Kopdar dengan mbak Asma Nadia.. :)

Awalnya sih tertarik ketika mendapat info bahwa mbak Asma Nadia bakal datang ke Banjarbaru, tapi mengingat baru minggu kemarin sy ke luar kota, rasanya ga mungkin deh bisa hadir. So.. lewat deh. Untuk mengobati rasa kecewa sy mencoba menghibur diri sendiri, acaranya kan bedah buku tuh, jadi bukan workshop kepenulisan, ya udah deh ga papa ga ikut. Apalagi buku yang dibedah La Tahzan for Jomblo lagi.. jyaaahh.. gue kan ga sedih jadi jomblo, happy2 aja tuch. Hahaha… So.. ga jadi ikutaaan.. !!!

 

Tapi, ternyata ada rencana lain dariNya. Eh, tiba2 sy diminta ke Banjarbaru buat nemenin kakak ipar pulang ke Barabai, dan paginya kakak sy yang kedua juga ada acara di Banjarmasin, So.. sekalian gitu. Pagi berangkat sama kakak, pulangnya sama kakak ipar. Tapiiii… setelah sms beberapa teman, eh.. kok pada ga bisa datang. Hufff.. sudah hampir membatalkan ke Bjbnya, eh.. pas menjelang maghrib salah satu teman menjawab sms saya dan berminat ikut acara itu… Singkat cerita, akhirnya keputusan ke Bjb jadi, dan sy sms panitia untuk mendaftarkan diri bersama Nisa.🙂

 

Waktu sampai ke sana, rada kaget juga siiih.. Ampuuun.. panitia dan pesertanya imut2 banget, hahaha.. angkatan di bawah sy. Celingak celinguk malah ga ada sama sekali yang sy kenal. Tapi ya sudah lah, udah sejauh ini juga. Yang penting ketemu mbak Asma Nadia. :)))

 

Treng.. treng.. acara pun dimulai, mbak Asmanya beneran datang. *serasa mimpi kali yeee*.. Yang dibahas karena judulnya bedah buku La Tahzan for Jomblo, so.. pasti dong tentang jomblo, dan sy berbisik ke Nisa, ini kayakna bukan jomblo buat masa2 qta deh. Hahaha.. kalau boleh diklasifikasikan ada dua masa jomblo, jomblo tujuhbelasan dan jomblo usia rawan.(apa coba??) dan tentu dong kami termasuk di jomblo tujuhbelasan.. *soook imuuutttt… :p*

 

Oke, acara berlanjut, ada penampilan oke dari tim nasyid FK UNLAM. Keren juga nih. Bangga euy yang dulu pernah ada di Kemuslimahan juga..(sok ngaku2) :p

 

Dari perkenalan jati diri mbak Asma, semangat sy digedor2 tuh waktu mbak Asma menjelaskan tentang anak beliau, Putri Salsa a.k.a Chaha. Kata mbak Asma, “jangan biarkan anak ini kaya sendirian.” waktu menyebutkan kisaran penghasilan Chaca sebulan dari MENULIS. :)))

 

Trus, mbak Asma juga sempat ngasih nasehat tentang jilbab. Kata beliau, jilbab itu ringan kok. Ya iyalah ringan, kalau berat, qta ga sanggup makai lagi. Bayangin aja kalau beratnya jilbab 5 kg, duh kebayang ga sih gimana qta bisa makainya. So, jilbab itu ringan, kenapa qta jadi berat makainya? bukankah Jilbab itu adalah aturan dari Allah, lalu kenapa hati qta ga lapang menerima aturan Allah? *ini rasanya waktu ngebahas buku Jilbab treveler ya? Lupaaa… :p*

 

Masuk ke tema utama tentang JOMBLO. Pertama sih, mbak Asma mengajak kita untuk menggunakan masa jomblo sebelum bisa menikah. pertama nih, teropong diri qta dan bikin list.

maksudnya.. teropong diri qta, apa sih kelebihan qta yang bisa qta kembangkan.. nah, habis qta tau kalau qta punya kelebihan di mana, asah (kayak pisau :p) dan kembangkan biar berbunga dan bisa dipetik. Kemampuan qta dalam bidang tertentu itu harus qta kembangkan sedemian rupa karena qta masih belum direpotkan dengan urusan rumah tangga. Trus, Gunakan waktu luang untuk kegiatan possitif, bergaulah dengan teman2 yang punya nilai plus. Bergaul dengan teman yang punya nilai plus membuat qta juga ingin berlari mengejar. Tak hanya diam di tempat.

 

Menggunakan masa jomblo sebelum bisa menikah juga bisa kita gunakan dengan mengenali keluarga qta dengan lebih baik. Berakrab2 ria dengan mereka. Karena qta tidak akan pernah tau berapa lama lagi waktu yang qta punya untuk mereka. Usia qta itu sangat rapuh.

 

Lalu, bagaimana dengan jomblo.. yang.. emmm.. rasanya kok ga ada tanda2 bakalan pensiun jadi jomblo. Nah, mbak Asma punya tips nih. Cekidoot..

 

  • Pertama, Evaluasi Penampilan.

Kalau bicara tentang hal ini tadi. Mbak Asma banyak mengambil bahan dari buku Jangan Jadi Muslimah Nyebelin. So, silakan baca buku itu. :)))

 

  • Kedua, Perhatikan sikapmu.

Yang ini juga udah dikupas tuntas di buku Jangan Jadi Muslimah Nyebelin. :p

 

  • Ketiga, Jomblo karena ga punya teman?

Nah, kalau alasannya karena ini, sekarang kan dah banyak tuh jejaring sosial. Tapi pliiis.. jangan pasang status lebaaay.. Seakan qta putus asa menanti. Nyantai saja lah. Akan tiba saatnya. *sayang euy lupa status yang dicontohkan mbak Asma tadi. Lupa nyatat :p*

 

  • Trus, tingkatkan ketaqwaan.

Dah pada hafal donk dengan “muslimah yang baik untuk muslim yang baik”… sy nulis kayak gini, ntar ada yang bilang lagi..”emang meningkatkan ketaqwaan niatnya buat dapat jodoh aja???”.. eh.. ga donk.. meningkatkan ketaqwaan itu, siapa tahu saat jodoh belum datang, qta udah dipanggil olehNya. Oya, meningkatkan ketaqwaan itu juga agar saat kondisi itu datang qta sudah siap. *nasehat pentiiiing untuk diri sendiriii.. *

 

  • Trus, tanya deh ke diri qta, apa selama ini qta terlalu pemilih?

Mbak Asma mencontohkan tentang seorang muslimah, cantik.. cerdas.. intinya oke lah. Tapi kok masih jomblo??? Soalna yang datang ga sesuai dengan kriteria terus siiih. So, jangan jadikan kriteria sebagai harga mati!!!

 

  • Jomblo karena belum siap?

Solusinya gampang… cari deh qta ga siapnya di mana.. setelah itu? Ya siapkan biar siap. hehehe…

 

  • Jomblo karena belum dapat SIM

Kamsudnya Surat Izin Menikah dari ortu. Kalau ini tips dari mbak Asma, lakukanlah pendakatan ke orangtua. Pendekatan yang pelan-pelan saja. Biar lambat asal Selamat. Kalau bisa ya.. lebih cepat lebih baik. Lanjutkan… :p

 

  • Jomblo karena nyaman

Hayooo… ini alasan siapa? Kalau untuk yang ini mbak Asma meyakinkan kita dengan sepenuh hati, “percayalah menikah lebih baik”.. hahaha.. no comment deh :p

 

Trus.. ada lagi nih alasan terakhir. Udah pengin nikah. Orangtua udah setuju. Camer pun restu.. Trusss.. apa masalahnyaaa???

 

Tapiiii… Ikhwannya ga mauuuuuu… T_T…. Jadi gimana donk???? *lirik2 seseorang di Negeri Kanguru* :p

 

 

Pembahasan berlanjut.. Kenapa sih qta masih ngejomblo???

Penjelasan mbak Asma, mungkin qta belum sesiap yang qta duga, atau qta perlu persiapan lebih matang atau bisa juga Allah mempersiapkan calon yang jauuuh lebih baik. Intinyaa… Allah yang paling tau kapan waktu terbaik untuk qta. Allah yang paling tau kapan waktu yang paling pas buat qta. Yuk, sama2 berprasangka baik padaNya.🙂

 

Huufff… udah panjang betul ya.. apa lagi yaa… Oya.. sy juga tertarik dengan cerita mbak Asma dan pesan mbak Asma kepada qta perempuan. Pesannya TINGKATKAN KADAR LOGIKA KITA.. (duileee.. pakai huruf besar semua.. :p)

pada bagian ini mbak Asma nanya, apa sih yang qta lakukan kalau pernikahan qta udah di depan mata, gedung sudah di pesan, catering juga.. undangan sudah disebar ke mana2.. eh, tiba2 si calon suami malah ngebatalin semuanya. Bagaimana reaksi qta??? Menangis 7 hari 7 malam?? ngumpet di kamar mandi ga keluar2??? Jangan lakukan itu semua! Menangislah jika ingin menangis, tapi jangan kelamaan. Satu malam saja cukup. Besoknya qta datangi mantan calon qta itu. Tanya apa alasannya membatalkan.. Dan dapat dipastikan dia akan mengemukakan alasan2.. Oke, qta terima alasannya. Tapiii.. jangan lupa bawa kuitansi untuk pembayaran gedung, catering dll yang dibatalkan tadi, dan minta dia mengganti semuanyaa.. Setidaknya jika dalam posisi itu, qta telah menyelamatkan uang qta walau hati patah dan berdarah2.. :))))

 

Duh, ceritanya jadi gariiing.. :p

 

Intinya, senang deh hari ini bisa ikut acara bedah buku yang dilaksanakan oleh divisi Kemuslimahan FSI Ulul Albab. Apalagi sempat ngobrol2 dengan mbak Asma. Walaupun ngobrolnya singkat tapi memotivasi… dan fotonya ternyata ga jelas.. :)))

 

*had been posted at Mp ‘n FB on 161010*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s