21 Januari

Apa makna 21 Januari bagi anda? 21 Januari terasa bedaa aja dari tanggal-tanggal yang lain. Bukan, bukan karena ada seseorang special yang berulang tahun hari ini. Bukan juga karena pas tanggal itu saya dilamar atau menang undian berhadiah Kijang.

Tapi, karena 21 Januari itu adalah nama jalan rumah mertua saya. Haghaghag… Aneh nggak sih dengar jalan namanya 21 Januari. Saya sih biasa aja. Tapi karena kemudian bertemu orang yang terheran-heran dengan nama 21 Januari itu sebagai jalan, barulah saya merasa jalan itu special.

Pernah saya membeli buku di salah satu penulis terkenal yang beberapa novelnya sudah difilmkan itu loh, Kakaaa. Saya kan pakai alamat rumah suami alias rumah mertua. Tertulislah Jl. 21 Januari. Tak berapa lama setelah menuliskan alamat lewat sms, saya mendapat sms balasan, “Benar itu jalannya 21 Januari?” Saya jawab benar dunk dan udah beberapa kali kirim paket dan sampai.

Rupanya nama jalan itu begitu terdengar special di penulis tersebut. Hingga kemudian si penulis menjadikannya status kalau menemui nama-nama jalan yg unik termasuk 21 Januari itu. Saya langsung lapor ke suami tentang status itu. Dan kata suami, nanti kita beli buku lagi pakai alamat 21 Januari. Hahahaha… Aseeeek….

Trus saya kan kepo tuh, kenapa juga pakai nama 21 Januari. Apa sejarahnya sama dengan 11 Januarinya bagi Arman Maulana. 11 Januari itu hari pernikahan Mas Arman sama Mb Gita kan ya? Eh, benar ga sih, nama istrinya Mas Arman itu Mbak Gita? Gita apa ya? Gita Gutawa bukan ya. Duuu… Tetiba lupa…

Rumor yang beredar 21 Januari itu adalah hari rapat tentang nama jalan yang dilakukan penduduk setempat. Sebelumnya namanya Strat II. CMIIW. Karena bingung namanya apa, jadi ya sudah, lihat tanggal hari itu, eh ternyata tanggal 21 Januari dan jadilah nama jalannya adalah 21 Januari.

Begitulah sejarah Jalan 21 Januari di Kelurahan Baru Tengah Balikpapan. Apa sejarah nama jalan tempat tinggal kamu?

25 thoughts on “21 Januari

  1. kalau di daerah saya nama jalan diambil dari nama tokoh masyarakat di masa dahulunya, mbak. ada juga nama yang diambil dari nama-nama Nabi. adn karena banyak jalan di kampung saya…. mungkin sulit untuk mencari nama yang OK akhirnya dipakailah pengulangan abjad misal Jl. AA, BB, EE
    😀

  2. Keren ih penentuan nama jalannya Mba. Hihihihi.. Baru tahu juga nama jalan bisa pake nama tanggal.
    Btw istrinya Arman itu Dewi Gita bukan sih? Saya tetiba lupa sama sekali namanya..

    • Hahaha.. Asyik ya mbak jadi penjual online. Ketemu nama jalan2 yang aneh. Eh, ada juga alamat teman : Purung Bingung. Waktu kirim paket, petugas JNEnya bingung bacanya. Hihihi…

  3. jalan rumah saya, jalan nelanpoli. jalannya pendek, hanya 8 rumah. anehnya jalan-jalan di sekitarnya adalah nama-nama nabi. menclok satu doang nama jalan nelanpoli, entahlah kenapa namanya aneh sendiri. maklum, saya pendatang jadi nggak tahu sejarahnya hehe

    • Hihihi… Iya mbak. Sy juga pendatang. Tapi berhubung suami dah lama tinggal di situ jadi tau sejarahnya. Di tempat sy juga ada jalan pendek yg isinya hanya beberapa rumah. Namanya jalan Mahala. Mahala dalam bahasa banjar artinya nanggung. Jalannya emang nanggung banget.

Leave a Reply

