Bumbu Inti, Bumbu Tumis

Sebenarnya sudah lama kepikiran pengin bikin bumbu inti gitu. Ketika mau masak, tinggal ambil di kulkas bumbunya. Tidak perlu ngupas bawang putih merah, nyiapin ulekan, dll. Namun, saya masih ragu, apa bisa bikin bumbu inti yang cuma terdiri dari bawang merah dan putih. Maklum dalam soal masak memasak masih amatiran.

Mama saya belum pernah bikin bumbu inti itu, eh, ada deng, beliau bikin bumbu masak habang yang banyak. Tapi, itu kan masak habang. Bukan seperti bumbu yang saya inginkan. Karena saya belum canggih dalam soal masak memasak, jadi ya masak memasak saya nggak jauh-jauh dari yang tumis-tumisan doang. Yang bumbunya cuman bawang merah bawang putih yang jadi andalan. Paling tambahan lain sedikit-sedikit aja. Jadinya waktu saya googling bumbu inti dan disuguhkan dengan resep bumbu kuning, merah, dll yang bahannya seabrek-abrek pakai kencur, lengkuas, kunyit, dll. Hadeeeh… Bukan bumbu ini yang saya inginkan, pekik saya dalam hati.

Menjelang ramadan kemarin ada beberapa teman yang share satu postingan di blog yang isinya tentang bikin bumbu inti dan menyiapkan stok makanan gitu. Aha! Saya bersorak senang karena di sana menemukan bumbu inti buat tumisan yang bahannya cuma terdiri dari bawang merah dan bawang putih. Nah, itu yang saya inginkan. Ternyata bisa aja ya bikin bumbu inti dari 2 bawang itu *ngikik*

Jadi deh hari pertama ramadan kemarin saya eksekusi bumbu tumis tersebut. Tadinya mau bikin bumbu merah juga. Tapi waktu ngerjain dan blender saya kurang sempurna menghaluskan bawang2an itu, saya urung bikin bumbu merah. Semua bawang yang saya siapkan dibikin bumbu tumis aja😀

Ini resep bumbu tumisnya dari link blog di sini.

 
1. 20 siung bawang putih.
2. 10 siung bawang merah.
3. 4 sdm minyak goreng.
 

Blender bahan jadi satu tanpa air, tumis sebentar, dinginkan, simpan di dalam wadah bertutup rapat, simpan di dalam lemari es. Saya menggunakan wadah plastik yang berukuran kira-kira 250 ml. Untuk wadah seukuran ini idealnya dibuat dua resep bumbu tumis. Sesuai namanya bumbu ini sesuai untuk yang tumis-tumisan.

Saya taruh bumbunya dalam tuppy dan disimpan di kulkas. Sampai hari ini saya merasakan kepraktisan menggunakan bumbu tumis itu. Tadi mau bikin isian tahu isi, tinggal ambil bumbunya. Mau bikin keripik jamur, bumbunya sudah ada. Trus kemarin juga bikin mie goreng, udang telur asin, bumbunya sudah siap. Lumayan menghemat waktu dan tenaga😀

 

6 thoughts on “Bumbu Inti, Bumbu Tumis

  1. sejauh ini cuma bumbu ikan aja yang sering dibikin stok-nya sama ibu. karena kering. kalo yang basah belum pernah bikin mba, tp selama sering dipake si nggak khawatir basi atau jamuran yaa

  2. riantie says:

    Barusan sy buat mba..bw putih sm bw merah aja..tp kok pas sy tumis baunya gak sedap gituuu ya…*hampir nangis sy..mana bw merah habis semua tak blender..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s