twin

Untuk ke sekian kalinya hari ini ada yang bertanya.. “kok foto PPnya bunga? bukan foto sendiri?”.. mendapati pertanyaan seperti itu kadang sy jawab sekedarnya atau memberi jawaban serius. Dan salah satu alasan dari jawaban serius sy adalah karena kemampuan sy menghafal nama lebih baik ketimbang kemampuan sy menghafal wajah. Jadi sy berpikiran toh nama sy aja sudah bisa mewakili kalau “ini loh yanti..”.. tanpa harus melihat fotonya..🙂

Dalam sebuah kesempatan ketika sy harus berhadapan dengan satu kelompok baru.. dan sy disodorkan nama2nya.. begitupun sang pemilik nama ada di hadapan sy.. maka seperti biasa.. sy ingat dengan nama2nya.. tapi wajah mereka? hoho.. diperlukan 1 atau 2 kali pertemuan bahkan lebih untuk sy mengenali wajah mereka. Begitupun dengan teman yang udah luammmaaa banget ga ketemu. *dasarnya emang pelupa kali yaa? hehe… *

Nah… begitupun ketika sy berteman dengan teman yang kembar.. hoho… sy beberapa kali sekelas dengan teman yang kembar.. ga mau kalah dengan Burlian yang punya teman Juni dan Juli. waktu SD sih ga masalah.. karena teman kembar sy itu ga identik banget. mudah banget ngebedainnya.. tapi tidak demikian halnya ketika sy berseragam putih-abu2.. punya teman pindahan yang kembar waktu kelas dua.. dan sampai lulus bahkan sampai sekarang sy tetap belum bisa ngebedain mana yang adek mana yang kakak.

Begitupun sekarang.. ketika ada anak kembar yang mewarnai hari2 di keluarga besar sy. Ikram dan Ilham. Dapat dipastikan sy kesulitan mengenali mana yang namanya Ikram dan mana yang namanya Ilham..

“yang pakai kaos kaki merah itu Ikram… kalau yang make kaos kaki biru itu Ilham.” clue yang diberikan kakak si kembar.. dan tentu sj clue itu hanya bersifat sementara.. begitu kaos kaki dilepas.. ya ga bisa ngenalin lagi.

“Ikram rambutnya lebih tebal dari Ilham ka…” kali ini penjelasan dari Icha. Aq pun serius memperhatikan rambut kedua bayi berusia 8 bulan itu. Hemm… emang sih.. rambut yang satu lebih tebal.. tapi perbedaannya tipissss bangeeet…

“kalau Ikram mukanya bulat.. Ilham lebih runcing..” kali ini penjelasan dari ibunda keduanya. Lagi2 aq serius memperhatikan keduanya.. Whuuaaa… tolooongg… menurut q sama aja tuh mukanya.. emang sih kalau diperhatikan lebih lanjut ada beda dari bentuk wajah.. tapi tetap aja susah ngebedainnya.. :p

“Ilham lebih pendiam.. Ikram lebih agresif.” jelas mamanya Icha tanpa kuminta. Lah? kalau mereka lagi tidur gimana ngebedainnya? hehe… ada ajaaa alasan q untuk sebuah kesulitan membedakan si kembar ini.

“matanya beda yan.” kata seseorang waktu sy perlihatkan foto keduanya. dan menurut sy matanya sama sajaaa.. :p

Tapiii… kalau diperhatikan lebih mendetail.. lebih seksama.. emang beda kok… begitulah kekuasaan Allah SWT.. Dia menciptakan manusia berpasang2an.. eh.. maksudnya.. mencipatakan manusia pasti ada bedanya.. bahkan bermilyar2 manusia yang sedang atau pernah ada di dunia ini punya ciri masing2 yang membedakan yang satu dengan yang lain.

Seidentik bagaimana pun sepasang anak kembar pasti ada bedanya. Bukankah sidik jari tiap manusia itu berbeda yang satu dengan yang lain. Dan semuanya tentu saja tidak sulit karena Dia Maha Kuasa atas segalanya.

Yah.. sepasang anak kembar pun pasti ada bedanya. Begitupun Ikram dan Ilham. artinyaaa… ketika mereka memandang satu sama lain. Apa yang dilihat oleh mereka tak sama persis. tidak sama dengan ketika mereka bercermin.

260210

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s