[Repost dari MP] Kenapa sy bertahan di facebook?

kenapa sy bertahan di facebook? oke.. ada beberapa alasan untuk itu.

Pertama, untuk berhubungan dengan orang2 yang sy kenal. Tak bisa sy pungkiri di fb lah sy mendapatkan banyak info tentang teman2. Misalkan undangan nikah, dll.

Kedua, sy mengikuti sekolah menulis yang aktivitasnya lewat FB. Diskusi dan kegiatannya dilakukan lewat FB.

Ketiga, sy suka gratisan.. hahaha.. dan dari fb sy mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan yang gratisan itu.. misalkan dari berbagai kuis.

Keempat, mendapatkan info. Yah, di fb sy mudah mendapatkan info misalkan lomba nulis. Bukan bermaksud menepikan MP dalam hal ini, tapi di FB buat sy pribadi lebih sering mendapatkan info itu, misalkan dari tag teman2 atau dari grup yang sy ikuti maupun promosi dari pemilik lomba.

Kelima, dari FB juga sy kerap mendapatkan tulisan-tulisan berkualitas. Misalkan dari tulisan pak Hernowo, ustadz Salim A Fillah, mbak Sinta Yudisia dan nama2 lain yang sy tak bisa sebutkan satu persatu atau dari grup yang sy ikuti. Oke.. kalau memang mereka juga memposting tulisan mereka di MP, tapi sy lebih mudah mendapatkannya di FB mungkin karena di MP suka tenggelam sama tulisan teman2 lain yang produktif sekali dalam menulis.

Mungkin ada beberapa alasan lagi yang lepas dari ingatan sy..

Lalu, bagaiman dengan gerahnya qta yang kerap membaca status teman2 yang isinya ngeluuuuh aja.. Jujur sy kadang juga merasa gerah. Tapi sy mendapat nasehat dari mbak Anjar tentang hal ini. Kata beliau lebih baik menyibukkan diri dengan kekurangan2 diri sendiri ketimbang keasyikan mengurusi kekurangan orang lain.

Loh? bagaimana dengan mengajak kepada kebenaran dan mencegah kemunkaran yang terjadi? misalkan kita harus mengingatkan teman yang kerjaannya ngeluh itu. Ingatkan dengan cara yang baik.. mengambil tulisan dari postingan ibu sy (mbak Yanie.. Bu.. izin di share di sini yaa… ^^) :

Dari Imam Syafi’i Diwan Asy Syafi’i,
“Sampaikan nasehatmu dikala aku SENDIRIAN…. Tahanlah nasehatmu untukku ketika dihadapan manusia, karena menyampaikan nasehat dihadapan manusia lainnya adalah memburukkannya, yg mana aku tidak ridho mendengarnya jika nasehatmu menyelisihi diriku dan aku menentang perkataanmu, maka janganlah engkau sedih tatkala nasehatmu TIDAK menghasilkan KETAATAN!”

Kalau masih ga bisa juga toh qta punya pilihan untuk nge-hide segala yang dia posting agar tak muncul lagi di wall qta.. atau remove aja sekalian. Pilihan ada pada diri qta.

Di FB banyak grup2 atau fanpage2 yang ga jelas.. nah itu juga pilihan qta.. mau join atau ga dengan grup itu qta yang memutuskan kan?

Dengan FB membuat hubungan qta dengan teman2 di dunia nyata merenggang. Hemm.. sekali lagi sy rasa ini tergantung qta nya juga. Kalau sy pribadi masih bisa sering saja smsan.. berkunjung ke rumah teman.. jalan dengan beberapa teman di dunia nyata tentunya. Dan sekali lagi itu tergantung qtanya aja.

Di FB suka banyak yang narsis.. sok berdoa lah di status.. trus.. ngasih tau tentang amaliahnya.. hemm.. sy pernah ngebahas ini.. dan qta juga tak bisa menjudge apa maksud dari si pemasang status. Bukankah yang namanya niat hanya Allah yang tau? Kalau sy sekarang mencoba melatih diri untuk berprasangka baik terhadap hal tersebut. Ga mau mikir yang jelek2 (sembari mengingatkan hati agar jangan bandel).. dan sy sekarang senang melihat status2 kayak gitu. Hehehe….

kesimpulan.. sy rasa menggunakan facebook itu adalah pilihan. Yang mau bikin akun di sana silakan.. yang ga mau juga ga ada yang maksa. Ketika pilihan diambil inilah pentingnya MENGHARGAI.

Menggunakan FB dengan cara bagaimana juga pilihan qta. mau updates status tiap jam.. atau mau gimana itu juga pilihan qta. “biar orang lain bahagia dengan caranya sendiri” kata mbak Indria tadi di QN sy.. (izin ngangkut komennya ya mbak.. ^^)

Intinya bebas.. tapi mengambil lagi dari kata2 yang pernah dikatakan mbak Wik (dari ID Adearin) : Kebebasan qta dibatasi oleh hak orang lain.

Lagi pengin “bersin”. Bukan bermaksud untuk ngebalas tulisan siapa2.. hanya mengungkapkan opini dari sy.. maaf jika ada yang tidak berkenan.

 

*had been posted at Mp ‘n FB on 110510*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s