Novel paling berkesan tentang IBU

Beragam tulisan, apresiasi tentang Ibu hari ini bertebaran di mana-mana.. Dan, yanti pun tak ingin ketinggalan. wkwkwk… Maka hari ini, ada yang menanyakan ke saya “Yan, kasih referensi dunk novel yang bercerita tentang Ibu?”.. Sesaat setelah pertanyaan itu terlontar beberapa novel berpendar-pendar dalam alam pikir saya. Tapi.. tetap novel itu juaranya.

Novel apa gerangan? Sebelum dijawab ada pertanyaan lagi.. emang siapa yang bertanya yanti? Ahaha… pertanyaan menarik. Yang bertanya adalah saya sendiri dan yang menjawab pun adalah saya. Wkwkwwk…

Kembali ke novel tersebut, novel yang saya maksud berjudul ADA RINDU DI MATA PERI yang kemudian, bertahun-tahun kemudian di revisi kembali oleh penulisnya mbak Asma Nadia dengan judul CINTA DI UJUNG SAJADAH. Berhubung yang saya punya dan baca edisi revisinya.. maka ceritanya memakai nama tokoh yang ada di edisi revisi.

Novel ini bercerita tentang seorang gadis muda, masih SMU bernama Cinta (bukan Cinta Laura).. Seumur hidup Cinta dibalut oleh kerinduan yang teramat besar terhadap sosok Ibu. Jangankan bertemu dan bisa memeluk Ibunya, Cinta bahkan tak bisa melukis wajah Ibunya dalam pikirannya. Kenapa? Karena ada yang menhapus jejak-jejak Ibunya dalam hidup Cinta. Tidak ada selembar foto pun yang bisa memberikan penerangan pada Cinta bagaimana raut wajah sang Ibu.

Tapi Cinta rindu.. Rindu sekali.. Lewat hobby memotretnya Cinta pun mempunyai koleksi foto-foto, foto apakah? Foto teman-temannya dengan Ibu masing-masing. Foto ketika Ibu teman-temannya itu memandang anak mereka dengan tatapan penuh cinta, penuh kasih.. Cinta tak pernah mendapatkan tatapan seperti itu dari Ibunya.

Suatu ketika Cinta mendapatkan sebuah kenyataan kalau ada tiga hal yang tidak akan terputus walaupun seseorang itu telah tiada. Diantaranya anak yang sholeh. Mendengar hal tersebut Cinta berniat penuh-penuh ingin menjadi anak yang sholeh. Dia ingin mempersembahkan bakti terbaiknya buat sang Ibu, walaupun sosok Ibu tak pernah singgah dalam ingatannya tapi dia meyakini penuh-penuh kalau Ibunya berhak mendapatkan bakti terbaik.

Bagaimana caranya? Cinta berpikirr.. dan hasil pemikirannya itu membuat satu keputusan besar dalam hidupnya. Berjilbab. Yah.. Cinta ingin menjalankan KEWAJIBANnya sebagai seorang muslimah dengan menutup yang memang diwajibkan buat ditutupi. Cinta melaksanakan niatnya itu pada hari Ulang tahunnya, dan di hari ulang tahunnya itu jualah Cinta mendapatkan titik terang siapa Ibunya dan ternyata Ibunya ADA.

Dengan rindu yang teramat besar pada sang Ibu, Cinta pun memutuskan mencari Ibunya. Dalm proses pencariannya itu Cinta senang.. karena mendapati orang-orang yang mengenal Ibunya artinya Ibunya benar-benar ada, tapi Cinta juga berusaha menutup telinganya dari berita miring yang disampaikan orang-orang tentang sang Ibu.

Sekelam apapun masa lalu sang Ibu, sehitam apapun dunia sang Ibu.. Wanita itu tetap Ibunya, Ibu yang mengandungnya selama 9 bulan dan berjuang antara hidup dan mati ketika melahirkannya. Cinta tetap ingin menemui Ibunya, ingin menatap wajah Ibunya, Ingin mencium takzim tangan Ibunya dan ingin merasakan pelukan hangat Ibunya.

Akhirnyaa… berhasilkah Cinta bertemu sang Ibu? Ending novel ini begitu penuh kejutan.

Novel ini termasuk novel favorit saya yang ketika membacanya membuat saya berderai-derai, membuat saya bersyukur.. membuat saya terpekur. Cara mbak Asma dalam menlis buku ini juga teope begete. Sukses mengaduk-aduk emosi.

Entah sudah berapa kali saya menuliskan tentang novel ini.. Begitu di googling, yang keluar malah postingan saya sendiri. Wkwkwk… Novel bagus emang pantas ditulis berkali2…

*had been posted at Mp ‘n FB on 211210*

2 thoughts on “Novel paling berkesan tentang IBU

  1. asw, dik izin quote testimonimu ya, di sini utk edisi republish cinta di ujung sajadah insya allah diterbitkan republika penerbit. jzklh de

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s