Bikin Brownies tanpa Mixer dan Oven

Sejak bergabung di grup Dapur Aisyah di FB saya seolah menemukan keajaiban-keajaiban dalam dunia permasakan. Hal-hal yang saya rasa mustahil dikerjakan ternyata bisa dengan resep-resep istemewa.

Dulu, saya pernah cerita tentang Pizza Magic Com yang saya anggap sebagai penemuan terdahsyat abad ini. Hahahaha… Kemudian ada juga resep lazy bread, saya menamainya saat membikin roti semudah bikin pisang goreng. Soalna lazy bread itu nggak pakai ulen-ulenan. Bahan-bahan tinggal campur dan didiamkan gitu aja. Kapan-kapan saya bikin postingan khusus deh ya soal Lazy Bread.

Nah, beberapa hari yang lalu saya lihat lagi resep brownies hemat telur tanpa mixer dan oven dari anggota Dapur Aisyah yang namanya Ummu Abdillah Ahnaf

Hooo.. Kaget dong saya, bisa gitu bikin brownies tanpa oven dan mixer? Dua benda itu selalu jadi kendala kalau saya mau bikin kue. Saya lihat deh komentar-komentar yang masuk, rata-rata berhasil dan bilang browniesnya enak dan lembut. Aaaa…. Saya mau prakteek. Maka setelah bahan-bahan terkumpul kemarin saya coba.

Ini resepnya :

Brownies ala Ummi

Bahan :
– 250 gr terigu
– 50 gr coklat bubuk 
– 200 gr gula halus
– 200 cc minyak goreng (segelas blimbing)
– 200 ml air kopi (Terkadang saya pakai gelas ukur buat menentukan ml-nya atau pakai satu gelas/mug)
– 2 butir telur kocok lepas
– 1 sdt garam
– 1 sdt soda kue

Cara membuat :- Ayak terigu, coklat bubuk, garam dan soda kue- Campur dengan gula halus aduk rata- Campur minyak goreng dan telur aduk asal campur rata- Tambahkan kedalam campuran terigu aduk rata- Tambahkan air kopi aduk rata sampai benar-benar tercampur semua bahan- Tuang ke dalam loyang, panggang atau kukus, tes tusuk untuk mengetahui kematangan.

Dan hasilnyaaa…. Maknyuuussss… Browniesnya lembut dan enaaak banget. Suami saya yang bilang kalau dia ga suka jenis2 cake kayak gini malah doyan. Ahahaha… Ada jampi-jampi cinta di dalamnya. Wkwkwkwk….
wpid-20131010_101107.jpg

Oya, catatan untuk resepnya, sesuai saran si Ummi pemilik resep kalau untuk gula halus, beliau gunakan gula pasir yang diblender. Saya juga pakai gulpas yang diblender. Diblender pakai blender kering itu lho. Gampang dan bentar aja ngeblendnya. Pernah pakai gula halus yang dijual langsung dipasar, hasilnya kurang manis. Mana saya kurangi juga ukurannya. Jadi lebih direkomendasikan gula pasir yang diblender.

Untuk minyak goreng saya ganti dengan margarine cair yang udah dilelehkan dan didiamkan di suhu ruang. Ga panas maksudnya, Cyin. Etapi, saya kan lelehen margarinnya cuma 3 sendok lebih dikit, ternyata kuraang. Wakaka… Terpaksa deh dicampur dengan minyak goreng supaya cukup dengan ketentuan resep.

Trus, saya eksekusinya pakai happy call. Tadinya mau dikukus aja karena lihat ada ibu-ibu yang ngukus pakai cetakan bolu kukus gitu hasilnya jadi mekaar. Tapi berhubung kukusan sy kemarin sempat gosong, gara-gara lupa kalau lagi ngukus sesuatu dan saya asyik fesbukan, Hahaha,  jadi pakai happy call aja. Pakai happy call pakai api keciiiil sekali. Emang agak lama sih masaknya. Dan jangan dibalik ya.

Saya belum pernah mencoba yang pakai kukusan. Tapi dari grup masak memasak di mana resep ini saya dapatkan katanya juga bisa dikukus. Jadi, saya belum punya pengalaman untuk dikukus dan tidak tahu berapa lama waktu yang digunakan untuk mengukus.

Dan untuk yang mencoba dengan mengukus dan bantat, mohon maaf saya tidak tahu apa yang terjadi di dapur anda. Karena saya hanya melihat teman-teman di grup yang bercerita kalau resep ini bisa dikukus.

Untuk kopi saya pakai kopi kesukaan suami, Indocafe coffemix itu. Yang penting kopinya nggak pakai ampas ya.

Resep ini sudah saya coba berkali-kali di dapur saya. Dan hanya pernah satu kali gagal. Itu pun karena coklat bubuknya saya tambahkan dan gula saya kurangi. Jadi, ujung-ujungnya pahit dan nggak manis.

Resep di atas bukan saya sumbernya. Saya mencoba resep dari resep yang di share oleh nama yang saya sebutkan di atas di grup Dapur Aisyah, kemudian resep itu saya share di sini dengan tetap menyebutkan sumber yang nama beliau saya sebut di atas. Saya tidak pernah mengklaim kalau ini resep ciptaan saya.

Ngocok telurnya biasa aja kok. Pakai garpu dan dikocok seperti kita bikin telur dadar. Simpel. Nggak pakai ribet kan? Enak dimakan pagi-pagi dengan segelas teh hangat.

108 thoughts on “Bikin Brownies tanpa Mixer dan Oven

    • Iya, Mak. Gampang ini. Saya kan juga malas kalau ribet-ribet. Hehehe…. Ayo dicoba, Mak. Yang rada lamaan dikiiit cuma bagian ayak tepung sama blender gula pasir aja. Tapi lama dikit aja. Setelah itu tinggal cemplung cemplung😀

    • Iya, Mak. Lumayan banyak. Saya belum cobain, Mak. Belum berani modif resep. Baru dua kali nyoba soalna. Kalau berhasil ganti bahan kasih tau ya, Mak. Kemarin saya sempat baca artikel juga tentang penggunaan tepung terigu berlebihan ga bagus buat tubuh.

    • Maaf, Mbak. Sy ga pernah dikukus, selalu pakai happy call. Untuk dikukus matang ga nya mungkin bisa dicek dengan cara ditusuk. Kalau adonan ga nempel berarti dah matang.

  1. diah indri says:

    lagi blogwalk ke rumah yanti
    nemu resep enyak hehehe
    saya jg pernah gabusng di dapur aisyah tp pake akun yg skrg dibajak😦
    keren2 ya ummahat2 disana🙂

    • Sama lah, Mbak. Saya lebih amatir. Hehehe….
      Saya belum pernah nyoba, Mbak. Jadi kagak tau bisa atau ga. Tapi pernah lihat postingan di mana gitu kalau ada yang nyoba *coba digoogling aja mbak :D*

      • Jangan dibolak balik, mbak. Saya pernah ngebalik, adonan tumpah. Saya lupa berapa menit, mbak. Pakai api kecil dan dites tusuk aja. Kalau ga nempel di lidi yang kita tusukkan berarti sudah matang

  2. nurul says:

    Q udh nyoba,enak bgt n gampang,tp td ada yg salah waktu ngukus,udh ditusuk untuk ngecek kematangan..q kira udh matang,soalnya adonan udh g nempel dilidi..
    Trz pas udh dingin q iris,kok masih ada coklatnya ya,,,td kan q campur sm coklat batang,ngaruh g sich..

    • Alhamdulillah kalau enak. Kalau soal coklat batang, maaf saya nggak tahu mbak. Mungkin pengaruh juga ya. Dia matang ga bersamaan dengan yang lain. Saya juga belum pernah nyoba pakai coklat batang.

  3. Mbak,,, kmarin sy udh nyoba resep mbak ini.
    Saya bawa ke kantor n teman2 pada nyobain.
    Kata mereka kuenya bantat alias ga ngembang, hehehhehe….
    pdhal kan udh pake soda kue.. Kira2 salah dimana ya mbak,, pdhal semuanya saya coba sesuai resep.

  4. Bunda Khalila says:

    Jeunggg…. Aku udh praktekin resepnya.. Rasanya mantaaapp!!
    Kopinya aku pake yg “beli 2 gratis 1” rasa Moka, trs aku tambahin susu coklat sachet…
    Eksekusinya pake Magic Com😀 (walopun matangnya lama, ± 2jam karna Magic Com ku kecil)
    Tp ini T.O.P banget dah.. Ga pake mixer, ga pake oven!!
    (◦ˆ ▽ˆ)/ τнαήƙ чoυ ♥ so much yak..

  5. raca says:

    aq pake happycall juga bawahnya gosong,atasnya belum mateng,,,padahal baru 5 menit dipanggangnya,,,,mohon bimbingannya dong biar lebih nyuzzzz gitu,,,,maklum masi amatir,,,hehe…oia kl pake gula halus yg udh jadi dipasaran rasanya jadi kurang manis,,,mungkin memang lebih bagus pake gula pasir yg diblender kali ya,,,

  6. raca says:

    iya mb, aq udh coba lagi pake api super kecil dan hasilnya,,,,hmmmmm maknyuzzzzz,,,,tapi kok gampang rapuh ya mb? kalo dipotong remahannya kemana2,,,itu kenapa ya?

  7. mbak resepnya enak, makasih :-* (akhirnya bikin kue gak bantat pake resep ini) tp saya pake oven, cuma tetap tidak menggunakan mixer, alhamdulillah enak dan gak bantat ^^

    • Hai.. Hai… Thanks ya komentarnya. Saya padahal rada gimana gitu waktu ada beberapa yang bilang pakai resep ini nggak berhasil. Tapi Alhamdulillah ada kok juga yang bilang berhasil nyoba resepnya🙂

  8. Adji Lilyana Novita says:

    Ak mo cb ni mba rsepx,prakts sii..tp mo tny utk air kopiny pk cc/ ml..trs kukus na brl lma?.. gt aj thanks ya

  9. etix says:

    Makasih mbak resepnya,,,
    Ini td baru saya coba resepnya. Tp perbedaannya punya saya d panggang d telfon n berhubung g ada gula halus jd saya pakai gula pasir biasa dan saya campur d larutan kopi, trus saya jg g pakai coklat bubuk tp pakai coklat batang yg d lelehkan. Hasilnya maknyusss,,,
    🙂

  10. bunda daffa says:

    Makasih mbk yah aku udah nyobain resepnya nih biasax aku kalo bikin kue bantet2 trz bikin trauma tapi pake resep ini sekali bikin langsung jadi😀 tapi aku pake cup bikinx trus dikukus 10 menit aja gakk lama dan gak ribet bgt trz bhanx juga gakk susah….enak apalgi atasnya dkasih toping jadi kayak cupcake ϑĭ toko2 kue

    • bunda daffa says:

      Oiiaaa lupa kasih tau juga kalo aku nambahain coklat pasta jadinya lumayan tpi meski pake gula diblender kok ttp gakk manis yah???apaa kurang gula???”̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ tpi gpp deh yang penting ttp maknyus kata misua😀😀

      • Mungkin Bunda Daffa suka manis ya? Iya, Mbak bisa ditambahkan gulanya kalau suka manis. Kopi yang saya tambahkan juga udah mengandung gula soalna, jadi ada tambahan manis juga di sana. Terima kasih sudah mampir di sini ya, Bunda😀

  11. inri lydia says:

    Saya bru nyoba skr krna baru nemu resepx hehehe.. Alhasil walahhhh enak Bªªngëêé†z mlah Jªϑī nagih mo buat lagi xixixi.. Cemilan sehat trus murah meriah Ъќ>:/ pke gumprang2 d’dapur cucian bekas ngadon Ĵüƍά Ğªќ>:/ bny, trakhir krna ad bekas keju sisa alhasil dtaro deh d’atsx dan mmg enak deh.. Mksi ݪªª mba resepx..

  12. dyanadaily says:

    mau usaha titip makanan, tp ga punya mixer. nemu resep ini rasanya seneeeeeng bgt. smoga manfaat ya mba. barokallah

  13. dyanadaily says:

    satu lagi mba, itu loyangnya dialasin kertas roti atau di olesin mentega dulu apa langsung tuang aja.? hehe

  14. Bunda Khalila says:

    Semalam aku bikin Cake Pandan.. Dr resep ini jg, dimodifikasi dikit.. (˘ڡ˘) hasilnyaa yumiiiiii…..

    Yg mau share, tukar pendapat, bisa invite pin  aku yah.. 2245424B

    Τнänκ (∩_∩) чoü , senangnya nemu blog mbak yanti ini

  15. niken says:

    Kak makasih resepnya, enak nd lembut bgt brownies yg aku buat🙂 aku atasnya kukasih saus coklat gtu rasanya tambah enak🙂 lanjutin buat resep selanjutnya ya kak hehe..:D

    • Halo Mbak Niken, terima kasih ya buat testimoninya. Iya, tambah saus coklat pasti tambah maknyus ya. Sy kemarin tambah choco cips. Enak banget😀

  16. itta says:

    Wah jadi pengen nyoba ka, lagi belajar masak kue2 gitu kebetulan dirumah juga gak punya oven sm mixer trus nemu ini resep duh kebetulan jg punya happycall jadi pas banget. Oiya mau tanya 200 cc minyak itu kalo pake blueband yg dilelehin bisa gk ya? Trus berapa sendok nakarnya biar pas, hehe

    • Haloo Itta. Aku juga nggak tau persisnya berapa sendok ya. Kemarin abis kulelehkan blueband ternyata masih kurang dari 200 cc jadi kutambahin minyak goreng supaya pas 200 cc.

  17. Khaqqi Farikha says:

    Sudah saya coba mb.. hasilnya enak, setara dengan penggunaan coklat blok. ini lebih hemat. dan sangat cepat, suami suka sekali, juga dengan saudara2 saya.. Alhamdulillah

    terimakasih ya mbak.. d tunggu resep selanjutnya.

    salam kenal,🙂

    Bunda Khaqqi.

  18. anita mulyana says:

    makasih banyak resepnya umi.
    rasanya mantappp…mirip brokusnya am**da.
    seneng banget deh..pas nyobain bikin.sukses.. dan semua sukaaaa……

    cocok nih untuk pemula, bener2 praktis, ga ribet.

    makasih umm…
    ditunggu resep2 oke berikutnya …………

  19. aryantie says:

    Makasih resepnya Mbak,td aku udh nyoba.adonannya Aku kukus,berhubung gg pnya cetakan bolkus,n loyangku ada yg pinjem tp gg balik..akhirnya aku pake kukusan yg bwt magic com,trus krn gg ada kertas minyak,n yg ada cuman daun pisang,akhirnya q alasin pke daun pisang Mbak.hasilnya lembut n ngembang bgt,tp pas aku ptg2 pda ancur,apa krn kebanyakan soda y Mbak?soalnya pas masukkin soda,aku gg tkr,dqra2 aja.

  20. hi mbak.. nyasar ke sini gegara nyari resep brownies yang gampil🙂
    mau tanya sebelumnya.. kalo air kopinya diganti bisa ga sih? misalnya diganti coklat gitu??? thanks yaaa

  21. Ria says:

    Akhirnyaaaaaa ketemu juga resep brownies yg udh aku coba 2 kali dan dua2nya berhasil, yg kedua malah lbh enak krn aku pakai minyak goreng bukan margarin cair.. Gara2 setiap mau bikin, googling terus, gak pernah aku catet mba, jadi skarang mau bikin lagi, bingung cari2 blog mba yanti.. Thanks banget resepnya mba, bakal jadi andalan aku nih..😀

  22. Baruuu aja kelar bikin brownies dgn resep ini, komen saya : enaakk kaya brownies yg dijual di care***r, tapii dgn takaran di atas koq jadinya banyak banget ya? Sampe munjung di happy call n nempel ke pan yg bagian atasnya, agak hancur pas dipotong kurang bantet sdikit, rasa manis nya agak kuat tp pahitnya jg brasa. Oiya saya pakai kopi kop*ko brown sugar. Masih ada sisa bahan mungkin nanti mau bikin lg tp setengah resep aja. First trial tp sdikit kurang memuaskan pdhal prasaan takarannya sesuai resep smua huhu. Anw makasih resepnya mba😉

  23. makasih mbak. aku udah cobain resepnya. dan berhasil rasanya pas, bagus kok pake happy call.. tapi disini aku gulanya nggak aku blender dan agak dikurangin dikit jdi 160gr gula, krn mama gak suka manis banget. terus ditambah susu bubuk 50gr. utk toppingnya aku tambahin craft cheddar yg diparut. top banget deh mbak resepnya. terima kasih banyak. semoga blognya mbak selalu rame dan bermanfaat bagi org banyak ^_^

  24. weni says:

    Aq pernah coba resep ini pke gla pasir plus pasta cokelat..hasilnya maknyussss tapi pas coba kdua klinya pke gula halus pkus tanpa pasta cokelat hasilnya bantat plusnya lagi warnanya jadi bule hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s