Oleh-oleh Balikpapan? Amplang aja :D

Kalau ditanya apa sih oleh-oleh khas Balikpapan? Saya jawabnya pasti amplang. Ahahaha… Peduli amat kalau amplang yang saya bawa itu ternyata produksi Samarinda :p Yang penting kan belinya di Balikpapan.

Sebenarnya masih banyak sih ya oleh-oleh dari Balikpapan. Ada aksesoris khas dayak kaltim yang bisa dibeli di daerah kebun sayur itu. Banyak yang jual di sana. Bagus-bagus. Pernah saya tanya tas harganya 200 rebong. Tapi bagus sih, etnik gitu, rapi juga barangnya.

Atau mau dalam bentuk makanan selain amplang ada beberapa item lagi. Ada bonting alias abon kepiting. Saya nggak pernah nyoba, suami saya nggak doyan sih. Kalau nggak mau dalam bentuk abon, bisa beli kepiting saos yang udah dimasak gitu. Beberapa tempat makan menyediakan kepiting itu buat dibawa terbang dengan pesawat. Maksudnya mereka bungkus rapi sehingga aman dibawa terbang gitu. Saya juga belum pernah nyoba bawa oleh-oleh kepiting itu. Mahal soalna :p :p :p

Atau selain dari bahan dasar kepiting ada beberapa hal lain yang bisa dibikin oleh-oleh. Tapi, ya itulah, sejak pertama kali mudik dari Balikpapan yang dibawa ya amplang lagi, amplang lagi. Mungkin karena keluarga saya doyan bener makan amplang ini. Enak gurih renyah jadi teman makan nasi atau cuma dicemil-cemil gitu.

Penampakan Amplang

Penampakan Amplang

Kalau ke Balikpapan, ada banyak toko oleh-oleh yang menjual amplang ini. Di sekitar Gunung Sari banyak. Di beberapa titik di wilayah Klandasan juga ada. Di sekitar bandara Sepinggan juga tak kalah banyaknya. Tersebar deh seantero kota Balikpapan.

Yang jadi langganan saya di sekitar wilayah Gunung Sari. Apa ya nama tokonya. Mawaddah kalau nggak salah. Biasanya beli 10 bungkus yang harga 20 ribu. Beli 10 bonus 1. Udah dari awal waktu saya diantar ke Balikpapan beli di sana mulu. Pernah saya coba beli di lain yang menurut saya amplangnya lebih berasa ikannya, eh ujung-ujungnya ya tetap mama minta saya belinya di sana.

Tampak Depan Amplang yang biasa saya beli

Tampak Depan Amplang yang biasa saya beli

Kalau beli amplang dengan jumlah yang banyak itu, biasanya saya minta dikotakin dan dibungkus rapi. Supaya bisa masuk bagasi pesawat. Dan emang dibungkusnya rapi banget. Amplang dia masukin kotak, trus dibungkus lagi dengan kertas coklat gitu, kemudian kotak yang sudah dibungkus rapi itu diikat lagi pakai tali. Jadi, bawanya gampang gitu. Tinggal masukin bagasi pesawat deh.

Amplang itu apaan? Dari tadi cerita amplang tapi nggak ngejelasin apa itu amplang. Amplang itu ya penganan gitu. Seperti kerupuk krenyes krenyes. Tapi, bukan kerupuk. Ada campuran ikan gitu di dalamnya (kerupuk juga ada ikannya juga kalee). Bentuknya ada yang panjang-panjang, kuku macan, dan ada kuku macan kecil atau ada juga yang panjang kurus.

Kuku Macan Besar

Kuku Macan Besar

Di tempat saya beli itu ada namanya amplang yang rasa merica gitu kata yang jual. Kadar mericanya emang lebih banyak. Saya suka deh sama amplang jenis itu *no foto. Udah abis amplangnya*

Ada juga yang varian rasa bawang. Bawang putihnya emang lebih royal dibanding amplang jenis lain. Amplang ini lumayan ringan buat dibawa sebagai oleh-oleh, tapi ruha jar urang banjar. Ruha maksudnya makan tempat banget. 11 bungkus amplang aja udah satu kotak lumayan gede. Apalagi kalau 50 bungkus? Hehehehe….

Amplang juga

Amplang juga

Waktu kemarin saya mudik dan lagi-lagi bawa amplang sebagai oleh-oleh, kakak ipar saya nyelutuk, kenapa juga belum move on dari amplang buat oleh-oleh. Emang selain amplang apalagi yang enak buat oleh-oleh dari Balikapapan? Kepiting, Yan. Kepiting. Itu mahal, bo :p

8 thoughts on “Oleh-oleh Balikpapan? Amplang aja :D

    • Itu ampar… Bukan amplang. Ampar ampar pisang… Ampar itu dalam bahasa Banjar artinya gelar. Menggelar pisang… Seperti menggelar dagangan. Bukan gelar sarjana. Ih ribet ya. Ehehehe…
      Bukan kerupuk kulit. Beda lagi😀

Leave a Reply

