[Wiskul Balikpapan] Sajian Dalam Mangkok

Kenapa makanan disajikan dalam mangkok? Biasanya ya karena berkuah ya. Jadi lebih afdol kalau dalam mangkok. Saya termasuk penggemar masakan berkuah… Hemm… Setelah dipikir-pikir hampir semua makanan kok saya gemar. Berkuah kek, kering kek, yang penting pas di lidah. Ini beberapa (3 aja sih) kuliner Balikpapan yang disajikan dalam mangkok.

Bakso (samping) SMA 1 Balikpapan

Sebelum nyoba saya penasaran banget dengan bakso ini. Penasaran ama tempatnya sih, apalagi waktu itu dapat tantangan menulis dengan setting kantin sekolah gitu. Setelah tantangan berakhir baru deh nyoba maem di sana. Eaaa… Ternyata bukan kantin sekolah tapi kedai bakso beneran. Karena letaknya yang dulu di samping SMA 1 jadi deh namanya Bakso Samping SMA 1.

Pangsitnya enak banget

Pangsitnya enak banget

Rasanya juaraaa banget. Ini sepertinya bakso terenak yang pernah saya nikmati deh. Hahaha… Suka banget. Selain kedai utamanya yang letaknya dekat-dekat SMA 1 itu (lupa nanya ama suami apa nama wilayahnya), Bakso ini juga buka cabang di kilo (lupa juga kilo berapa) dan juga ada di mall lho tepatnya di Plaza Balikpapan di Pacifica Foodcourt.

Dulu harganya seporsi 15 ribu, di mall juga harganya sama tapi tambah ppn 10%. Wekeke…

Bubur Ayam Samarinda

Apa bedanya dengan bubur ayam Bandung atau bubur-bubur ayam lainnya?

Beda banget lah. Saya baru nemu bubur ayam yang seperti ini pas di Balikpapan. Lumayan banyak sih kalau saya lihat kedai-kedai yang jualan bubur ini. Jadi bubur ini ya nasi jadi bubur gitu tapi pakai kuah yang seperti kuah soto gitu. Topingnya juga kayak soto, irisan telur, ayam suwir, seledri juga tomat.

Waktu pertama nyoba (dan belum nyoba lagi untuk yang kedua) saya langsung lahap ngabisinnya karena lagi dalam kondisi kelaparan. Hahaha… Harganya lupa. Letaknya ada di wilayah Gunung Sari Balikpapan.

Ini bukan soto, tapi bubur

Ini bukan soto, tapi bubur

Bakwan Bintang Malang

Kalau dulu dengar bakwan, ya saya tahunya bakwan yang jadi gorengan itu loh. Mana tau kalau ada bakwan yang kayak bakso. Hehehe….

Waktu para teman-teman di Muslimah Backpacker ke Bromo, salah satu agenda mereka menikmati bakwan malang, saya pun jadi penasaran gimana sih bakwan malang itu. Jadi deh googling dan nemu ada tempat makan yang special jual bakwan malang di Balikpapan yang oke banget rasanya. Tapi beberapa kali ke Balikpapan, ada aja kendalanya buat main ke sana. Jadi buat mengobati rasa penasaran saya nyicip bakwan surabaya aja. Surabaya sama malang kan satu provinsi. Hehehe…

Dan kemarin itu, akhirnya sempat deh maem di bakwan bintang ini. Letaknya di Jl. Soekarno Hatta alias kilo 1,5. Tempatnya selalu rame lho. Rasanya juga maknyussss…

wpid-20130817_205125.jpg

Tuh kan lihat penampakannya apa bedanya dengan bakso? Bedanya ada pada pangsit goreng dan pangsit rebusnya itu lho. Saya lupa berapa harga per mangkoknya. Kalau ga salah kemarin pas makan berdua bayar 36 ribu atau 38 ribu, sama minum lho ya. Jadi kayakna per mangkok 15 ribu😀

Bakwan Malang buat berdua

Bakwan Malang buat berdua

Sebenarnya ada satu lagi nih kuliner Balikpapan yang disajikan dalam mangkok yang saya doyan banget. Apa itu? Soto banjar kuin. Udah beberapa kali makanan di sana tapi lupa terus buat foto sotonya. Soalna udah ga sabar buat melahapnya. Ntar kali ye dibikin satu postingan khusus aja. Karena soto itu favorit saya banget. Pas di lidah karena ulun urang banjar ding ae😀

14 thoughts on “[Wiskul Balikpapan] Sajian Dalam Mangkok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s