betapa tidak Banjarnya sy.. :p

Hemm… judul aneh.. sebetulnya tulisan ini tercetus karena comment salah satu sahabat maya sy di review Negeri 5 Menara di MP sy.. dia nanya jauh tidak letak museum Lambung Mangkurat dari tempat tinggal sy.. jangan tanya apa hubungan Negeri 5 menara dengan museum Lambung Mangkurat.. karena emang ga ada hubungannya sih… biasalah komen OOT.

Dan jawaban sy untuk comment teman itu.. jauh. yah.. museum Lambung Mangkurat memang terletak di kota berbeda dengan kota sy.. tapi sy pernah tinggal di kota itu.. di kota yang ada museum lambung Mangkurat selama 4 tahun dengan keperluan kuliah. eh.. benarkan yang di Banjarbaru itu museum Lambung Mangkurat? hehe…

Tapi.. dalam 4 tahun itu tak sekalipun sy pernah ke museum itu.. maksudnya masuk ke dalamnya gituh.. kalau di luarnya atawa di halamannya aja sih pernah dong… dari awal latihan yel P2B juga letaknya di sana.. yang ga pernah itu masuk ke dalamnya. Parah ya? emang…. sebetulnya bukan tak ingin ke sana. keinginan itu ada, bahkan sudah direncanakan.. tapi tetap saja masih belum berjodoh untuk sampai ke sana. Akhirnya sy melewatkan 4 tahun sy di banjarbaru tanpa pernah ke museum. Padahal waktu SD sy pernah merengek minta jalan2 ke sana..

Hal ini kemudian mencuatkan kembali kenangan dalam sebuah perjalanan hati di akhir 2008, saat itu teman2 satu rombongan sy hampir semua berasal dari pulau jawa. Waktu makan siang bareng dan sy duduk satu meja dengan seorang bapak.. beliau dengan antusiasnya menceritakan pada sy tentang pengalaman beliau ke pasar terapung.

Saya dan kakak sy pun pada waktu itu mendengarkan dengan seksama sambil sesekali mengangguk2 dan tersenyum. Di akhir cerita.. ketika bapak itu sudah menyelesaikan ceritanya.. kakak sy berpaling ke sy dan bertanya “pernah ke pasar terapung lah Ti?” dan dengan sumringah sy menjawab pelan “belum”.. hahaha… dan bapak yang semangat cerita tadi terbengong dengan sempurna mendengar jawaban sy..

Lho? kok bisa ga pernah ke pasar terapung? jawabnya sama dengan ke museum.. keinginan itu ada bahkan sudah direncanakan.. waktu itu ketika kami berkumpul di rumah keluarga besar dan berencana esok bada subuh akan sama2 berangkat ke pasar terapung. Namun… karena yang mau berangkat banyak.. dan hampir semuanya ga tepat waktu jadilah rihlah ke Pasar terapung dibatalkan. Karena siap berangkatnya baru sudah jam 7 pagi dan Pasar terapung sesiang itu udah bubar. katanya siiih…

Tapi.. dengan belum pernahnya sy berkunjung kedua tempat itu.. bukan berarti sy bukan urang banjar lho… hehe.. urang banjar asli lah.. hihihi… dan kalau mau berwisata ke Kalimantan Selatan.. sy sarankan untuk jangan lupa berwisata ke Pulau Pinus.. karena tempatnya indah dan sy sudah dua kali ke sana..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s