Always be in Your Heart – Shabrina WS

“Dalam rentang waktu 3 tahun, hati seseorang bisa tetap sama. Hati yang lain bisa berubah.”

Itu adalah perkataan seorang tokoh dalam drama Korea yang pernah saya tonton dulu. Maaf, lupa sama judulnya. Dan hal itu juga lah yang bergelayut dalam pikiran Marsela, tokoh dalam sebuah novel yang baru saya baca. Tapi rentang waktu dalam novel itu lebih lama lagi : 10 tahun.

Always be in Your Heart (AbiYH) adalah judul novel itu. Ditulis oleh seorang penulis yang begitu ramah mbak Eni Wulansari dengan nama penanya Shabrina WS.

AbiYH bercerita tentang Marsela dan Juanito yang bertetangga dan kemudian menjadi akrab. Pada saat memasuki masa-masa sekolah Juanito mengakui Marsela adalah adiknya, dengan tujuan agar tak ada yang berani mengganggu Marsela. Tak ada yang murni dari kedekatan antara dua lawan jenis, mungkin hal itu memang benar adanya.

Setidaknya itulah yang terjadi pada Marsela dan Juanito. Hubungan mereka telah melibatkan perasaan, dan Juanito ingin membawa hubungan itu ke arah peresmian. Pernikahan menjadi rencana bagi keduanya. Namun kemudian rencana itu ditunda dalam batas waktu yang mereka tidak tahu karena satu peristiwa yang menjadi catatan sejarah bangsa ini REFERENDUM.

Timor Timur yang dulu merupakan provinsi termuda Indonesia, lepas dari dekapan Ibu Pertiwi, menjadi negara sendiri bernama Timor Leste. Ayah Marsela hati dan jiwanya telah menyatu dengan NKRI. Sementara keluarga Juanito tak pernah ingin beranjak dari Bumi Lorosae itu. Jadilah mereka terpisah. Marsela dan ayahnya mengungsi, Juanito dan keluarganya tetap berada di Timor Leste

AbiYH merupakan pemenang ketiga dari lomba penulisan Romance Qanita. Dan membaca kata demi kata yang tersusun di sana, saya merasa AbiYH memang pantas untuk menjadi salah satu pemenangnya. Mengambil setting yang tak biasa yaitu di timur negeri ini pada saat Referendum dan sesudahnya. Tutur bahasanya terasa lembut dan romantis.

Penulisnya saya kenal dengan seseorang yang sangat suka sekali dengan binatang. Seperti yang dulu saya temukan dalam PING. AbiYH juga menghadirkan binatang dalam ceritanya. Pada Lon dan Royo, di mana prolog dan epilog diceritakan dari sudut pandang mereka.

Walau memuat tentang referendum, tapi novel ini bukan novel politik atau sejarak kok. Tapi merupakan novel romance. Saya suka dengan cara penulisnya memasukkan nasehat secara halus sekali. Seperti apa yang dikatakan Mario, ayahnya Marsela kepada Marsela.

“Tuhan, menitipkanmu pada Apa. Tapi, tidak setiap saat Apa bisa awasimu. Jadi, kamu ingat selalu pesan Apa. Kamu boleh berteman dengan siapa saja, tapi kamu tak boleh membiarkan seorang pun menyentuhmu. Meski itu hanya tanganmu. Tidak juga Juanito! Dirimu adalah harta untukmu, maka harus kamu jaga baik-baik harta itu.”

Dan terakhir, saya tak protes kok dengan pilihan ending yang diambil penulisnya. Karena saya merasa itu adalah ending terbaik untuk cerita ini walau harus ‘mengusir’ seseorang yang baik hati yang selalu ada untuk Marsela. Ada alasan kuat kenapa saya setuju dengan ending cerita ini. Keyakinan keduanya yang walau tak disebutkan langsung, sepertinya berbeda.

Oya, satu lagi. Kepada seseorang baik hati yang mengirimkan buku ini ke saya : Jazakillah Khairan Katsira ^_^

AbiYH

Judul : Always be in Your Heart : Pulang ke Hatimu

Penulis : Shabrina WS

Penerbit : Qanita

Penyunting : HP Melati

Tahun Terbit : cetakan pertama, Februari 2013

Tebal : 236 halaman

13 thoughts on “Always be in Your Heart – Shabrina WS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s