serpihan masa lalu…

Terusik. sore tadi menjelang buka puasa sy terusik dengan salah satu status seorang ustadz.. statusnya seperti ini…

“Pekan ini saya menjadi nara sumber pesantren kilat di 3 SMA. Sebelum memulai saya selalu bertanya:
“Siapa yang pagi tadi tidak shalat subuh?”. Luar biasa hasilnya, ternyata hampir 50% anak2 SMA di 3 sekolah tsb tidak shalat subuh. Saya jadi …berfikir, inikah produk pendidikan generasi kita? Lalu bagaimana generasi seperti ini ke depan? Saya jadi teringat QS19:59: generasi yg menyia2kan shalat dan menurutkan hawa nafsu.”

ah.. membaca status ini membuat sy terlempar ke beberapa tahun silam, saat masih di kampus. waktu itu masa P2B buat MaBa, di hari Jum’at.

kenyataan yang membuat sy sedih pada saat tengah hari di mana adzan sudah berkumandang dari mesjid Al-Baytar namun masih ada puluhan mahasiswa cowok yang berkeliaran di sekitar gedung serba guna UNLAM.

sy kaget plus panik. kenapa ini? kenapa ga pada ke mesjid?

penasaran sy cegat salah satu dari mereka.

“dari fakultas apa?”
dia menjawab. afwan, nama fakultasnya ga sy sebutkan. selanjutnya terjadi dialog sy dan ‘adek’ itu.

“agama kamu apa?”

“Islam kak”

“kenapa ga shalat Jum’at?”

“celana kotor kak.”

“kenapa ga bawa sarung?”

“ga tau kalau shalatnya di mesjid sini. sy kira disuruh pulang”

“kamu punya jadwal P2B ga?”

“punya”

“bukannya di sana sudah disebutkan kalau untuk mahasiswa cowok shalatnya di mesjid al-Baythar, seharusnya kamu siap2 untuk itu, siapin sarung. atau celana ganti”

dia diam. lantas menjawab.
“yah mau gimana lagi kak. udah adzan juga”

whuaa.. pengin nangis rasanya.. sy ga bisa berbuat apa2 melihat kenyataan lumayan banyak mhsw yang dengan enjoynya tidak shalat Jum’at.
(gaya sy bertanya metal banget yah.. maklum dah tingkat atas :p.. )

Episode Lain.. seorang adik bertanya ke sy..
“kak.. boleh tidak mengqadha shalat.”
sy bertanya “alasannya apa?”

“gini kak.. waktu keluar kuliah dosen A jam 1 siang, langsung masuk ke dosen B. waktunya pas2an, jadi ga sempat buat shalat Dzuhur. biasanya pas keluar dosen B udah masuk waktu ashar. jadi shalat dzuhurnya di qadha aja. boleh ga kak?”

sy berpikir. kesalahan besar dia bertanya ke sy yang tak tahu apa2 tentang agama. tapi karena ditanya, ga enak juga ga ngasih solusi. jd sy jawab begini.

“disempatin shalatnya.. pasti bisa kok. kk juga pernah dapat jadwal mepet ky gitu. habis keluar langsung shalat. kalau dosennya nanya kenapa telat.. bilang aja tadi shalat dulu. ga bakal dimarahin. udah dicoba. bahkan dulu dosennya non muslim. mereka maklum aja. apalagi yang muslim pasti lebih bisa memaklumi.”

“kalau dimarahin gimana kak?” si adek masih bertanya

“lebih baik dosen yang marah kan daripada Allah yang marah”

2 kejadian di atas hanya gambaran sedikit tentang dunia kampus yg pernah sy alami. hal itu lama sekali mengusik sy. ternyata sy tidak sendiri. dalam kesempatan berbincang dengan salah satu dosen agama, beliau juga prihatin terhadap hal yg sama. waktu itu kami membahas mentoring.

beliau bilang “bagaimana mentoring nanti bisa menyadarkan para mahasiswa akan kewajiban shalat. buat ibu jika itu sj sudah sukses sudah merupakan hasil yang baik dari mentoring. sering sedih melihat para mahasiswa yang melalaikan shalatnya”
ah.. sy merasa tak sendiri.

lalu, apa yg sy lakukan untuk itu?
ah.. rasanya lidah ini jadi kelu.. dan sy juga malu.. ternyata belum ada memberikan apa2 untuk itu. sering (atau selalu) malah sy tak ambil peduli.

namun menurut sy faktor penting bagaimana seseorang tidak menyia2kan shalat berawal dari keluarga. kedua orang tua berperan penting di sini. sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulullah tercinta.. “ajarilah seorang anak shalat pada usia 7 tahun, dan pukullah dia jika tak melakukannya pada usia 10 tahun”

sy punya memori khusus tentang hadist ini. sy lupa kapan persisnya kedua orang tua sy mulai menyuruh sy shalat. yg sy ingat pernah suatu hari di usia sy yang lebih 7 tahun namun belum genap 10 tahun, kenakalan masa kecil sy membawa sy tidak mengerjakan shalat. satu kali saja.

namun menimbulkan ‘marah’ abah sy. hingga akhirnya sy melewati proses itu. dipukul. hehe.. malu mengingatnya. sakitkah? sy lupa. yang sy ingat sy sediiiih sekali…. sy menangis sampai tertidur. namun sy di kemudian hari bersyukur sekali pernah mengalami hal itu. sungguh membawa efek luar biasa buat sy ke depannya. itu adalah salah satu episode penting dalam hidup sy🙂
memalukan sih.. tp sy selalu senang mengingatnya😀

jadi, sy pikir emang keluarga punya peran sangat penting, terlebih peran seorang ibu. bukankah madrasah pertama buat anak2 adalah ibu. So.. buat calon ibu.. siapkan diri dengan sebaiknya. agar generasi anak2 qta menjadi generasi yang Rabbani.. aih.. sok banget sih nasehat2in orang.. hoho.. bukan nasehat buat orang lain.. hanya nasehat untuk diri sy sendiri.🙂

Ada pendapat lain?

(hanya sebuah pemikiran… dari seorang yang benar2 miskin ilmu.. jika ada yg salah tolong dibenarkan.. jika ada pendapat lain tolong diutarakan..^__^)

 

*had been posted at FB on 290809*

2 thoughts on “serpihan masa lalu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s