“buka usaha nggak kaya? PERCUMA…!!!”

Review sebuah buku. Tema kesekian yang dipilih teman-teman 3N.. btw.. ne udah tema yang keberapa yah? Lagi malas ngitung nih..🙂

Sebenarnya sih emang punya komitmen gituh.. mengharuskan diri sendiri untuk ngereview setiap buku yang udah selesai di baca, yah.. sekedar untuk bisa mengikat apa yang sudah dibaca.. biar ga lepas begitu aja.

Makanya senang juga waktu Nelly ngasih tema ini sebagai salah satu opsi dan akhirnya teman2 milih tema ini.. sekalian gituh.. sambil ngerjain peer 3N juga peer diri sendiri.. sekali mendayung bisa lewat dua pulau sekaligus.. hoho…

Tapi.. berhubung review kali ini agak special, jadi pengin buku yang di review pun lebih special lah dari biasanya.. pengin yang sedikit beda, walaupun sebenarnya semua buku special kok.. so.. buku apa yah? *mikir.. bingung… bengong*

Novel aja? Udah biasaaaa.. tapi ada novel yang special tuh. Jazirah Cinta nya Randu Alamsyah. Special karena setting ceritanya daerah sendiri, Banjarmasin.. ada cerita tentang Sekumpul lagi.. tapi… tetap aja lagi gak pengin ngereview novel untuk kali ini..

atau komik aja yah… secara abis baca Conan 54 nih.. apalagi ceritanya ada yang keren.. tentang salju.. tentang bintang.. tapi.. kok seram banget yah cerita tentang penghilangan nyawa.. heemmm… dengan sangat menyesal Conan qta eliminasi ajah… T_T

Jadi…. Apa dong yang mau di review??? Beberapa hari yang lalu ada seorang kakak yang menanyakan kepada sy info buku2 tentang bisnis… wew.. pertanyaannya seraaamm… bingung mau jawab apa… jadinya mikir deh… buku tentang bisnis apa yah??

Baru ingat pernah punya satu buku, yang dibeli lebih dari setahun yang lalu, sebenarnya bukan beli untuk keperluan sendiri, mau beliin kakak sy.. tapi dianya sampai sekarang bacanya sedikit2 aja, sy deh yang baca.. daripada mubazir.. bacanya juga dah lama, jadi lupa2 ingat…

Karena pertanyaan dari seorang kakak ituh jadi deh kembali nyentuh tuh buku dan bolak-balik halamannya buat di baca lagi ^^… jadi buku itulah yang pengin sy review.. buku tentang bisnis.. waw.. berat banget yah… ga juga kok.. bukunya ringan aja.. jauh lebih tipis dari Laskar Pelangi atau KCB.. hanya 188 halaman ajah.. isinya juga ga melulu tulisan kok, ada karikatur2 sebagai ilustrasi..

Lalu… apa judul bukunya?

“buka usaha nggak kaya? PERCUMA…!!!”

yang ditulis oleh seorang perencana keuangan Safir Senduk.. si Senduk ini.. ups.. maksudnya Pak Safir ini lumayan sering mejeng di TV.. waktu acaranya AKI tuh.. buat yg sering nonton.. mungkin lumayan familiar ma beliau yang nulis buku ini..

Seperti judulnya. buku ini yah ngebahas tentang itu.. kenapa kalau qta punya usaha gak kaya… karena yang semestinya lazim dalam pikiran orang2 kalau punya usaha kan kaya tuh.. tapi dalam kenyataannya ternyata ga seperti itu.. banyak aja yang buka usaha tapi belum tentu bikin kaya. Why? Si penulis nyebutin 3 sebab..
1. Boros
2. Terlalu banyak keperluan probadi yang mendesak
3. Uangnya tidak diputar
Penjelasan per point baca langsung di bukunya ajah.. terlalu panjang dijelasin di sini…🙂

Trus.. pokok isi dari buku ini.. nyebutin 5 kiat buat para pemilik usaha untuk megelola uangnya biar jadi kaya…🙂.. apa aja kiatnya…

Kiat pertama… Pisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi..
Kiat kedua… kendalikan pemasukan dan pengeluaran anda..
Kiat ketiganya… proteksi.. proteksi.. proteksi..
Kiat keempat.. miliki investasi selain usaha..
Yang kelima… Lakukan analisis Ketika ingin membuka usaha baru…

Penjabaran lengkapnya di bukunya aja yah… bukunya ga terlalu ngebosenin kok.. bahasanya nyantai.. dan ga bikin bete.. tulisan2 di buku ini juga bisa ‘membakar’.. hehe.. maksudnya memotivasi gituh buat buka usaha juga.. 9 dari 10 pintu rezeki itu kan dari berdagang..🙂

Yang paling disenangi dari buku ini, waktu penjabaran dari kiat ke 5… menyampaikan bagaimana qta terkadang ragu banget buat memulai sebuah usaha.. takut ini lah.. khawatir itu lah.. resah kalau bermasalah dan berbagai kendala2 lain yang kerap melingkupi qta..

nah di buku ini sang penulis mengibaratkan ketika qta ingin berbisnis seperti qta ingin belajar berenang.. kalau qta ga nyebur.. seumur hidup qta ga bakalan bisa berenang.. akan banyak ‘penderitaan’ mungkin yang bakal qta alami ketika belajar berenang… tapi kalau udah bisa dan mahir dalam berenang.. wess.. jangan tanya lagi.. samudera hindia pun tak masalah buat qta seberangi.. buaya2 di sungai mahakam pun akan qta tantang.. sungai nil pun akan qta jelajahi… (lebay mode on)

Udah dulu yah repiu nya… ada buku2 sejenis lain dari pak Safir Senduk ini.. buat teman2 yang sekarang ‘terperosok’ jadi karyawan atawa pegawai, buku yang pas kayakna yang judulnya ‘Siapa bilang jadi karyawan gak bisa kaya?’.. buat yang menekuni jadi sales.. yang cocok bukunya pak Safir dengan judul “Profesi Sales harus bikin hidup jadi makmur’.. jiaahh… promosi banget deh gue… mau nagih royalty ah dari yang nulis buku.. :p

Finally… siapa aja yang mau buka usaha.. yuk.. qta doain sama2 biar sukses… kalau dah sukses.. ingat ada hak2 mereka yang berhak yah.. hoho.. pesan sponsor nih.. karena itulah salah seorang Sahabat (lupa nama beliau).. tidak pernah mendoakan saudaranya jadi orang kaya.. tapi mendoakan agar jadi orang yang banyak berzakat… so.. buat siapa saja yang baca ini dan ngasih komen.. mudahan jadi orang yang banyak berzakat.. amin… ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s