SKETSA (Novel berlatar dunia arsitektur dan properti)

Sama seperti dengan pendahulunya Diorama Sepasang Al Banna dan Dilatasi Memori, Sketsa juga sukses bikin saya terpesona.. keren banget…

 

Tokoh utama Sketsa bernama Katarina, yang bisa dipanggil Katrin, Keket (kayak model itu ya?), Rina atau Ina, tapi saya lebih suka memanggilnya Katrin ^^. Cerita bermula dari kehebohan di kantor Katrin. Apa pasal? Desain yang dikerjakan Katrin dengan susah payah ternyata telah berbentuk menjadi sebuah bangunan utuh, bukan lagi sebuah sketsa. Tapi masalahnya adalah… Katrin tidak terlibat sama sekali dengan pembangunan bangunan itu. Intinya : Desainnya dibajak!

 

Hal ini membuat Katrin geram dan berniat untuk membalas segala ketidak adilan yang dia terima. Dia pun ingin menghancurkan perusahaan pencuri desainnya dari dalam. Maka masuklah Katrin ke PT. Semesta. Berhasilkah Katrin balas dendam? Huhuhu… tidaaaak.. Katrin malah menemukan sang belahan jiwanya di sana, seorang direktur keuangan bernama Edwin. Parahnya, perasaan Katrin tak bertepuk sebelah tangan. Edwin juga mempunyai perasaan yang sama dengan Katrin. Asyik dong? Siapa bilang.. coba dengar suara hati Katrin :

 

Hancurkan tubuhku, jadikan tulang rusuk

Kau akan dapatkan, begitu tepat menempatinya

Di lubang tempat satu rusukmu menghilang

Tapi..

Semua itu tak mungkin lagi

Bahkan untuk sepersil lahan di hati

Demi menyemai perasaan ini

Karena aku..

Tak lagi sendiri..

 

Uhuk… ternyata Cinta datang terlambat. Katrin sudah bersuami, begitu pun Edwin yang juga tak lagi sendiri. Kemudian bagaimana? Salut dengan Katrin yang memutuskan untuk mempertahankan komitmen pernikahannya. Sebuah pernikahan yang dulu diputuskannya dengan sadar.

 

Semua yang menyedihkan akan terlupa

Semua lubang akan ia tambal

Semua celah akan ia tutup

Bangunan pernikahan ini akan menjadi kokoh.

 

Berhasilkah Katarina mengukuhkan pernikahannya? Di tengah hatinya yang justru terpesona dengan pria lain? Udah ah ceritanya.. udah spoiler inih :p

 

 

Catatan saya tentang SKETSA :

Suka bangeeettt… Terpesona abis dengan cara mbak Ari Nur menyuguhkan cerita ini. Kereeennn… Puitis romantis.. tapi apa ya.. ada bagian di mana kita juga bisa dibikin senyum, ketawa-ketiwi. Segar deh bacanya. Hal yang bikin segar cerita tapi dibuat secara alamiii sekali. Jadi ga terkesan dibuat-buat gitu. :p

 

Saya juga suka dengan pola hubungan antara Katrin dan Edwin. Suka persahabatan antara Sonya dan Katrin. Suka dialog2 antara Andri dan Katrin (sipil vs arsitek), suka kejutan2 yang dihadirkan di setiap lembarnya, suka alurnya, suka karakter tokohnya, terutama Edwin. wkwkwk….

 

Oya, Satu hal yang menjadi catatan saya adalah saat Katrin menceritakan prosesnya menikah.  Katrin mungkin sama dengan perempuan manapun, persoalan terbesar adalah umur, yang makin lama makin menghimpit seperti deadline pengumpulan tugas akhir.

 

Akhirnya setelah lelah dengan segala “desakan-desakan” dari berbagai pihak.  Katrin pun memilih Menerima sebuah lamaran dengan sadar. Keputusan menikah yang dia ambil adalah keputusan yang diambil secara sadar. Sadar bahwa ia cukup dewasa dan harus menikah. Sadar bahwa ia belum mencintai dan berharap cinta akan datang setelah pernikahan.

 

Berapa banyak orang yang mengambil keputusan sadar seperti Katrin?

 

Novel ini dikatakan berlatar dunia arsitektur dan properti, sehingga dengan latar itu membuat saya memberikan nilai plus lagi untuk novel ini. Jadi berapa bintang yang disematkan? Lima dong :))

 

Kutipan dari Sketsa :

Tak ada yang perlu disesali. Hidup selalu bergerak ke depan. Ada hal-hal tertentu yang barangkali selamanya akan menjadi masa lalu. Hanya terukir di atas prasasti ataupun gua-gua batu.

 

Kejeniusan itu bukan hanya masalah otak, tapi juga hati. Bukan hanya pintar, tapi juga pandai menyelami perasaan orang lain.

 

Ketika hati mampu mensyukuri segala yang diberikanNya, selama itu berada di jalur yang benar, itulah bahagia. Kebahagiaan tak perlu menunggu waktu. Tak perlu memakai target

 

 

Judul : Sketsa

Penulis : Ari Nur Utami

Penerbit : Frenari

Tahun : 2011

 

 

*review seadanya.. *

*had been posted at Mp ‘n FB on 060411*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s