Tega dan Tegas

Tadi sore nonton berita, tentang sopir angkot di Jakarta yang menolak untuk di tilang karena ga pakai seragam.. Yah.. di Jakarta baru ada aturan kalau tiap sopir angkot mesti pakai seragam dan surat2an lengkap, katanya sih buat meminimalisir kejahatan dalam angkot krn adanya sopir tembak.

Sopir itu beralasan kalau angkutan lagi sepi. So, ga ada uang buat beli seragam.

Dilematis. Di satu sisi sy suka dengan aturan itu, di sisi lain juga kasian kan para sopir angkot yang udah setoran seadanya ditambah lagi dengan aturan harus begini dan begini yang ujung2nya ngabisin duit mereka. Coba gratis ya dikasihnya.

Hal yang beda tapi juga bikin sy dilematis adalah tentang pedagang kaki lima. Waktu ke Singapore kemarin.. Wuiiihhh… sy takjub aja dengan kebersihan dan keteraturan negara kecil itu. Jalanan bersih. Kalau ada sampah toh cuma dedaunan kering yang baru jatuh dari pohon. Selebihnya ga ada tuh sampah2 mesti cuma bungkus permen. Pedagang kaki lima? Ga ada!

Melihat semrawutnya negeri ini dengan pemandangan pedagang kaki lima di pinggir2 jalanan hingga nyebabin macet.. sy bisa terima kenapa perlu ada penertiban2 di sana sini demi sebuah keteraturan. Tapiiii…. Iba juga menyelimuti hati sy ketika mereka yang ingin mencari nafkah di negeri yang udah merdeka ini justru tak bisa merdeka buat mencari nafkah. Terlebih jika melihat aksi para petugas yang bersifat kasar hingga jualan mereka jadi rusak, berantakan dan berhamburan. Teriris2 hati ini. Betapa teganya.

Hufff… Antara tega dan ketegasan.

Tapi, mungkin bisa dicari jalan keluarnya ya. Win-win solutions gitu. Bagaimana agar keteraturan tetap bisa berjalan… mencari nafkah juga bisa dilanjutkan. Bagaimana kedua belah pihak bisa saling memberi dan menerima.

Bagaimana pun sy terus berharap. Negeri tercinta ini bisa lebih bersih, lebih baik dan lebih berkah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s