[Wiskul] Ayam Penyet Suroboyo

Tahu Wong Solo?

Pernah makan di sana?

Saya? Pernah. Bisa dibilang Wong Solo adalah tempat makan favorit saya. Beberapa kali saya makan di sana walaupun mesti ke Banjarbaru, Banjarmasin atau ke Rantau dulu buat makannya. Yah, Wong Solo tidak ada di Barabai saya tercinta. Pernah waktu saya ke Banjarbaru, waktu itu ada acara keluarga di tempat neneknya kakak ipar. Tentu dong kalau ada acara ada makan-makannya. Saya? Kabur bareng teman yang menjemput saya. Makan-makan di Wong Solo.

Kalau dari Banjarmasin atau Banjarbaru naik mobil pribadi, beberapa kali juga saya mampir di Wong Solo Rantau. Baik untuk maem di sana atau dibawa pulang buat makan di rumah.

Yang menjadi favorit saya adalah ayam penyet. Ayam dengan daging yang empuk juga tulangnya yang bisa diemut-emut dipadu dengan krenyes-krenyesnya itu plus dengan sambal yang menggigit… Erggggh… Luar biasa nikmatnya.

Setiap ke sana, tanpa pikir panjang saya langsung mesan ayam penyet komplit.

Maka, ketika hijrah ke Kaltim dan saya menularkan kesukaan saya pada suami berwisata kuliner, saya pengin menunjukkan ke suami makanan favorit saya itu. Tapi sepanjang saya menyusuri jalanan Balikpapan tak pernah sekali pun melihat tulisan Wong Solo terpampang. Masa sih kota sebesar Balikpapan ga ada Wong Solonya? Hehehe… Maka saya pun bertanya ke twitternya @jajananbalikpapan.

Beberapa orang merespon pertanyaannya saya. Kesimpulannya, Wong Solo dulu ada. Tapi sudah ga ada lagi. Yang paling dekat Wong Solo ada di kota tepian Samarinda. Begitu info yang saya dapat.

Tapi, saya menemukan tempat makan yang menurut pengamatan saya pribadi mirip-mirip begitu dengan Wong Solo ada tulisan halalan thoyiban juga seperti Wong Solo. Namanya Ayam Penyet Suroboyo. Berhubung saya kan doyannya ayam penyet, jadi saya pun nagih ke suami buat makan di sana. Dan kemarin waktu ke Balikpapan kami bisa makan di sana.

Ternyata beda pemirsah dengan Wong Solo favorit saya. Di APS, makannya pakai sistem prasmanan. Jadi ketika kita masuk kita ambil nampan dan piring kemudian pilih makanan apa saja yang pengin kita lahap. Beragam makanan terhidang, semua sudah dibumbuin jadi tinggal di eksekusi terakhir aja, digoreng atau diangetin.

Menu yang kami ambil : tempe goreng, tempe penyet, tahu penyet, ayam goreng (penyet juga kali ya) dan bebek goreng. Serta tumis kacang panjang dan oseng-oseng tempe.

IMG-20121117-01318

Ayam, bebek, tahu dan tempe goreng

Oseng Tempe

Oseng Tempe

 

Tumis Kacang Panjang

Tumis Kacang Panjang

Seluruh Hidangan

Seluruh Hidangan

Setelah menu kita ambil, makanan itu diserahkan ke karyawan APS dan selanjutnya kita tinggal duduk menunggu makanan dan tentunya setelah memesan minum juga. Tak lama makanan pun datang dan siap dilahap.

Nyam nyam nyam.. Kami pun menikmati makanan yang tersaji. Sampai tambah nasi karena lauknya masih banyak. Wekekeke…

Nah, itulah yang jadi kelemahan saya kalau berhadapan dengan yang namanya prasmanan, cendrung kemaruk untuk ambil ini ambil itu . Lebih suka dengan makanan yang pakai buku menu dan kita pesan lewat sana. Tambah suka lagi kalau buku menunya ada dicantumin harga jadi bisa dihitung dong bakal berapa yang mau dikeluarkan di dompet.

Kalau kemarin sih… Nebak2 bergembira aja berapa harga masing-masing makanan.

Mau tahu berapa? Ayam goreng (16k), Bebek Goreng (26k), Nasi putih (5k/piring), tumis2an (5k / porsi), tempe goreng (2k) dan tempe juga tahu bumbu (3k).

Murah atau mahal? Relatif dunk
Kata suami, sambalnya di sana nendaaang banget. Walaupun bagi saya Wong Solo tetap juaranya.

9 thoughts on “[Wiskul] Ayam Penyet Suroboyo

  1. ternyata Mba Yanti suka makanan Jawa Timuran ini toh. Huehehehe. Sebagai orang Surabaya dengernya seneng deh. Saran Mba, kalo liburan terbang ke Surabaya, deket kan. DIjamin deh wisata kulinernya lebih mantabh

Leave a Reply

