Perkedel Kentang maknyusss

Aku mengklaim kalau soto buatan mama adalah soto Banjar terenak di dunia. Hehehe… Soalna tiap ke warung soto Banjar yang ramai diperbincangkan orang dan banyak seleb yang datang selalu deh ngebanding2in sama buatan mama dan kemudian bilang “enakan punya mama deh”


Untuk bahan.. memang agak boros yah.. ayamnya buanyak, telurnya juga buanyak dan ditambah perkedel kentangnya juga buanyak.. Dan menurutku di sana lah letak kelezatan sebuah soto pada perkedel kentangnya itu loh. Soto Banjar tanpa perkedel kentang bagai masakan tanpa garam. Ahaha… lebay deh :p


Nah, berhubung aku cuman dapat jatah bikin perkedel kentangnya, soalna kuah sop sama nasinya mama yang bikin. Daku cuma kena bagian timik2 atawa nekan2 tuh nasi biar padat. Jadinya ini mau share resep perkedel kentangnya. 


Eh, tapi kata si mama, yang beliau bikin itu bukan soto Banjar. Soalna kalau soto Banjar gitu pakai susu kan.. yang mama bikin ga pakai. Jadi bening2 aja deh kuahnya. Tapi berhubung aku asli orang Banjar dan tinggal di Banjar yah boleh dunk ngeklaim kalau itu soto Banjar. Ahaha… maksa ding :p


Oke deh.. ini resep perkedel kentang yang maknyuusss banget deh..


1 kg kentang (dikupas kulitnya bersih, dipotong2 goreng sampai empuuuk.. Jangan sampai masih keras kentangnya bisa berasa ga enak)


Bawang Putih (agak banyak. Mungkin sekitar 2 biji besar itu. Bukan 2 siung loh)


Bawang Merah (sekitar 10 siung kali ya)


Intinya sih ya bawang putih dan merah yang dipakai itu banyak, ga pernah ngitung jumlahnya berapa. Yang putih lebih banyak dari yang merah.


Trus lada (ga ada ukuran khusus juga. Dicoba aja sampai ladanya nendang)


Garam (sama deh dicoba juga)


Sedikit pala yang dihaluskan (jangan banyak2)


Bumbu kaldu instant satu bungkus.


seledri diiris tipis2.


Telur 2 biji.


Cara bikin : goreng kentang, bawang merah dan bawang putih sampai empuk. Haluskan. masukkan garam, lada, bumbu kaldu instant dan seledri. Campur rata. Masukkan sedikit (sekitar setengah biji) kuning telur ke dalam adonan. Ratakan. Dibikin bulat terus dipipihkan. Telur sisanya tadi dikocok lepas. Siapkan minyak panas buat menggoreng, celupkan perkedel ke dalam adonan sebelum masuk ke minyak panas. Tunggu sampai kecoklatan. Angkat tiriskan.


Yang perlu diingat adalah jangan menggoreng terlalu banyak. Kalau numpuk2 gitu perkedelnya bisa pecah. jadi sekali goreng mungkin antar 10-12 perkedel aja (tergantung besar wajannya juga sih).


Selamat mencobašŸ˜€

Perkedel Kentang siap disantap

soto banjar ala mama




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s