[Maulid] Mengatur Menu

Rabiul Awal tiba… Barabaiku pun semarak lagi..🙂

Alhamdulillah yah kita udah masuk ke bulan Rabiul Awal. Sejak tadi malam saja Barabaiku sudah semarak dan itu berlangsung sebulan ke depan. Dan juga menjadi ancaman buat badanku. Huhuhu…. Bisa tambah gendut. hihihi…

Di rumah rencananya insyaAllah acara maulid akan dilaksanakan Jum’at ini. Hari ke 3 di bulan Rabiul Awal. Dan emang biasanya ngambil hari jum’at di awal bulan. Karena di lingkungan sini orangnya seiprit jadi yaa melaksanakan sendiri aja.

Apa aja menunya? hihihi… Itu pertanyaan kakak ipar kemarin yang bikin sy cerita2.

Mama sih sebenarnya penginnya menunya sate dan sop gitu. Tapi ga bikin sendiri, mesan aja. Dan jadilah beberapa hari yang lalu sy dan mama capcus ke tempat bidikan buat mesan sate. Eh,,,, ternyata ditolak sodara2. Kata tukang satenya harga ayam lagi muahal. Jadi ga berani nerima pesanan. Untungnya dikit. Kata mama gpp deh satu tusuknya dimahalin. Orangnya nanya lagi. Emang mau berapa tusuk? pas mama bilang 700 tusuk, orangnya terbelalak kaget. Dan bilang ga sanggup. Kalau 100 tusuk aja katanya masih sanggup. Dan akhirnya sate batal.

Karena sebelumnya mama sudah mesan itik. Bebek dimasak bumbu merah gitu… jadi mama mikir, apalagi buat nambahin? Akhirnya keluar keputusan daging. Kareh daging gitu deh. Dan udah dipesan mama juga dengan nasinya nasi samin. Nasi saminnya bikin sendiri loh… karena ada banyak bumbu nasi samin di rumah. Daripada kadaluarsa kan mending digunakan aja. Nasi samin ntar juga buat barakat alias buat orang2 yang dikasih bungkusan kalau pulang. Tapi lauknya rencananya bukan kareh daging tapi ayam goreng tepung. Ayam goreng tepungnya juga sebagian mesan dan sebagian bikin sendiri. Mama juga bilang mau bikin nila goreng dan lalapan. Dan sy menyanggupi buat mengolahnya. Malah sempat nawarin bikin pecel, tapi dibatalkan karena dirasakan gawean terlalu banyak.

TAPI RENCANA BERUBAH.

Setelah kk ipar bbm dan sy mengabarkan menu ini dan itu kk ipar bilang kenapa mesan satenya ga lewat beliau aja? Ow.. ow… Beliau pun menawarkan sate dengan harga yang miring. Maklum orang catering. Yang setelah ngomong panjang lebar sama mama lewat telpon akhirnya mama setuju dengan menu sate dan lontong tawaran kk ipar tapi sedikit aja. Jadinya rencana Nila goreng dibatalkan. Mesan ayam goreng tepung juga dibatalkan, goreng2 sendiri aja. Dengan asumsi kalau kekurangan bisa langsung ngacir beli ke tempat orang jualan. Tapi nasi samin tetap kok🙂

Bagaimana dengan wadai?
Awalnya mama mau bingka barandam. Udah dipesan. Eh, bukan mesan. Jadi kita nyerahin bahan ke orangnya dan tinggal ngasih upah buat orang yang bikinin itu. Untuk 10 biji telur upahnya 13 ribu. Mama maunya 50 biji. Dan katanya perlu tepung terigu satu kilogram.

Selain bingka barandam itu sebenarnya mama mau bikin puding juga. Saya udah bikin testernya dan disetujui mama. Waktu itu masak puding gulmer dengan kelapa muda. Tapi rencana bikin puding ini juga dibatalkan karena rencananya kk ipar mau bawakan bubur hintalu karuang.

Tapi mama juga tetap mesan hula-hula buat dimakan keluarga sendiri.

Untuk bunga rampai… hihihi… selain permen sy juga menyertakan wafer. Sempat sih pengin bungkusnya agak special gitu. Tapi harganya mahal. Karena bikinnya banyak jadi yaa pakai plastik biasa aja.Kemarin udah beli permen dan wafer seharga 81 ribu semuanya.

So, kesimpulannya.. *mau cepat2 karena toko udah buka*

Untuk menu utamanya : nasi samin, nasi putih, sate dan lontong, kareh daging, itik bumbu, ayam goreng tepung.

Wadai : Bingka barandam, hintalu karuang dan hula2.

Bunga rampai : permen dan wafer

Buah : Belum beli. rencananya langsat atau rambutan.

Nah itu dulu deh laporan sy buat acara maulid yang insyaAllah diadakan rabu ini. Banyak banget ya? Kalau Maulid aja segitu banyaknya, Bayangin aja gimana banyaknya kalau acara pernikahan ntar. hihihihi….

Barabai, 250112

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s