BRIGHT MOM (Ifa Avianty)

Sebenarnya udah lama tau sama buku ini. Tapiii…. ga berminat tuh memilikinya dan membacanya karena merasa belom saatnya aja ngebacanya. Hehe…

Tapiii… berhubung tahun ini penginnya lebih banyak baca buku non fiksi ketimbang fiksi maka ketika berada di toko buku besar, sy berusaha tidak tergoda dengan berbagai novel yang sebenarnya sangaaaat menggoda sekali dan hanya melirik bagian non fiksi. Dan sy pun mencari buku ini karena sy suka gaya menulis penulisnya. Ya iya lah, mbak Ifa gitu loh😉

 

Judulnya BRIGHT MOM, menjadi ibu cerdas yang mencerdaskan dengan cara yang cerdas. Dan sy benar2 ga nyesal beli buku ini. Kereeeeen.. Bagus banget deh. Bacanya juga cepat banget bisa selesai. Selain karena sy emang suka gaya nulis mbak Ifa jadinya lahap deh bacanya dan juga perjalanan ke Banjarmasin kemarin membuat sy menyingkir dari dunia maya, jadi waktu membaca lebih banyak. hehe….

 

Di chapter pertama mengangkat judul ‘Sebelum menjadi Ibu’. Ini lebih ke persiapan gitu, bagaimana mengkondisikan diri sendiri juga orang-orang di sekitar akan peran baru yang akan dihadapi. Juga disajikan secara rinci poin-poin untuk menjadi Ibu Bahagia.😉

 

Untuk menghasilkan peradaban yang baik di dunia ini, seorang ibu lebih dahulu berkewajiban menciptakan peradaban yang baik dalam diri dan anaknya (Karina, 2008)

 

Chapter kedua bercerita tentang ‘Menjadi Ibu Seutuhnya’. Bagaimana menghadapi saat-saat sensitif atau kikuk begitu mengetahui kalau sedang berbadan dua, masalah-masalah seputar kehamilan, tentang baby blues dan saat-saat si buah hati sudah lahir dan telah berada di samping ibundanya tercinta. Bagaimana menjadi ibu yang happy dengan baby yang juga happy. Juga mengatasi, jika di saat-saat seperti itu ayahnya malah jauuuh dan Ibunya ricuh sendiri. Wah, lengkap deh.. ada tips2 juga. Misalkan bagaimana jika si kecil demam J

 

Chapter ketiga berjudul “Ibu yang cerdas, Sekarang atau tidak sama sekali.”

Nah… ini juga bahasannya lengkaaap beneer.. Sy bingung bagaimana menguraikannya karena tiap halaman penuh makna. Hehehe…. Ada cara mengasah kemandirian, tips melatih anak berpikir kreatif, bagaimana melekatkan emosi juga bagaimana jika anak bertanya teruuus dan cepat bosan dengan permainan. Bab ini paling lengkap deh… mengungkap berbagai hal yang biasa timbul dari anak masih bayi, kemudian batita trus menjadi balita, masuk sekolah, dapat haid pertama, saat dia jatuh cinta sampai dia menikah dan punya anak sendiri. Artinyaa… Si Ibu udah jadi nenek J

 

Chapter ke 4.. Nah.. ini bercerita tentang peran lain yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Bright Mom. Siapa lagi kalau bukan si Soulmate.. alias suaminya😉

Juga bagaimana agar si Ibu bisa menjadi Ratu yang baik di rumahnya..

 

Chapter ke 5… masih bicara tentang si Ibu.. ya judulnya aja Brigth Mom.. kali ini mengangkat tema “Ibu dan aktualisasi dirinya”. Setelah bab-bab sebelumnya diulas tentang kegiatan Ibu dengan anak, suami dll… Nah, kapan donk waktu untuk dirinya sendiri? Nah… di chapter ini dibahas tentang karir sang Ibu, dengan komunitasnya, ‘me time’ sang Ibu sampai pikiran terdalam seorang Ibu..

 

“Orang yang paling bahagia adalah orang yang bisa mengenali dan bersahabat dengan dirinya sendiri. Ia bisa sepenuhnya mengendalikan dirinya, emosinya, semua pikiran dan perasaannya. Ia bisa mengarahkan dirinya menuju keikhlasan (Sentanu, 2007)

 

Di bagian ke enam berjudul “Ibu menyatu dengan Tuhannya”

Pernah ga sih menerima info dari seorang Ibu yang katanyaa… setelah punya anak ibadahnya jadi menurun karena waktunya hampir habis untuk si kecil? Lalu bagaimana mengatasinya? Temukan jawabannya di bab ini🙂

 

Di chapter terakhir adalah cerita2 tentang Ibu yang cerdas dan kuat.

Nah… di bagian akhirnya lagi adalah di mana penulis memaparkan literatur2 yang mendukung adanya buku ini. Sy tercengang sendiri melihatnya. Ada 5 halaman. Entah berapa jumlah bukunya dan juga majalah, ga ngitung. :p

 

 

Karena tadi di MP ada yang protes kenapa review sy singkat bener, jadinya sy sajikan kembali dalam bentuk yang hemm… mudahan lebih lengkap. Hehe… Bingung sendiri ketika pengin mengulas buku ini, selain sy masih belom pantas buat bicara tentang dunia Ibu ^^.. jugaaa buku ini susah kalau mau ngambil poin-poin pentingnya. Intinyaaa… bukunya bagus banget. Tiap halaman bermakna. Dan sy tak ragu buat menyematkan 5 bintang untuk buku ini.

 

Sy rekomendasikan buku ini untuk teman2 yang udah jadi Ibu, calon Ibu atau yang akan menjadi calon Ibu.. ^^

*had been posted at Mp ‘n FB on 120111*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s