Murakata Berdzikir bersama Ustadz Arifin Ilham

Sebelumnya saya sempat ngedumel. Ini kok kabupaten saya milad tapi kalah gitu sama kabupaten tetangga. Kabupaten tetangga ada yang ngundang Ustadz Solmed, Ustadzah Neno Warisman, dll sementara kabupaten saya nihil. Yah, tapi ternyata di awal tahun kabupaten sy memberi sebuah kejutan manis dengan adanya Murakata Berzikir with Ustadz Arifin Ilham.🙂

Saya sih ga mau berprasangka macam2 atau menduga macam2 kalau acara ini adalah pencitraan politik. Hufff… Singkarkan segala syak wasangka itu. Yang pasti saya senang luar biasa ada acara seperti ini di Barabai tercinta. Daripada ngedatangin band2 yang bikin Barabaiku damai tambah gerah.

Acara dijadwalkan bada isya di depan kantor Bupati. Dan semenjak sore hujan mengguyur bumi Murakata. Sempat was-was, sempat bersedih dan sempat bertanya2. Kenapa? Kenapa di saat ada dzikir bersama justru Hujan begitu betahnya. Kenapa saat malam Tahun Baru justru hujan datang dan pergi? Bukan.. sy bukan menggugat Allah tak adil. sama sekali bukan karena sy meyakini penuh2 Allah Maha Adil, sering sy merasa takjub dengan caraNya menjawab segala doa. Tapi terselip ketakutan kalau bumi murakata ini sudah dilanjur (Dilanjur bahasa Indonesianya apa ya?). Saat kemaksiatan atau kesia2an yang diselenggarakan justru dimudahkan, tapi saat kebaikan ada rintangan. Semoga bukan ya. Tapi tak ada salahnya juga kan kita introspeksi sama2. Sama2 bertaubat dan menebar kebaikan. Yuks mariii….

Akhirnyaaa… acara diadakan di pendopo, tapi yaa.. karena pendoponya kecil jadi tak muat dan berjejal. Sangat disayangkan kesigapan panitia kurang dalam hal memilih tempat. Ini kan musim hujan kok milih tempat outdoor? Oke deh, ini kalau pun pilihan outdoor juga ya diberi tenda gitu dunk buat antisipasi Hujan. Pemindahan ke ruang pendopo juga bukan keputusan yang tepat karena ruangannya kecil, sementara masyarakat yang antusias ke majelis Dzikir tetap berangkat walau Hujan. Jadi banyak yang ga kebagian tempat jadinya cuma berdiri.

Kekecewaan terhadap tempat berlangsungnya acara ini seperti dibayar tuntas oleh siraman rohani yang menyejukkan dan seru dari Ustadz Arifin. Beda lah dengan apa yang selama ini disaksikan di TV. Karena tausyiah yang beliau berikan menggunakan Bahasa Banjar. Jadinya lebih gimana gitu…

Kok Bahasa Banjar? Ya iya lah.. Ustadz Arifin kan urang Barabai jua.😀

Pada saat itu beliau menyampaikan kalau beliau punya istri 2 orang. Wuiih… Jangan berdebat. Buat saya sendiri sih ga masalah ketika ada ustadz berpoligami. Kalau istri pertama beliau ridha dan menerima aja kok kita yang mencak2 ga karuan ya kan? Beliau juga menyampaikan ketika mau menikah lagi jangan sembunyi2 tapi harus ada izin. Izin dari orangtua, mertua, istri pertama, anak-anak, Guru juga dari negara. Kata Ustadz Arifin beliau sidang di pengadilan agama untuk mau menikah lagi. Semoga keluarga beliau menjadi Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah.

Ustadz Arifin juga menceritakan tentang proses pernikahan beliau dengan istri pertama. Istri pertama beliau puteri dari ulama besar di Aceh. Waktu beliau di Aceh, beliau bertemu dengan istri beliau itu yang sedang menyuguhkan minuman. Selang 6 bulan beliau bermimpi lagi tentang wanita yang menyuguhkan minuman, menghubungi panitia minta no telepon wanita itu, menghubunginya buat menyampaikan lamaran dan juga kemudian datang ke keluarganya buat melamar.

Karena yang dilamar adalah puteri ulama dari Aceh, beliau membawa 3 kitab hadist saat melamar. Saya mikir, tuh kitab Hadist buat apaan. Ternyataa… itu buat persiapan kalau ditolak. Jadi kalau semisal ditolak, beliau akan memaparkan hadist2 tentang ga boleh menolak lamaran. Ya.. karena alasan apaa gitu menolak kata beliau. Beliau Muslim, bukan Kafir, dll. Cerdas ya caranya. Apalagi beliau ngomongnya pakai Bahasa Banjar. Kocak dan seru. asyik dengarnya.🙂

Tadi malam beliau juga menyampaikan perjalanan dakwah beliau yang sudah ke mana2. Dan waktu istirahat yang sedikit. Subhanallah… sy merasa keciiil. Merasa tak berarti apa2. Merasa belum bisa menebarkan manfaat di bandingkan beliau yang luar biasa pergerakannya. Kata beliau, di dunia ini memang tempat kita beruyuh2 (berlelah-lelah), kapan istirahatnya? nanti di akherat.

Beliau juga menuturkan tentang Abah Guru beliau yang semasa hidup selalu bergerak buat kebaikan. Seperti tak ada istirahat. Ketika makam Abah Guru itu dibongkar, beliau menyaksikan dengan mata kepala sendiri kalau.. jangankan jasad, kain kafan pun masih bersih dan utuh. Subhanallah… Allah Maha Besar.

Dan dalam padatnya kegiatan beliau, dakwah di mana2.. beliau juga tak pernah ketinggalan tilawah minimal satu juz sehari. Whuaaa…. melipir. Maluuu… T_T

Dalam kesempatan tadi malam beliau juga menyampaikan 7 sunnah harian yang menjadi PR bagi saya buat bisa mengamalkannya. Kata beliau, urang Banjar itu suka amalan… jadinya beliau kasih amalan.
Amalan pertama, shalat malam. Sempatkan walau hanya 2 rakaat. Orang yang shalat malam, wajahnya teduh kata beliau.

Amalan kedua, Tilawah. Kaji dan Mengaji Al-Qur’an. Kata beliau baca terjemahnya dulu baru Al-Qur’annya. Jadi kita paham apa yang kita baca.

Amalan ketiga, Shalat Subuh di Mesjid. Sebelum kaki melangkah ke mana2, awali melangkah ke Mesjid dulu. Nah ini khusus untuk kaum Adam. Kaum Hawa ya di rumah aja🙂

Amalan keempat, Shalat Dhuha.

Kelima, bersedekah.

Keenam, hadoh sy lupaaa… keenam apa ya kemarin.. oh ya, menjaga wudhu. Senantiasa berada dalam kondisi berwudhu.

Nah yang ketujuh itu dzikir setiap saat.

7 amalan harian ini juga PR buat saya. Resolusi juga lah di tahun ini🙂

Ustadz Arifin juga memberikan nasehat untuk tidak mendendam, tidak menyimpan dendam dalam hati kita. Duh, sy lupa kata2 yang beliau sampaikan. Tapi kata2 itu sesuatu banget deh buat sy. Pengin sy jadikan status tapi tadi malam masih pengin fokus dengar ceramah beliau. Jadinya malah lupa. Tapi sy rekam kok acara tadi malam, moga rekamannya bersih🙂

Kembali tentang dendam itu, kata beliau dendam itu hanya akan merugikan diri kita sendiri sekalipun kita ada di pihak yang benar. Misalkan kita menjadi orang yang disakiti atau didzolimi, jika kita terus mendendam ya yang rugi diri kita sendiri. Semoga qta dijauhkan dari dendam2an ini yaa… Aamiin…

Terakhir, beliau juga menyampaikan kalau FB beliau dengan ID K. H. Muhammad Arifin Ilham itu beneran FB yang beliau kelola sendiri. Hikmah2 yang tertulis di sana beliau tulis sendiri, hanya saja beliau tak bisa menjawab satu2 komen yang masuk karena saking banyaknya. Tapi terkadang beliau membaca saja komen2 yang masuk itu. Dan menjawab jika ada yang benar2 mendesak buat dijawab.

Yah… inilah laporan saya tentang kegiatan tadi malam. Himung banar bisa ikutan di majelis dzikir ustadz baik hati ini. Semoga acara tadi malam berkah, doa2 diijabah dan dosa2 diampuni.

Aamiin..

Barabai, 140112
di pagi yang syahdu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s