Panduan Sukses Orang Indonesia di Jepang

Jepang termasuk negara yang saya kenal lebih awal dibanding negara-negara lain, tapi tentang Jepang yang saya tahu sedari kecil ya yang jelek-jeleknya aja. Misalkan Jepang itu negara penjajah yang menjajah negeri kita selama 3,5 tahun tapi lebih kejam dari Belanda yang menjajah selama 350 tahun. Jepang Negara yang sombong, karena Jepang negara pertama yang kena sinar matahari di dunia ini mereka mengklaim kalau negeri mereka paling hebat. Tapiii… seiring berjalan waktu saya makin mengetahui tentang apa dan bagaimana Jepang sesungguhnya, terlebih setelah membaca sebuah buku berjudul : Panduan Sukses Orang Indonesia di Jepang.

Waktu awal baca judulnya saya langsung berpikir tentang apakah buku ini? Apa buku ini memuat cerita-cerita orang Indonesia yang sukses dengan gemilang di Jepang? Karier mereka atau sekolah mereka sukses gitu di Jepang? Jyaaaahhh… ternyata bukan. Sukses kan bukan hanya diibaratkan sebagai orang yang kariernya melambung dengan gaji tinggi atau para pelajar yang lulus dengan predikat cumlaude.

Maksud buku ini, bagaimana memandu kita agar sukses mempersiapkan segala sesuatunya ketika ingin berangkat ke Jepang dan setelah berada di Jepang. Eh, mau ke Jepang ga sama dong kalau pengin berangkat ke Bandung. Ya iya lah.. Jepang kan bukan bagian dari Negara kita. Udah luar negeri choy… jadinya perlu setumpuk dokumen, surat-surat biar kita bisa masuk ke Jepang. Apa aja siiih? Komplit di sajikan di buku ini. Btw, setelah saya baca ribet juga ya ngurus surat-suratan itu. Heuheu.. maklum ga pernah ngurus yang begitu-begitu.

Selain persiapan dokumen juga perlu persiapan lain, semisal apa yang harus kita lakukan dengan barang-barang kita di tanah air jika ingin menetap beberapa lama di Jepang? Apa yang harus kita lakukan dengan rumah, kendaraan dan pekerjaan. Apakah rumah kita perlu diangkut juga ke Jepang? :p

Daaan…. setelah semua persiapan beres, saatnya terbang ke Jepang dan buku ini kembali memandu kita buat sukses hidup di jepang salah satu yang terpenting nih sukses mencari penginapan atau tempat tinggal. Penginapan? Ya iya lah, masa mau jadi gelandangan di sana. Selain penginapan atawa tempat tinggal, buku ini juga memberikan panduan untuk sukses cari makanan halal, sukses menghadapi gempa dan seabrek tips sukses yang lainnya sampai tips sukses melahirkan di Jepang.

Buku ini semakin komplit dengan adanya informasi tempat Hang Out yang keren di Jepang. Duuuh, beneran ngiler deh pengin ber-Hanami di Jepang.

Di buku ini juga ada peta Jepang lho. Kita jadi tahu di mana letak pusat gempa dan tsunami Jepang kemarin, di mana Chiba tempat penulis buku ini tinggal, di mana Fukushima yang jadi tenar setelah reactor nuklir di sana bocor.

Dan yang terpenting adalah saat kita udah tergiur dengan berbagai hal tentang Jepang, kemudian bikin kita jadi pengiiiin banget ke sana dan bertanya-tanya gimana caranya biar bisa ke sana? Apa sih peluang yang bisa kita manfaatkan buat bisa ke Jepang? Sekolah? Training? Bekerja? Kerja apa aja? Intip aja di buku ini.

Saya padahal berharap dapat menemukan banyak pengalaman-pengalaman penulisnya selama tinggal di Jepang misalkan waktu terkecoh dengan harga gula yang murah, eh taunya yang dibeli itu garam. Tapi sayang, pengalaman penulis yang saya dapatkan di buku ini sedikit banget. Berharap penulis bisa melahirkan buku lain yang berisi tentang pengalaman-pengalaman keseharian beliau selama tinggal di Jepang.

Data buku

Judul : Panduan Sukses Orang Indonesia di Jepang

Penulis : Nurul Asmayani

Penerbit : Be First, Yogyakarta

Tahun : 2011

Tebal : 192 halaman + viii

*had been posted at Mp ‘n FB on 180411*

***

Review ini diikutsertakan di lomba review penulisnya dan dakuw menaaaang…. Horeee… Alhamdulillah ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s