Tips Masak Memasak

Semingguan kemarin saya dapat 3 tips/info tentang masak memasak. Mungkin bagi sebagian orang info ini biasa banget dan udah mereka ketahui sejak zaman purbakala. Wekekeke.. Tapi buat saya yang baru belajar masak info ini rasanya luar biasa. 

Pertama, tentang tata cara penyimpanan ragi instant.

Dulu saya nggak tahu bagaimana caranya menyimpan ragi ini. Pernah dengar di mana gitu nyimpannya di kulkas. Jadi, setelah kemasan ragi saya buka dan saya pakai sebagian isinya, saya taruh deh di kulkas. Eh, pas saya mau pakai dan saya coba dulu dengan cara melarutkannya dengan air ternyata raginya mati. Saya menyimpulkan raginya mati karena tidak muncul buih-buih dari ragi yang saya larutkan dengan air itu.

Kemudian saya tanya teman, dia bilang ikat dulu pakai karet gelang raginya. Oke, saya coba praktekan. Entah karena saya ngikatnya nggak kencang atau bagaimana, ragi pun kembali tidak bereaksi setelah saya larutkan dengan air. Jadi berasa boros banget kalau sekali buka ragi hanya bisa digunakan sekali. Apalagi kalau saya hanya memakai seperempat isinya saja.

Nah… Minggu kemarin di grup Dapur Aisyah, saya membaca tips menyimpan ragi dengan cara disimpan gitu aja di sebuah toples yang rapat. Bisa gunakan bekas botol obat atau botol selai. Akhirnya ragi saya masukin ke dalam botol selai coklat yang sudah saya cuci bersih. Dan selamaaaaaaat….. Raginya bisa saya pakai berkali-kali. Hihihi… Kenapa nggak dari dulu gitu ya saya nanya ke grup itu. Di sana kan emak-emaknya pada pintar masak semua😀

Kedua, ini tentang terigu. Dulu saya mana ngeh kalau terigu itu beda-beda proteinnya. Ada protein tinggi, sedang dan rendah. Oke, kemudian saya tahu kalau yang bagus buat bikin roti itu yang bungkusnya hijau alias C*akra Kembar itu loh, katanya itu protein tinggi. Dan kalau rendah yang warnanya biru. Kemudian saat saya ingin praktek satu resep di sana tertulis dua tepung berbeda pada bahan. Satu tepung terigu protein rendah, satunya lagi tepung terigu protein sedang. Eh, rendah dan sedang? Saya melototin lagi tuh resep. Akhirnya googling-googling dan nemu kalau spesifikasinya kayak gini *nyebut merk ya*

Protein Tinggi : Cakra Kembar

Protein Sedang : Segitiga Biru

Protein Rendah : Kunci Biru.

Oalaaaa…. Ternyata tepung yang bungkusnya warna biru ada dua. Segitiga dan kunci. Saya baru ngeh lho… Hehehe… Pas ngecek persediaan di kotak sembako. Ternyata yang ada kunci biru.

Ketiga, ini tentang kulit lumpia instant. Saya dulu suka beli kulit lumpia ini. Enak kan kalau mau bikin apa-apa tinggal bikin isiannya aja. Isinya juga yang paling mudah pisang kepok diiris tipis dicampur dengan SKM dan gula palm. Yang bikin saya malas buat bikin lagi karena kulit lumpianya jadi kaku gitu. 

Kemarin baca postingan Haya di sini. Ada tips buat menghilangkan kekakuan si kulit lumpia dengan cara : dikukus. Belum saya coba sih. Tapi saya catat dulu tipsnya😉

Ada tips lain? Silakan tinggalkan tipsnya di komen ya🙂

13 thoughts on “Tips Masak Memasak

  1. aha akhirnya jadi tahu kan? itu soal tepung sebener gampang sih, dan di tepungnya ada gambar juga tag buat apa aja..
    kalu mo bikin bakwan paling enak pake tepung buat roti, hayo tepung apa? ga usah pake telur lagi tuh bakwan..
    kalu mo bikin ayam goreng tepung paling enak pake tepung buat kue bolu, hayo tepung apa?
    sebener lamalama hafal kog kalu udah kecemplung lama di dapur..
    itu kulit lumpia selain dikukus lagi bisa kog ditepuktepukin dengan lap basah agar ga keras lagi..

    • Buat roti itu cakra, Mbak. Buat bolu segitiga atau kunci biru ya mbak? hehehe.. Biasanya cuman pakai yang warna biru. Ternyata segitiga sama kunci dua merk beda. Hohoho…
      Kalau tepung kompas itu protein apa sih, Mbak? ynt juga pernah beli itu.

      Sip sip.. Ntar dicoba kalau ada kulit lumpianya…

Leave a Reply

