Tahu Isi ‘n Sambal Petis

Waktu mudik kemarin saya tak lupa membawa beberapa hal yang tak saya temukan di Handil atau di Balikpapan, salah satunya sambal petis botolan produksi Martapura Kalsel ini. Karena waktu suami beli gorengan ga ada pakai petis pemirsah, yang ada cuma cabe hijau atau sambal cocolan tomat gitu. Dan saya terbiasa makan gorengan itu pakai petis. Sebenarnya ada sih lihat orang jualan petis di pasar, tapi mesti di masak dulu dan saya malas. Hahahaha….. Terlebih di rumah di Barabai setelah mengenal sambal petis botolan itu udah ga pernah lagi bikin petis sendiri. Karena rasa petis botolan itu yang maknyus punya.

Penampakan Sambal Petis Botolan

Nah, berhubung ada sambal petis botolan makanya saya jadi tergoda deh bikin gorengan. Ada tahu dan tempe juga yang saya beli dari pasar kemarin. Eh… kepikiran deh buat bikin tahu isi, apalagi masih ada taoge alias kecambah di kulkas. Ketika hal itu saya sampaikan ke suami.. wuuiiih… dia ngedukung banget. Katanya dia fansnya tahu isi. Maniak banget, dia ngasih tahu saya step-step buat bikin tuh tahu isi. Selain itu saya juga nyempatin googling resep tahu isi. Hasil googling bikin saya galau karena resep yang beraneka ragam. Akhirnyaaa… sy putuskan buat bikin berdasarkan feeling aja :p

Resepnya…

Tahu, saya belinya 10 potong langsung dimasak semuanya. Digoreng dulu tahunya. Trus potong tengahnya tapi jangan sampai putus.

Isinya cuma pakai kecambah dan wortel. Saya oseng-oseng bareng bawang putih yang dihaluskan garam dan gula juga cabe rawit karena suami suka pedas. Tambahkan air sedikit. Jadi deh bahan isinya. Tinggal ditaruh di dalam tahu.

Celupannya, yang simpel aja… tepung buat ngegoreng ayam gitu kira-kira 2 sdm ditambahin tepung terigu dikasih air sampai kira-kira sedang gitu kental dan cairnya buat bahan celupannya.

Trus tahu yang udah diisi dicelupun ke celupannya baru deh digoreng di minyak panas.
Angkat dan sajikan.
Suami bilang tahu isi ini enak disajikan dengan sambal kacang karena saya juga bawa sambal kacang alias sambal pecel dari Barabai, maka saya juga bikinin buat suami. Tapiiii…. sewaktu dia nyoba pakai sambal petis, katanya jauuuuuh lebih enak dari sambal kacang. Hihihi… Suami malah bilang ntar kalau mudik kita beli sambal petisnya langsung 5 botol. Wakakakaka…. Saking beliau merasa maknyusnya itu. Dan tahu isinya juga dimakan lahap sama beliau, malah saya dapat nilai 10 untuk tahu isi ini. Perfecto. Wakakaka…. serasa ikutan masterchef deh :p

Tahu Isi ala Yanti

3 thoughts on “Tahu Isi ‘n Sambal Petis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s