Dream High (Spoiler)

Pada awalnya saya tidak begitu tertarik dengan Dream High (DH) ini. Bosan malah. Hingga ketika nonton dvdnya saya berhenti saat episode 1 pun belum tuntas. Kemudian DH tayang d TV. Sy pun ga terlalu berminat walau jika ada kesempatan yah tetap nonton. Tapi sekedarnya saja lah. Pada akhirnya saya sampai pada titik di mana saya tertarik dan menuntaskan menontonnya lewat DVD. Hohoho…

 

Dream High bercerita tentang sebuah sekolah musik bernama Kirin dan fokus pada 6 murid pemeran utama K-drama itu.

 

Murid pertama adalah Go Hye Mi. Hye Mi diceritakan sbg sosok angkuh, keras kepala dan emosian gitu. Berasal dari keluarga berada namun kemudian mengalami kebangkrutan hingga Hye Mi dituntut untuk melunasi hutang2 ayahnya. Yg ngasih hutang menuntut Hye Mi buat jadi bintang di bidang musik dan Hye Mi harus bisa masuk sekolah Kirin. Pada awalnya Hye Mi gagal tapi kemudian dia masuk ke Kirin lewat jalur khusus.

 

Murid kedua, Beik Hi. Ahaha.. Kayakna salah deh nulis namanya. Beik Hi ini sebetulnya fans berat Hye Mi hingga dapat gelar pengikut Hye Mi. Waktu audisi masuk Kirin Hye Mi dan Beik Hi duet, tapi di luar dugaan justru Beik Hi yang diterima masuk Kirin.

 

Itu menjadi titik balik bagi seorang Beik Hi, dia tak lagi ingin berdiri di belakang Hye Mi. Tapi menjadi pesaing ketat. Dia ingin selalu ada di depan Hye Mi.

 

Murid ketiga. Jin Guk. Jin Guk ini teman masa kecil Hye Mi dan dia suka gitu deh ama Hye Mi. Beberapa kali menolong Hye Mi. Jin Guk ini juga punya hubungan yang tak begitu bagus dengan sang ayah. Jin Guk juga pertama kali debut dibanding teman2nya yg lain. Ssst… Si Beik Hi yang sy ceritakan di atas suka sama Jin Guk ini.

 

Murid ke 4. Sam Dong. Sam Dong ini diceritakan sebagai anak kampung. Emang rada kampungan gitu deh. Tapiii… Dia punya bakat yg luar biasa di bidang musik. Namun, ada satu masalah yang kemudian timbul yang menyebabkan Sam Dong down banget dan hampir memupuskan mimpinya di bidang musik.

 

Sam Dong ini juga teramat sangat menyukai Hye Mi. Bagiku Hye Mi adalah musik, katanya gitu.

 

Murid ke 5, Kim Pil Shuk. Orangnya genduuuut. Tapi suaranya baguuuusss banget. Pil Shuk ini tergila2 sama murid lain bernama Jason. Yang pada suatu ketika Pil Shuk ditantang Jason buat menurunkan berat badan sebesar 30 kg selama 2 bulan dan Pil Shuk berhasil *wow*

 

Diet ketat ala Kim Pil Shuk :

Disiplin dan tegas terhadap segala jenis makanan yang masuk.

Makan pagi bak seorang ratu *boleh banyak*

Makan siang ala orang biasa *sedang2 saja*

Makan malam seperti pengemis *dikiiiit banget*

Kemudian… rajin lompat tali, karena lompat tali efektif membakar kalori dengan jumlah yang besar.

 

Intinya disiplin dan pertebal kemauan. Karena di dunia ini tidak ada wanita yang jelek. Yang ada adalah wanita yang malas.

Pil Shuk jg digambarkan sebagai sosok polos nan ceria. Suka sama ekspresi Pil Shuk :))

 

Murid ke 6 adalah Jason. Bule gitu deh dan jago ngedance. Ekspresi Jason kadang lucu. Jason ini santun, super pede dan rada tebar pesona gitu sama wanita. Hal itulah yang kemudian disalah artikan sama Pil Shuk dan bikin Hye Mi gemes banget.

 

Hal-hal menarik di Dream High :

 

 

Ketulusan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa (baca : Guru)

Selain ke 6 murid itu, Dream High juga menyajikan tokoh-tokoh Guru yang ada di Sekolah Kirin. Ada Guru Kang yang tulus banget, ada Guru Yang yang lucu, ada Guru Shi yang terlihat judes dan tegas tapi baik hati. Ada beberapa adegan tentang para Guru di Kirin ini yang bikin saya haru. Terutama di bagian di mana mereka begitu tulus mendidik murid-murid mereka, juga saat mereka memandang murid-muridnya dengan tatapan penuh kebanggaan saat menyaksikan murid-murid mereka berprestasi juga akur lagi setelah bertengkar. Ada bahagia yang terpancar dari mata mereka🙂

 

Karakter yang tidak konsisten?

 

Kalau menyaksikan episode awal dan kemudian langsung loncat ke episode akhir Dream High, maka akan anda temukan perubahan karakter dari seorang Hye Mi. Di awal, Hyemi adalah gadis yang sombong, tidak tahu sopan santun dan egois. Tapi.. di akhir Hye Mi berubah. Karakternya yang tidak konsisten kah? Tidak juga. Kalau mengikuti dari awal sampai akhir, kita jadi paham kenapa Hye Mi bisa berubah. Tidak langsung serta merta Abrakadabra gitu. Ada banyak hal yang menjadi titik balik seorang Hye Mi. Dan juga pengaruh orang-orang di sekitarnya.

 

Keberadaan Sam Dong dan Guru Kang sangat berpengaruh terhadap karakter Hye Mi. Misalkan, pada adegan di mana Hye Mi tertangkap basah oleh Sam Dong sedang menangis. Sam Dong lantas bertanya pada Hye Mi,

“Kamu menangis karena cemburu dan iri karena Jin Guk dan Beik Hi debut lebih dulu?”

Saat itu memang Jin Guk dan Beik Hi sudah terjun ke dunia rekaman, semantara Hye Mi masih berkutat di kelas percobaan di Kirin. Ada iri dan cemburu yang membara di hati Hye Mi. Apa kata Sam Dong?

 

“Kalau kita iri terhadap keberhasilan teman kita, kalau kita tidak bisa bertepuk tangan atas keberhasilan teman kita, kalau kita tidak bisa tersenyum saat teman kita berhasil, maka hati kita bagai di neraka. Panas dan membakar. Jangan biarkan hal itu terjadi”

 

Apa yang dikatakan Sam Dong itu ternyata membekas di benak Hye Mi. Hingga tak ada hati yang terbakar saat Beik Hi memanas-manasi Hye Mi dengan piala juara pertama yang di raihnya, sementara Hye Mi hanya menjadi juara ke tiga.

 

Saat Beik Hi dan Jin Guk debut itu, Hye Mi juga merasa kalau cerita persaingannya dengan Beik Hi telah berakhir, dengan kemenangan ada di pihak Beik Hi. Saat menyadari Hye Mi berpikiran seperti itu, Guru Kang pun lantas berujar,

“dalam hidup, ada orang-orang yang meraih impiannya dengan jalan yang cepat. Ada juga dengan jalan yang panjang serta lambat. Tak selamanya yang lambat itu buruk. Bukan kah dengan berjalan lambat dan dengan perjalanannya yang lebih panjang kita bisa melihat dan memperhatikan hal-hal yang lebih banyak di sekitar kita. Mungkin dengan jalan yang lambat itu lah yang bisa menempa kita untuk jadi lebih dewasa. Instrospeksi diri, benahi diri dan melangkah lagi. Karena cerita belum berakhir.”

 

Apa yang disampaikan Guru Kang juga melecutkan kembali semangat Hye Mi. Hingga Hye Mi bangkit lagi, belajar lagi dengan lebih gigih.

 

Tentang Cinta segitiga.

 

Wkwkwk…. Ada antara Hye Mi, Sam Dong dan Jin Guk. Ada juga antara Hye Mi, Beik Hi dan Jin Guk. Yang paling tulus  adalah Sam Dong. Dia memilih untuk tidak menyatakan perasaan pada Hye Mi.

 

Sy sendiri punya pro dan kontra terhadap Sam Dong ini. Di satu sisi, Sam Dong menempatkan diri pada posisi jiwa yang benar kalau menurut Anis Matta dalam serial cintanya.

 

Apa sih posisi jiwa yang salah? Saat kita mencintai seseorang lalu kita menggantungkan kebahagiaan kita pada sebuah kehidupan bersamanya. Maka ketika ia menolak, -atau tak beroleh kesempatan-, untuk hidup bersama kita. Itu menjadi sumber kesengsaraan.

 

Bagi Sam Dong, dia tak perlu bersama Hye Mi. Jika Hye Mi bahagia bersama Jin Guk itu sudah cukup.

 

Kontranya adalah saat Sam Dong memilih untuk tidak menyatakan perasaan. Naaah… Gimana kalau Hye Mi juga suka sama Sam Dong dan menunggu Sam Dong menyatakan perasaannya. Bukankah wanita bukan tempat terbuka untuk menyatakan perasaan? :))

 

Ada lagi waktu Hye Mi bingung. Sebenarnya siapa sih yg lebih disukainya antara Jin Guk atau Sam Dong? Dia pun bertanya kepada Pil Shuk, apa yang menjadi ciri ketika kita menyukai seseorang. Jawab Pil Shuk, dia selalu ada dalam pikiran kita. Kalau qta sedih, dia orang pertama yang qta ingat. Kalau qta gembira, dia juga orang pertama yang qta ingat dan ingin qta beri tahu. Begitu kah? :)))

 

 

Persaingan secara sehat dan persahabatan

 

Dalam DH juga diceritakan tentang persaingan untuk menjadi yang terbaik. Ada dicontohkan bagaimana bersaing yang tidak sehat. Seperti cara Beik Hi. Menghalalkan segala cara agar bisa lebih unggul dari Hye Mi. Yang sehat adalah antara Sam Dong dan Jin Guk. Walaupun bersaing, tapi masing-masing tak ingin yang satu terjatuh dan terpuruk. Malah saling membantu dan menyemangati. Ketika yang satu terpuruk yang lain menguatkan.

 

Pada akhirnya terjalin persahabatan yang indah antara mereka. Suka dengan kata-kata Hye Mi waktu ending, “teman-teman yang membersamaiku menjadi dewasa. Teman-teman yang dengan mereka aku tertawa juga menangis. Yang bertengkar lalu berdamai.”

 

 

Bagian yang lain yang saya suka dari DH ada di episode ke 13. Saat Sam Dong tak berdaya di atas panggung dan Hye Mi sekuat tenaga membantunya, juga saat Sam Dong dan Pil Shuk menyanyi acapella, di sana Sam Dong membuktikan pada Jin Guk bahwa dia tak perlu waktu yang lama buat bangkit dari keterpurukan. Nah, pas bagian itu juga saya menemukan tatap bangga dan haru dari Guru Kang, Guru Shi dan Guru Yang pada murid-muridnya🙂

 

*diposting di FB dan MP : 300811*

2 thoughts on “Dream High (Spoiler)

  1. Sebenernya kalo yang gak suka Kpop, agak sulit untuk suka sama drama ini Yanti, karena ceritanya tentang pergulatan mereka untuk menjadi Kpop Idol…

    Dan para aktornya pun hampir semuanya merupakan member/personil dari Boyband dan Girlband gituuu..

    Cuman Kim Soo Hyun atau Sam Dong aja sih yang bukan penyanyi/member Boyband.

    Dan aku udah ketemu 3 diantaranya lhoooo…
    Wooyoung, Suzy dan Taecyeon…hihihi…

    • Ini salah satu drama Korea terbaik versi saya, Bi. Ehehehe… Suka banget. Kalau menurut saya sih semangat dan inspirasinya nggak hanya bagus buat pecinta K Pop tapi pada setiap orang yang punya mimpi.

      Sukaaa banget drama ini. Makanya nonton ulang barusan. Ehehe…. Aaakkk… ngiri si Bibi ketemu Jin Guk. Suka dia ketimbang Sam Dong :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s