[Ramadhan] Mendadak Shaum

Saya termasuk yang galau kapan awal Ramadhan dimulai. Hehehe… Beberapa hari yang lalu saya BBM kakak sy di Barabai, bertanya padanya kapan Ramadhan dan dijawabnya “Jum’at”. Tapiii… menjelang hari H saya BBM lagi memastikan apa beneran Jum’at, dia agak meragu dan mal;ah menjawab “Belum tahu”

Akhirnya kemarin saya bilang ke dia kapan kepastian Ramadhan, untuk memberitahu saya. Saya pun kemudian melihat statusnya kalau pihak pesantren (di mana kami selama ini ngaji) mengikuti pengumuman dari Pemerintah. Maka, sepertinya ini kali pertama saya begitu khusyu menantikan hasil sidang karena sebelumnya saya ngikut keputusan pihak pesantren yang biasanya lebih dulu ada keputusan bukan ikut pemerintah.
Bada maghrib saya sudah bersiap buat tarawih, menunggu isya dengan TV dan laptop menyala. Menunggu sidang dan melihat status2 teman2 di FB :p juga BBM kembali kakak saya yang pertama dan kedua. Kakak yang pertama menjawab masih galau juga, tapi katanya dia pengin besok (hari ini) shaumnya. Bagaimana dengan kakak kedua? Jangankan dibalas, BBM saya tak berubah dari D menjadi R. Artinyaa… dia belum baca BBM saya๐Ÿ™‚

Ketika adzan isya berkumandang, saya justru malas buat ke Langgar dan akhirnya bilang ke suami kalau jadi tarawih saya tarawihnya di rumah aja ya karena bukan kah wanita memang lebih afdhol di rumah? *alasan nih* :p

Suami setuju dan berangkat sendiri ke Langgar. Tapi bada isya terdengar ketukan di pintu yang ternyata suami dah pulang.

“Lho kok ga tarawih?” tanya saya.

“Yang lain pada duduk-duduk aja di luar Langgar. Nunggu pengumuman katanya,” Suami menjawab.
Akhirnya kami pun kembali memantau persidangan lewat Tivi. Dan Tradaaaaa…… 1 Ramadhan ditetapkan pemerintah pada hari Sabtu, 21 Juli 2012.ย  Dan tak berapa lama kakak kedua saya BBM bilang kalau di pesantren ikut pemerintah hari sabtu. Oh, baiklah… qta shaumnya sabtu yaaa… walaupun kalau jum’at juga ya saya sudah siapkan buat sahur๐Ÿ™‚
Jam setengah 12 saya mendapati ada BBM masuk ke BB saya, dari kakak kedua yang bilang kalau besok di rumah sudah mulai shaum Ramadhan dan tadi mereka sudah tarawih, sendiri2 di rumah saja. Owowow… BBM ini sontak bikin saya kaget luar biasa. Jadi udah masuk Ramadhan ini? kata kakak sih ada salah satu ustadz yang melihat hilal gitu tapi dia menyerahkan keputusan pada saya dan suami “Terserah aja mau jum’at atau sabtu,” katanya.

Saya pun langsung ngasih tahu suami dan bilang saya belum masak nasi. Tadinya saya jadwalkan masak nasi bada isya, tapi berhubung shaum ga jadi, jadi saya pun batal masak nasi. hehehe…. Kata suami masak nasi aja sekarang, toh ga ditungguin juga masaknya, tinggal nyuci beras dan klik.. sudah deh selesai. Alhamdulillah… kami sudah punya rice cooker๐Ÿ™‚

Akhirnya saya pun beranjak memasak nasi kemudian tidur dan memasang alarm di hape saya dan hape suami. Takut ga bangun. hehehe.,….

Dan jadilah… Hari ini kami memulai shaum Ramadhan.

ู…ูŽุฑุญูŽุจู‹ุง ูŠูŽุงุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู† ู…ูŽุฑุญูŽุจู‹ุง ุดูŽู‡ุฑูŽ ุงู„ุตููŠูŽุงู…

Semoga Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya ya teman2..

Semoga kualitas dan kuantitas amal kebaikan qta bertambah..

Semoga madrasah Ramadhan kali ini membuat qta lebih baik di 11 bulan selanjutnya..

Maaf lahir batin ya untuk semua salah dan khilaf disengaja atau pun tidak..

2 thoughts on “[Ramadhan] Mendadak Shaum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s