Menikmati Kuliner Balikpapan di Rumah Makan Torani

Kalau ada kerabat yang bertanya tempat yang asyik buat menikmati kuliner Balikpapan maka saya akan menjawab lantang : Rumah Makan Torani. Jawaban yang berdasarkan pengalaman saya berwisata kuliner di salah satu tempat makan di Balikpapan itu.

Rumah Makan Torani terletak di Jl. Jendral Sudirman, kompleks Rumah Tahanan Stal Kuda, pas di seberangnya Pengadilan Negeri Balikpapan. Tempatnya mudah dicari, kalau menuju atau dari bandara Sepinggan Sultan Aji Muhammad Sulaiman ke arah kota atau sebaliknya, kita bakal melewati rumah makan Torani ini.

Tempat rumah makan Torani ini luas. Cucok lah buat kumpul-kumpul keluarga atau sama teman-teman. Buat kopdar juga oke (hayo, siapa yang mau kopdar sama saya di sana?) dan harga-harga di sana juga bersahabat dengan kantong dalam kata lain murah, bo. Namun, apalah artinya kan kalau tempat yang nyaman, mudah dicari kalau apa yang disuguhkan tidak menyenangkan di lidah dan rumah makan Torani ini tidak seperti itu. Saya aja ketagihan buat datang ke sana lagi dan lagi untuk menikmati kuliner Balikpapan.

es dan sirup gula buat kelapa muda utuh

Kuliner Balikpapan : es dan sirup gula buat kelapa muda utuh

Pertama kali ke sana saya memesan kelapa muda utuh buat minumannya. Dan enggak pakai lama kelapa muda utuh tersaji di depan saya. Kelapa muda itu cuma dilobangin di atasnya. Dan disajikan bersama es dan sirup gula. Jadi, kita yang ngatur mau seberapa dingin atau seberapa manis.

Kelapa Muda segeeer

Kuliner Balikpapan : Kelapa muda utuh : IDR 12.5 K

Nah, itu baru minumannya, kalau untuk makanannya nggak afdol dong kalau kita enggak menikmati seafood. Dan pilihan saya adalah kepiting soka dengan saos Torani. Maknyus banget deh saat lembutnya daging kepiting soka berpadu dengan krispi tepung gorengnya plus saos torani sampai di lidah kita. Selain saos Torani kita juga bisa memilih saos yang lain. Ada asam manis, lada hitam, dan yang lainnya.

Kepiting Soka Saos Torani

Kuliner Balikpapan : Kepiting Soka Saos Torani

Selain kepiting soka, saya juga memesan bandeng goring krispy. Bandeng goreng krispy ini tanpa duri loh, jadi jangan takut bakalan ada duri yang nyangkut pas makannya. Lembutnya daging ikan bandeng dipadu dengan kriuknya balutan tepung yang digoreng itu nikmat banget. Bandeng tanpa duri ini menjadi salah satu menu andalan di rumah makan ini.

Bandeng Goreng Krispi

Kuliner Balikpapan : Bandeng Goreng Krispi

Sewaktu pertama kali datang ke rumah makan Torani ini saya dan suami terperangah dengan nikmatnya cah kangkung di sana. Jadi, cah kangkung itu seperti menu wajib deh kalau makan di sana. Cah kangkung polos ini hanya 10 ribu saja.

Cah Kangkung Polos

Kuliner Balikpapan : Cah Kangkung Polos

Banyak pilihan menu buat menikmati kuliner Balikpapan di Rumah Makan Torani. Saya pengin nyoba semuaaa. Selain yang saya sebutkan di atas saya juga pernah mencoba pepes kepiting, Selain itu juga ada menu steamboat dan kepiting saosnya. Yang terakhir saya sebut udah ngileeer banget pengin nyoba. #kodekesuami

Pepes Kepiting

Kuliner Balikpapan : Pepes Kepiting

Para karyawan di sana juga sabar menanti kita milih-milih menu. Menjelaskan apa yang kita belum tahu juga menemani buat milih menu seafood yang mau dibakar.

Untuk menu-menu tertentu, seperti ikan bakar kita memilih sendiri bahannya jadi bisa menentukan mau seberapa besar bahan yang kita pilih. Seperti saat kedatangan pertama saya memesan ikan kerapu bakar, mbak yang ada di sana memandu saya buat memilih ikan kerapu dan membantu memilihkan yang paling segar. Jadi rasa ikannya juga nikmat banget.

Ikan Kerapu Bakar

Kuliner Balikpapan : Ikan Kerapu Bakar

Satu lagi alasan yang bikin saya pengin datang berkali-kali ke RM torani juga karena nasinya bebas ambil. Dengan hanya membayar 6000 rupiah kita bisa mengambil lalapan, nasi, sambal sampai puas. Cucok deh buat yang suka nambah berkali-kali kayak saya dan emm… Misua. Wkwkwk….

Dan buat para pengguna twitter, bisa follow @RM_Torani. Karena bakalan dapat diskon 10% lho. Asyiiik kan. Waktu bayar kita tinggal bilang ama kasirnya dan tunjukin buktinya via hape kita bukti kalau kita jadi follower. Trus, ntar kasirnya minta ID twitter kita dicatat dan langsung dapat diskon. Horeee… Asyik banget kan. Sudah harganya lebih murah dikasih diskon pulak.

Karena itulah RM Torani ini emang pilihan yang pas buat menikmati Kuliner Balikpapan.

Duuu... Pengiiin... Sumber Gambar : http://toranifood.com

Kuliner Balikpapan : Kepiting Saos. Duuu… Pengiiin… Sumber Gambar : http://toranifood.com

34 thoughts on “Menikmati Kuliner Balikpapan di Rumah Makan Torani

  1. bsf says:

    Lucunya yg lagi minum es kelapa muda…hehe
    Harus diakui makanan di sana enak2…salah satu yg belum dicoba itu steam boat, tapi pastikan perut dalam keadaan super lapar dulu sebelum coba itu..wkwkwk

    • Naksir kah sama yang lagi minum es kelapa muda? Kalau naksir bilang :p
      Iya, belum pernah nyoba steamboat, laki kada mau pang :p Tapi ynt lebih pengin kepiting saosnya yang. Ntar qta coba itu yaaa…

Leave a Reply

