Eksis Ngeblog ala Yanti

Kalau dipikir-pikir nih ya status saya sebagai seorang istri yang kerjaannya cuma di rumah aja, belum punya anak dan nggak kerja juga, tentu dong saya punya banyak waktu buat yang namanya ‘me time’. Banyaknya me time yang saya lewati juga bisa bikin saya banyak ngeblog, yah, 3 atau 4 postingan setiap hari kali ya. Tapi kenyataannya nggak gitu juga ternyata, untuk ngeblog setiap hari aja saya belum bisa.
Kenapa bisa gitu? Alasan paling gampang dan paling jujur karena saya MALAS!!!

 
Tapi -mau ngebela diri dikit, kerjaan saya walau di rumah juga ga bengong aja. Ada resto dan bakery yang saya atur menu-menu dan tampilannya, juga saya sibuk berpetualang melompat dari satu mobil ke mobil yang lain. Yah, walaupun semua kesibukan yang saya sebut tadi dalam bentuk games aja :p

Jadi, kalau ditanya bagaimana caranya supaya saya terus bisa eksis ngeblog di tengah kesibukan yang seabrek-abrek, coba ditilik dulu apa sih sebenarnya motivasi saya dalam ngeblog.

Saya coba sebutkan satu-satu beberapa motivasi saya dalam ngeblog.

Pertama, mumet. Kadang saya suka mikirin sesuatu yang rasanya bikin kepala saya penuuuuh banget. Untuk sedikit melonggarkan isi kepala saya perlu sesuatu buat menuangkan isi yang ada dalam kepala saya. Salah satu jalan ya nulis. Menumpahkan apa yang berkecamuk dalam batok kepala saya dalam bentuk tulisan. Terkadang tulisan itu saya simpan sendiri, atau bisa juga saya publikasikan di blog.

Motivasi kedua dalam ngeblog ingin berbagi. Ceileeee…. Ada sesuatu yang ingin saya sampaikan dan saya rasa itu bisa berguna buat yang cari info tentang hal tersebut atau buat yang membacanya. Seperti ketika saya menulis tentang seserahan. Sampai sekarang postingan saya tentang seserahan itu paling banyak di klik di coretanyanti ini.

Yang ketiga, ingin mengasah tulisan. Sudah banyak kan ya bukti orang-orang yang konsisten menulis setiap harinya, tulisannya hari ke hari semakin ciamik saja. Baik dari segi tata bahasa yang dia gunakan, EYD yang semakin rapi juga bagaimana konsep tulisan yang disajikannya. Kalau saya jatuh cinta pada satu blog, saya bisa ngubek-ngubek ntu blog sampai ke akar-akarnya lho. Maksudnya sampai ke postingan yang lama sekali sampai yang terbaru. Dan saya sering sekali merasakan kalau ada perkembangan tulisan-tulisan itu. Semakin bagus hari ke hari. Kalau orangnya sering ngeblog sih. Lah kok tulisan kamu masih gitu-gitu aja yan? Yah, mungkin saya pengecualian dari semuanya. Hahahaa….

Motivasi lainnya, ingin mengukir prasasti dalam kehidupan. Ceileee bahasanyaaa.. Kenal sama almarhumah Bunda Inong ga? Beliau dulu eksis ngeblog dengan menampilkan resep-resep masakan dan keseharian buah hati beliau. Saat beliau wafat, blog beliau masih bisa diakses. Saya dulu lumayan sering berkunjung ke blog beliau. Bayangin aja kalau orang-orang mengambil manfaat dari blog beliau itu, mencoba resep masakan yang beliau sajikan di sana dan kemudian menyuguhkannya pada keluarga, keluarga senang. Bisa jadi hal itu berbuah pahala buat beliau. Hal ini juga sebagai pengingat saya buat menulis yang baik-baik.

Motivasi lainnya (lagi) adalah hadiah. Ikut lomba booo.. Sekarang kan banyak tuh beragam giveaway atau blogging contest yang hadiahnya wuiiih bikin ngiler. Dari gadget-gedget keren, uang tunai jutaan rupiah sampai buku-buku yang menarik. Lomba dan GA ini juga bisa bikin saya duduk manis depan laptop buat nulis.

Dan motivasi-motivasi lain yang gagal saya deteksi untuk saat ini.

Walaupun punya beberapa motivasi dalam ngeblog, ada kalanya juga lho saya kehilangan semua motivasi itu. Ga pengin narsis, ga pengin eksis, ga pengin berbagi, ga tertarik dengan hadiah lomba, ngerasa tulisan ya segitu-gitu doang dari dulu, ga ada perkembangan dari segi kualitas, lah ngapain juga nulis lagi? Saya pun kemudian bersembunyi dalam ‘gua’, lama ga nyentuh yang namanya blog. Kemudian saya perlu beberapa hal untuk membangunkan motivasi itu dari tidurnya.

Ada beberapa hal yang bikin si motivasi dalam diri saya terbangun :

Pertama, baca buku. Ahaha.. Saya kan doyan ngereview buku. Jadi abis baca buku biasanya ada aja yang mau diceritain tentang buku itu. Kalau saya ga cerita, bakalan kepikiran terus dan bikin hidup saya ga tenang. Apalagi kalau bukunya cetar sekali buat saya. Baik cetar sekali bagusnya atau cetar sekali kekurangannya. Hohoho…. Baca buku untuk sementara adalah cara terampuh buat saya eksis ngeblog.

Yanti baca buku

Yanti baca buku

Nonton film atau drama korea (inpotenmen juga sih) juga bisa bikin saya punya motivasi buat ngeblog. Senada dengan buku lah, setelah nonton kemudian direview. Tapiii… Yang ini ga serutin buku pengin ngereviewnya. Suka cerita ama suami atau sahabat saya aja kalau ini.

Jalan-jalan. Udah banyak sih yang bilang ya kalau jalan-jalan juga cara terampuh buat mementikkan ide dalam tulisan. Melihat sekitar kemudian menulislah. Saya juga sih gitu. Apalagi kalau wiskul, pengin selalu bikin ulasannya di blog. Termasuk di sini juga silaturrahim, abis ketemu ama siapa gitu dari bahan obrolan bisa jadi bahan ngeblog.

Blogwalking. Nah… Ini juga ampuh nih. Dengan cara blogwalking, eksisnya para blogger yang ngeblog juga bisa nular lho. Misal blogger ini nulis apa gitu, trus saya jadi bergumam sendiri, oh iya ya ngalamin juga kaya gini. Nulis juga ah. Atau ngelihat blogger ikutan GA atau lomba blog, trus ikutan deh pengin ngeblog. Melihat ada blogger yang tulisannya makin keren aja, saya pun ngebatin pasti karena dia latihan terus jadi tulisannya oke. Jadi saya pun buru-buru pengin ngeblog juga buat mengasah tulisan.

Melihat statistik pengunjung blog yang terus menurun hari ke hari. Hahhaha…. Kalau lama ga ngeblog, biasanya yang berkunjung juga dikit. Dan sebagai orang yang pernah menikmati dibayar buat ngeblog saya ketar ketir juga kalau pengunjung di blog terus menurun. Takut pagerank blog jadi turun. Xixixii…. Khawatirnya pas PR lagi 0, malah ada tawaran nulis berbayar lagi. Kelabakan dunk. Jadi amannya ya teteup mengusahakan agar pagerank minimal 1. Kalau bisa ya lebih lagi lah ya..

Trus bagaimana saya ngeblognya? Apa hanya di depan laptop?

Laptop hanya salah satu cara walaupun saya memang paling sering ngeblog lewat laptop. Sesekali ada juga sih via ponsel. Masalahnya kalau pakai ponsel, saya gaptek bagaimana caranya mindahin tulisan ke blog, kecuali langsung nulis di blognya. Nah, sering kalau saya nulis ga langsung selesai kan. Jadi hal itu bikin saya rada ogah ngeblog lewat ponsel. Padahal bisa disimpan di draft ya. Tapi ya itu kadang gaptek saya kumat parah :p

Senjata ngeblog : BB, laptop en modem

Senjata ngeblog : BB, laptop en modem

Beberapa waktu yang lalu mbak Naqiyyah Syam bercerita di sebuah grup tentang bagaimana beliau nulis di sela kesibukan. Beliau akan nulis di inbox FB buat dikirim ke akun FB beliau yang satunya. Wah, ini ide yang sangat jenius pikir saya. Karena kalau saya tulis di note di hape (dalam hal ini BB), smartphone saya itu sering error yang mengakibatkan semua note akan terhapus. Jadi cara mbak Naqi ini bisa bikin tulisan saya aman.

Jadilah saya kemudian akan nulis-nulis di notepad di BB saya, setelah selesai saya kirim message dari FB saya ke akun FB saya yang satunya. Dengan cara ini saya ngerasa lega karena ga khawatir tulisan saya bakalan hilang kalau BB saya tiba-tiba mati. Kalau sudah di depan laptop, baru saya ambil tulisan saya tersebut dan saya edit kemudian pindahkan ke blog atau ke word.

Cara lainnya bisa juga dengan saya bikin coret-coretan di kertas, nulis poin-poin penting yang pengin saya tulis. Pas di depan laptop bisa lebih lancar karena sudah ada peta ke mana tulisan akan dibawa.

Coretan Yanti sebelum ngeblog

Coretan Yanti sebelum ngeblog

Demikianlah cerita saya tentang eksis ngeblog ala yanti. Ini ceritaku, mana ceritamu?

“Cerita ini diikutsertakan dalam 2nd Give Away Ikakoentjoro’s Blog”

16 thoughts on “Eksis Ngeblog ala Yanti

  1. hihihi aku juga mak, ngeblog di bikin mindmap dulu #ketauan
    hmm kalo motivasi apaan yak, suka aja, alias hobi. Padahal nyari waktu tenang buat ngeblog susyahh hahaha

    happy blogging ya makk ^^

    • nah itu mak nama kerennya mindmap. Saya ingetnya coret2an aja. Hehehehe… Kalau suka jadi berasa ada yang kurang kalau ngeblog ya mak… Happy blogging juga buat mak Shinta😀

Leave a Reply

