Kelas Menulis #5plus1 bersama Tasaro GK

    Februari kemarin saya ikut beberapa kelas online, dari yang gratisan sampai yang berbayar. Beberapa malam dalam seminggu terisi dengan jadwal kelas online ini, seperti orang sekolahan saja. Eh, emang saya sedang sekolah kok. Sekolah di Universitas Kehidupan.

    Mendapatkan ilmu baru tentu saja adalah bagian yang saya tuai dari mengikuti kelas online tersebut. Berkenalan dengan teman-teman baru juga salah satu hal yang saya hasilkan. Tiba-tiba saja saya di add beberapa teman sekelas atau saya yang menambahkan mereka duluan.


    Salah satu kelas yang saya ikuti adalah kelas #5+1 setiap malam minggu dengan pengajar penulis Galaksi Kinanthi, Tasaro GK. Kelas akan dimulai pada jam 20.00 WIB dan biasanya berakhir hampir jam 24.00 WITA. Sekitar tiga jam. Kelas perdana waktu itu sih di bulan Januari, saya mengingatnya karena pada saat itu saya lagi di rumah orang tua, sedang pulang ke kampung halaman.

    Pertemuan perdana, kedua, ketiga dan selanjutnya yang dibahas adalah unsur 5+1 yang akan membuat tulisan kita lebih ‘cling’ kalau memasukkan unsur itu. Sampai pada malam minggu berikutnya peserta kelas diberi PR untuk menjawab 7 pertanyaan kunci yang jawabannya dikirimkan kepada Pak Guru, Tasaro GK.

    Kelas selanjutnya adalah membahas jawaban-jawaban dari 7 pertanyaan kunci itu sebagai sebuah proposal naskah. Kelas mulai menarik nih. Kita bisa mengatakan Yes, No atau Hemm untuk proposal naskah tersebut. Selanjutnya Pak Guru juga akan membahas proposal itu, menjelaskan beberapa hal terkait si proposal dan selalu saja tiap minggunya ada hal baru yang saya dapatkan dari diskusi itu. Saya juga melihat betapa luasnya wawasan Pak Guru itu.

    Pembahasan proposal-proposal sudah selesai, sekarang sih kelasnya kembali belajar tentang unsur dari satu karya. Minggu kemarin belajar diksi dari karya-karya Dee. Kita juga diminta latihan yang bikin saya gregetan karena nggak bisa merangkai kata yang bagus. Ergghhh… Gregetan yang sama juga saya alami waktu membaca tulisan Pak Guru Tasaro GK yang judulnya Atarih. Saya gregetan kapan gitu saya bisa nulis sebagus itu. Hehehe… Kelas tadi malam membahas sastra lama, diksinya tetap keren walau telah berlalu beberapa dasawarsa.

    Mau ikutan? Hayuuuuk…. Gabung saja di fanpage Tasaro GK Juru Dongeng. Kelasnya gratis dan siapa saja boleh ikut. Sekarang jam kelasnya malah ditambah karena satu jam sebelum kelas kita akan membahas bukuuu.. Seru kan?

5 thoughts on “Kelas Menulis #5plus1 bersama Tasaro GK

    • Nggak kok mbak. Tinggal nyimak doang kok pelajaran yg diberikan. Kalau mau nanya boleh nanya. Kalau dikasih tugas ya kita kerjain🙂
      Ga ada aturan yg neko2🙂 pelajaran2 minggu2 lalu bisa dilihat di status di fanpage itu mbak. Kalau dibaca2 ntar ngerti aja kok gimana cara belajarnya🙂

Leave a Reply

