Bermain di Goodreads.

Akun goodreads mencatat saya pertama kali bergabung di sana di bulan April tahun 2010. Wah, sudah lebih dari 3 tahun ternyata. Awalnya bikin akun di sana adalah karena saya suka baca dan suka buku. Sebagai seseorang yang menggemari buku dan bacaan, saya merasa punya kewajiban buat bikin akun di sana. Wkwkwk….

Dan saya tidak kecewa sedikit pun punya akun di Goodreads. Banyak hal yang bisa saya dapat. Dapat teman salah satunya. Hal lain, saya senang banget baca review-review di Goodreads. Satu buku yang sama, dibaca oleh orang yang berbeda akan menghasilkan ulasan yang beda-beda. Seru banget baca review-review di sana.

Saya biasa membaca review sebelum memutuskan membeli sebuah buku. Terkadang saya bisa tertarik dengan sebuah buku karena review dari Goodreads. Dan pernah juga saya membatalkan membeli sebuah buku karena membaca review di Goodreads.

Setelah selesai membaca buku, saya juga kerap membaca ulasan-ulasan yang ada di Goodreads. Ingin membandingkan apa yang saya dapatkan dari buku itu dengan apa yang orang lain dapatkan.

Kemarin ada pengumuman lomba resensi dari sebuah penerbit, yang mensyaratkan kalau resensi tersebut juga di posting di Goodreads. Ada beberapa teman yang bilang kalau masih belum bisa memainkan Goodreads. Saya coba menuliskan bagaimana biasanya saya bermain Goodreads.

Pertama, tentu saja harus mengunjungi http://www.goodreads.com

Halaman awal masuk goodreads

Halaman awal masuk goodreads

Kalau belum daftar, mesti daftar dulu dong. Caranya isi aja nama, email dan password (lihat tanda panah hijau yang mengarah ke bawah). Ntar ada beberapa lagi yang diisi. Sama lah dengan kita daftar akun media sosial yang lain.

Yang sudah daftar tinggal masukkan email dan password (lihat tanda panah hijau yang mengarah ke kanan). Belakangan saya menghubungkan akun Goodreads saya dengan facebook (lihat tanda panah biru). Jadinya saya tinggal klik sign in using facebook. Beberapa kali saya juga lupa password Goodreads saya. Dengan cara sign in using facebook itu, saya tinggal klik itu dan tradaaaa…. terbuka deh halaman Goodreads saya.

Kalau sudah berhasil masuk maka kita akan ketemu halaman seperti ini.

GR 2 newKeterangan Gambar :

Lingkaran Merah adalah kolom pencari. Masukkan nama penulis, judul buku atau ISBN di sana untuk mencari buku atau nama penulisnya.

Lingkaran Biru adalah notifikasi dari Goodreads. Seperti FB lah, jika ada pesan baru, yang mau berteman sama kita atau yang ngasih komentar atau like di review kita ada di bagian notifikasi.

Lingkaran Hijau adalah kolom ‘currently reading’, bagian yang menunjukkan apa yang kita baca sekarang.

Bagaimana memasukkan buku yang sedang kita baca supaya tampil di bagian Currently Reading itu?

Kita search dulu judul atau nama penulisnya di kolom search di bagian atas. Misal kita masukin nama penulis Afifah Afra. Maka akan muncul hasil seperti ini :

GR3

Arahkan kursor ke buku yang kita tuju.

Gr4Misalkan buku yang kita ambil adalah Bulan Mati di Javasche Oranje. Ketika kita arahkan kursor ke bagian Want to Read maka ada 3 pilihan yang muncul. Read kalau kita sudah membaca buku itu, Currently Reading jika kita sedang membaca buku itu, Want to Read jika kita akan membaca buku itu. Anggaplah kita sudah membaca buku itu maka kita klik read dan akan muncul … jeng… jeng… jeng…

GR5Akan muncul kolom buat kita ngerating tuh buku, dari bintang 1 sampai 5, dan kolom review buat masukin review kita di sana. Di bagian bawah ada kolom buat mencatat tanggal berapa kita selesaikan buku ini (Date I finished this book), jika sudah selesai ngasih bintang dan masukin review, serta nulis tanggal selesai, tinggal save aja. Tradaaa… Review kita akan muncul.

GR7Kalau mau update status tentang sejauh mana kita membaca sebuah buku yang sudah kita masukin ke kolom currently reading, maka tinggal klik di sana. Dan masukin sampai halaman berapa yang sudah kita baca bisa juga kita masukin sepatah dua patah kata di progress kita tentang bacaan itu.

Kalau ingin membaca review tentang buku tertentu, tinggal seacrh aja judul buku atau nama penulisnya. Untuk judul buku yang rada pasaran memang akan muncul beragam buku dari seluruh dunia. Dalam hal ini bisa kita siasati dengan search nama penulisnya. Nanti akan muncul buku-buku yang ditulis oleh penulis tersebut. Tinggal kita klik buku yang kita pilih dan akan muncul beragam review dari para goodreaders. Seru lho baca review-review di goodreads😀

Kalau bukunya ternyata nggak ada juga setelah di search gimana? Bisa jadi bukunya belum didaftarkan di sana. Pilihannya kita bisa mendaftarkan buku tersebut sendiri. Caranya? Saya nggak tahu. Hahahaha…. Karena saya menulis ini dari segi pembaca saja ya. Saya nggak ngerti kalau dari penulis yang ingin masukin bukunya ke deret goodreads😀

Untuk memberi komentar dan ngelike review di sana, prosedurnya sama kok dengan kita kasih jempol dan komentar di facebook. Udah pada jago kan kalau main di facebook? Hehehehe….

Sebenarnya banyak hal lagi yang bisa kita mainkan di Goodreads, apa yang saya ceritakan di atas adalah cara bermain saya yang hanya sebatas seperti itu saja ^_^

Sampai di sini dulu ya. Moga bisa dipahami. Gaptek kalau soal urusan nampilin foto jadi gambarnya pecah gitu. Hohoho… Moga ntar bisa rajin jadi bisa diperbaiki gambarnya dengan yang lebih tajam😀

Yang mau lihat akun saya di goodreads bisa berkunjung ke sini : https://www.goodreads.com/user/show/3578456-hairi

 

51 thoughts on “Bermain di Goodreads.

  1. oke, ada jadi ada tambahan ilmu,terima kasih. saya baru di GR, masih gagap, baru sekedar masukin buku, supaya terdata berapa buku yang sudah saya baca di sekian waktu. belum sempat ngisi kolom reviewnya juga.

    • Kalau buku belum terdaftar di goodreads kita bisa masukin sendiri kok, Mbak. Biasanya kalau kita search buku yang kita cari tidak ditemukan dia nawarin apa kita mau masukin buku itu. Tapi saya sih suka malas. Kalau nggak ada ya udah lewat. hehehe….
      Nah, sama mbak. Saya juga pernah baca buku edisi baru. Di goodreads yang ada edisi lama. Ya sudah masukin aja edisi lamanya😀

    • Sama, Mbak. Dulu saya juga gitu. Dulu karena udah registrasi di kompie jadi pas diklik kan otomatis dah masuk. Kemudian masalahnya ketika saya ganti PC ke laptop. Saya lupa password. Hahahaha… Sempat lama tuh ga ditengok goodreadsnya. Akhirnya klik forget password deh. Tapi sekarang connect ke FB. Jadi tinggal klik logo fb aja dia sudah buka sendiri😀

    • Gratisss.. Tapi fungsi Goodreads bukan buat baca buku kok mbak. Jadi di sana bukan kumpulan buku yang bisa kita baca, tapi kumpulan ulasan tentang buku.
      Kita baca buku sendiri (yang kita beli di tobuk, pinjam di perpus, dsb) trus masukin kesan-kesan kita tentang buku di sana, ngasih bintang berapa buat buku yang sudah kita baca.Ada sih kata teman yang nawarin ebook gratis di sana, tapi saya masih nggak ngerti kalau soal ebook🙂

  2. saya juga punya akun goodreads tp nggak pernah saya apa2in krn gaptek bin nggak mudeng. apalagi fesbuk saja sdh demikian menyita waktu…huhu…blm blog yg lebih sering saya cuekin, hiks. twitter…aarrgh.

    tp btw bagus lho postingnya mbak. bisa blajar lg nih caranya make goodreads. but, dah lupa password :p

    • Hihihi… Iya ya mbak. Fesbuk aja sudah sedemikian menyita waktu. Sy biasanya kalau buka laptop buka semua, Mbak. Ohohoho….

      Bisa disiasati dengan menghubungkan ke fesbuk, Mbak. Jadi tinggal klik tanda f fesbuk itu kebuka deh. Saya juga sudah berulang kali lupa password😀

  3. salam kenal mbak😀

    mbaknya bisa meng-connect antara goodreads dan wordpress? maksud nya review yang ditulis di goodreads bisa langsung otomatis di post di wordpress..
    saya bingung panduannya di goodreads.. makasih😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s