Kiat Menulis.. ^_^

Tadi malam baca postingannya Kang Iwok Abqary di MP.. tau kan siapa beliau.. yang nulis novel King itu loh.. dan di postingan itu ada kiat2 agar setiap penulis bisa produktif.. sy share di sin ya.. buat teman2 yang punya mimpi jadi penulis…😀

berikut kiatnya… langsung copas aja ya..🙂

kiat saya agar setiap penulis bisa menjadi produktif? semua tidak lepas dari; Niat, [ke]yakin[an], target, dan disiplin.

Setiap orang bisa menjadi penulis produktif, selama :

* Niat sudah bulat kalau kita akan konsisten menulis.

* Yakin kalau saya pun bisa seperti mereka yang sudah produktif. Jangan minder duluan, karena itu akan mematikan semangat dan keyakinan yang sedang kita pupuk. Tanamkan keyakinan; “Orang lain aja bisa, kenapa saya tidak?”

* Membuat target harian (atau per jadwal menulis) bahwa saya akan menulis sekian paragraf/halaman per hari/jadwal menulis. Dengan target ini, kita bahkan bisa menghitung berapa lama sebuah naskah bisa diselesaikan, berapa banyak naskah yang bisa saya tulis dalam sebulan? dua bulan? 6 bulan? setahun?

* Disiplin. Target yang sudah dibuat akan menjadi sia-sia kalau tidak dilaksanakan. Sekali kita melanggar target yang sudah kita susun, maka pelanggaran itu akan terulang lagi di lain kesempatan.

* Berikan reward dan punishment untuk setiap pencapaian target ataupun kegagalan pencapaian target. Bentuknya? silakan atur sendiri. Apa sih yang ingin kita terima kalau kita berhasil mencapai target? Buat punishment yang seimbang agar kita pun nggak mau lagi gagal mencapai target.

* dan lain-lain. (hehehe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s