Aku ingin negeriku BERSIH

Haiyaaaa…. Penginnya gitu. Ada yang ditulis tiap hari, ngeblog tiap hari. Tapi ada ajaaaa alasan yang bikin ga jadi  nulisnya. No excuse yanti!!!!

So, sy mulai nulis hari ini.🙂

Tentang apa? ada beberapa ide sih, tapi bingung yang mana duluan yah yang sy tulis. Hemm… Oke deh ini aja.

Jadi, kemarin itu, sy dan mama nonton wara wiri edisi Oztralih, Komeng dan Adul wara wiri di negeri Kanguru sana. Dan yang langsung menyapa saya pas nonton itu adalah kondisi Oztralih yang bersiiiiih banget. Saya pun langsung nyelutuk ke mama, “Ma, bersih banget ya negaranya.” yang langsung deh diiyakan sama mama.

Dan sy pun jadi ingat negara yang pernah saya datangi yang juga bersiiiiih banget. Singapura. Dan tanpa bisa ditahan sy juga ngebandingin dengan kondisi negara kita terdjintah ini. Duuuu…. kapaaaaan ya negeri qta bisa bersih kayak gitu? *mikir serius*

Sy jadi ingat juga dengan twit yang pernah sy baca tentang parahnya mental negara ini tentang kebersihan. Katanyaa…. di Victoria Park di Hongkong sana, cuma ada satu tulisan dengan satu bahasa yaitu “JAGALAH KEBERSIHAN”. Hanya dengan Bahasa Indonesia karena memang di sana banyak WNI. (Hai teman2 yang pernah di Hongkong.. benar ga sih?)

Untuk di Tanah Suci kondisinya juga ga jauh beda. Tahun kemarin, sy ngikutin twitnya mbak HTR waktu di Tanah Suci, dan beliau bercerita tentang kondisi kamar kecil di Arafah dan Mina yang kondisinya parah banget dari segi kebersihan di tenda para jamaah Indonesia. 3 tahun yang lalu kondisi yang sama jg sy temui.. T_T

Dan tadi pagi, sy sempat jalan2 di sekitar rumah sy yang di seberangnya pasar. Dan tetap aja saya temui sampah berserakan di mana2. Lagian, sy juga ngelihat kalau jalanan umumnya jg penuh lubang di mana2, jadi semakin ga enak dipandang. Beda banget gituh dengan S’pore atau Aussie.

So, what should I do?

Sy sih mikirnya tadi, kalau sy aja yang ngejaga kebersihan ya ga ngaruh juga kali yaaa… Apalah artinya saya dibanding ribuan orang yang ada di kota ini dan ratusan juta orang yang ada di negeri ini. Ga ada apa2nya mah.

Tapiiii…. kalau bukan kita siapa lagi???

Ingat dengan apa yang disampaikan Aa Gym dulu tentang 3M. Mulai dari sekarang, mulai dari diri sendiri dan mulai dari hal yang kecil. Nah, kalau tiap orang berpikiran kayak saya… kan oke tuh. Negeri qta bisa bersih, bukan hanya dalam khayalan saja.

Oke yanti… Semangats yaaaa……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s