopdar saya yang ketiga adalah dengan Mbak Nining. Mbak Nining juga member BaW. Mbak Nining ini termasuk mentor saya dalam bidang menulis resensi. Saya banyak dikasih masukan sama Mbak Nining. Pertemuan dengan mbak Nining direncanakan di hotel tempat saya menginap. Hotel Mega Anggrek. Mbak Nining ada acara di hotel tersebut.

Hari H acara mbak Nining di hotel tersebut, mbak Nining sms saya sekitar jam 10 atau 11 gitu kalau sudah berada di hotel. Lah, saya nggak dengar bunyi smsnya jadi baru baca jam 12 lewat. Karena hape mbak Nining sms itu memang jarang saya tengok karena Cuma berfungsi buat sms dan telpon. Nggak kayak BB atau android yang sering dipelototin.

Untunglah akhirnya bisa ketemu dengan mbak Nining walau Cuma sebentar. Mbak Nining menolak di foto jadi deh kemarin saya Cuma foto name tag mbak Nining, sebegai bukti kalau udah pernah ketemu beliau. Hehehe….