Sebuah Film dan Sebuah Buku “La Tahzan for Teachers”

Saya pernah nonton sebuah film, entah apa judulnya. Film itu saya tonton di suatu siang di HBO. Film tersebut bercerita tentang seorang gadis kecil. Dia suka sekali menulis. Dia menulis di sebuah buku. Suatu ketika, teman-temannya membaca isi buku itu. Yang ternyata berisi pendapatnya tentang teman2nya dan yang dikatakannya tentang temannya itu jelek-jelek semua. Tidak hanya yang menjadi musuhnya dia tuliskan kejelekannya, tapi juga teman-teman baiknya yang berakibat dia dijauhi teman2nya itu. Dia menjadi sendiri.

 

Kebiasaannya menulis pun juga meresahkan orangtua dan gurunya. Ortunya menyita buku yang biasa dia pakai buat menulis. “Ambil saja. Aku akan menjadikan buku lain sebagai tempat aku menulis,” begitu katanya. Di sekolah, sang Guru pun mengawasi dengan sangat teliti agar gadis kecil itu tak bisa menulis lagi, juga menyita apa saja yang bisa menjadi alat si gadis kecil menulis.

 

Tapi tetap saja itu tak bisa menghentikan desakan2 yang timbul dari diri gadis kecil itu untuk terus menulis. Merasa kepayahan, akhirnya orangtuanya membawa puteri mereka ke seorang psikolog, dan ternyataaa… si psikolog bilang tidak ada keanehan dengan puteri mereka. Justru puteri mereka itu cerdas dan suatu saat jika minat dan bakatnya dikembangkan dia kan menjadi seorang penulis best seller.

 

Setelah itu.. orangtuanya pun mendukung sang anak untuk terus menulis. Begitupun guru di sekolahnya. Bla.. bla.. bla… Karena ada agenda yang mesti saya selesaikan waktu itu yang mengharuskan saya untuk beranjak dari depan TV, jadinya saya tidak menontonnya sampai selesai. Jadi ga tau deh endingnya gimana.

 

Saya jadi kepikiran lagi sama tuh film ketika membaca buku La Tahzan for Teachers yang ditulis oleh mbak Irmayanti dan mbak Gita Lovusa. Terutama pada cerita tentang Herman dan Arlan. Herman dan Arlan adalah sosok murid yang tidak menonjol secara akademis, tapi guru mereka melihat kalau Herman dan Arlan itu adalah anak yang cerdas, sayangnya kecerdasan yang mereka miliki tak ada kolomnya di buku rapor.

 

Setiap orang itu sebenarnya cerdas. Tapi mereka punya kecerdasan yang berbeda-beda. Di buku itu dijabarkan tentang multiple Intelligence, bermacam2 kecerdasan yang dikembangkan oleh Prof. Herward Gardner yang mengatakan bahwa setiap orang memiliki bermacam-macam kecerdasan, tetapi dengan kadar pengembangan yang berbeda.

 

Menurutnya dalam setiap diri manusia ada delapan macam kecerdasan :

1. kecerdasan Verbal – Linguistik

2. Kecerdasan logic matematik

3. Kecerdasan visual dan spasial

4. Kecerdasan musik

5. Kecerdasan Interpersonal

6. Kecerdasan Intrapersonal

7. Kecerdasan kinestetik

8. Kecerdasan naturalis

 

Setiap orang mempunyai kapasitas dalam delapan kecerdasan yang berfungsi bersamaan dengan cara yang berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang sangat berkembang dalam sejumlah kecerdasan, cukup berkembang dalam kecerdasan tertentu, relatif agak terbelakang dalam kecerdasan lain.

 

Sama halnya dengan gadis kecil di film itu, dia sebenarnya cerdas secara verbal, apa jadinya jika seandainya kecerdasannya itu justru tidak bisa berkembang dan dianggap keanehan oleh orang2 di sekitarnya. Itulah yang dijelaskan di buku La Tahzan for Teachers, bagaimana seorang Guru bisa ‘menangkap’ kecerdasan yang dimiliki murid-muridnya. Bukan tugas Guru aja, orangtua juga kali yaa…

 

Selain bicara tentang kecerdasan2 tersebut, buku ini juga memuat banyak hal, ada bagian nyesaknya juga sih.. saat2 mengemukakan masalah2 yang dialami murid, dari yang suka melukai dirinya sendiri, suka ngamuk sampai yang terjebak dalam pergaulan bebas. Buku ini juga menceritakan bagaimana seorang Guru pengin menumbuhkan minat belajar siswa2nya. Dan juga ada analisis psikologis untuk setiap masalah yang dikemukakan. Buku yang bagus. Memang pas buat dibaca oleh para Guru.

 

*had been posted at Mp ‘n FB on 130611*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s