tentang OYONG

OYONG.

Yah, namanya oyong. Aku lebih mengenalnya sebagai karawila.  Sejenis sayuran yang tak familiar buatku. Hanya sesekali mama menyertakan sayuran itu di sayur bening buatannya, selebihnya banyak tak ada. Terlebih saat mama kena asam urat, sayur bening jadi jarang sekali tersaji di rumah, karena bayam, bisa membuat kadar asam urat mama meninggi.

Aku baru tau kalau sayur itu bahasa Indonesianya adalah oyong sewaktu menonton salah satu sinetron, di mana terceritakan salah satu tokoh di sana sangat menyukai oyong.

Beberapa waktu yang lalu dalam tayangan masterchef Indonesia, Ibu Desi salah satu kontestan MCI berhasil memenangkan salah satu tantangan yang ada dan sebagai hadiah dari kemenangannya itu dia sukses melaju ke babak sepuluh besar dan dia juga mendapat hadiah tambahan, memilih 1 dari 3 bahan makanan buat dimasak oleh peserta yang lain. Ada labu, nangka muda dan oyong.

Siapa sangka kemudian Ibu Desi justru memilih oyong.

Satu bahan yang menurut pengakuan para peserta MCI susah sekali mikirin mau dibikin apa. Karena oyong sendiri lebih sering dipakai sebagai bahan tambahan, bukan bahan utama.

Nah, saat penilaian, beberapa peserta di kritik oleh juri yang menyebutkan oyong hanya tempelan di masakan mereka padahal seharusnya oyong lah yang menjadi bahan utama. Oyong yang seharusnya lebih dominan di masakan tersebut.

Siang ini, saya berhadapan dengan laptop mencoba mengerjakan tugas. Bukan masak lah… kalau masak ngapain di depan laptop? Bisa kok, buat googling nyari resep :p

Tugas yang dimaksud adalah menulis dan ditentukan temanya.  Saya jadi puyeng sendiri.. khawatir kalau tema utama yang dimaksud malah saya tulis sebagai tempelan saja. Bukan inti dari tulisan. Seperti oyong yang dimasak para kontestan MCI itu.

Banyak khawatirnya nih, nulisnya pending mulu.

Eh, nulis ginian kok lancar siiiih? Bakat curhat aja nih

4 thoughts on “tentang OYONG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s