New Heart (Idealisme seorang dokter)

“Tugas kita sebagai dokter sudah selesai, selanjutnya serahkan pada Sang Pemilik Takdir,” dokter Choi menepuk pundak rekan kerjanya yang tampak shock dan lunglai mendapati pasiennya terbujur kaku dengan jantung yang berhenti berdetak di depannya. Itu adalah salah satu adegan di drama Korea yang berjudul New Heart. Sebuah drama yang membuat sy tertarik, terpukau dan terpesona saat pertama kali melihatnya. Kereeen…

 

Mengambil setting Rumah Sakit, New Heart memang bercerita tentang para dokter di departemen Toraks sebuah rumah sakit beken di Korea. Berbagai kasus penyakit terutama jantung hadir di sana.. dengan berbagai masalah yang ada. Yang membuat sy salut adalah bagaimana idealisme seorang dokter digambarkan di sini. Kalau tugas utama dokter itu adalah menolong pasien. Tak peduli apapun keadaannya. Tak peduli pasien itu punya biaya atau tidak, tak peduli pasien itu adalah seseorang yang sangat dibencinya.

 

Dan bagaimana menempatkan pasien sama rata, tanpa melihat status sosialnya. Sempat ada cerita di mana ada pasien sekarat, dan pada waktu yang sama itu adalah jadwal operasi satu pasien penting, ketua dewan apa gituu… Maka dokter Choi pun menunda operasi orang penting itu karena ada pasien lain yang jauh lebih memerlukan penanganan saat itu. “Bagiku semua pasien sama. Yang mana yang lebih membutuhkan pertolongan, itu yang lebih dulu harus ditolong, tidak ada yang namanya orang penting.”

 

Menonton New Heart kita disuguhkan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan medis, terutama operasi. darah muncrat jadi pemandangan yang biasa. Tapi kok sy suka ya? hehe… biasanya suka ngeri lihat yang begituan. Malahan ada kasus di mana jantung dikeluarkan dari tempatnya dan kemudian dimasukkan lagi. Wow… Kalau tidak salah waktu itu buat mengangkat tumor yang ada di Jantung.

 

Drama ini dipermanis dengan berbagai konflik yang mengiringi kehidupan para dokternya. Ada yang sesama dokter saling jatuh cinta. Dan juga istri dan kekasih dokter yang tidak tahan mendampingi karena lebih memilih pasien ketimbang keluarga sendiri. Huhuhu… Dilematis juga.

 

Belum lagi tak semua dokter di rumah sakit tersebut yang begitu idealis.. ada juga yang hanya memikirkan bisnis dan peningkatan kariernya. Dan terjadi persaingan juga antara dua hal tersebut, hingga sang kepala perawat sempat berseloroh tentang dokter Choi yang idealis seperti ini. “Dia itu dokter hebat. Sayang musuhnya juga banyak.”

 

“Saya tidak bisa hanya berdiam diri di sini, menyaksikan pasien yang sekarat perlahan-lahan mati tanpa melakukan tindakan apa-apa. Sy seorang dokter,”  salah satu adegan lagi. Di mana dokter Lee yang masih minim pengalaman memberanikan diri mengoperasi pasien, walaupun sudah diingatkan kalau pasien itu sampai mati maka dia akan dipecat.

 

Aaaa… terlalu banyak hal yang ingin sy ceritakan terkait drama yang satu ini. Intinyaa… sy suka

Waktu googling tentang New Heart sy menemukan kalimat seperti ini dari yang pernah menontonnya, “New Heart selayaknya ditonton oleh mereka yang bekerja di bidang medis.” .. Sepakat.. ^^

 

Katanyaa… untuk membuat drama ini, penulis skenarionya sampai belajar tentang kedokteran di salah satu rumah sakit di Singapore.

*had been posted at Mp ‘n FB on 180311*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s