Lewat kata, aku bicara

Faith (Menyematkan Sejarah Dalam Drama)

Posted on: March 24, 2013

    Memasukkan sejarah dalam sebuah cerita akan menjadi cara yang sangat efektif buat anak-anak muda sekarang mengingat dan mempelajari sejarah tersebut, setidaknya bagi saya. Masih teringat tentang tontonan masa kecil dulu saat saya gemar sekali menonton Lady Oscar yang berlatar Revolusi Perancis itu. Maka ketika kemudian saya duduk di bangku sekolah menengah pertama dan atas, revolusi Perancis itu pun masuk dalam pelajaran sejarah. Dan saya sungguh tertarik sekali mempelajari tiap detail dalam pelajaran itu. Rasanya seperti mengulang kembali menonton Lady Oscar. Walaupun saya tak menemukan nama Lady Oscar di buku sejarah saya.

    Mengangkat tema sejarah ini juga kemudian banyak kita temukan dalam drama-drama Korea. Mungkin drama dari negara lain juga ya, tapi berhubung saya beberapa kali nontonnya dari drama Korea ini jadi yang saya ingat ya beberapa judul seperti Dong Yi, Queen Seon Deok dan terakhir yang saya tonton berjudul Faith.

Gambar


    Faith bercerita tentang seorang Jendral bernama Choi Young, dari beberapa artikel yang saya baca Jendral Choi Young sendiri adalah seorang Pahlawan Nasional dari Korea pada masa Dinasti Goryeo. Walau memadukan cerita dengan balutan fiksi yang teramat kental sehingga kesan romance nya lebih terasa tapi tetap saja ada sematan sejarah pada akhir Dinasti Goryeo dan awal pembentukan Dinasti Joseon.

    Lalu apa yang menjadi bagian fiksi dari drama ini? Drama ini juga menyuguhkan tentang perjalanan waktu. Hal yang kemudian begitu ramai dijadikan tema dalam beberapa drama Korea dan laris manis. Selain Faith, Roftoop Prince salah satunya. Jendral Choi Young dan jajaran pihak istana kelabakan karena sang Ratu kritis disebabkan lehernya terkena sabetan pedang. Kemudian diceritakan Choi Young masuk ke sebuah pintu yang disebut pintu langit, yang mengantarkan dia ke masa depan di tahun 2012, menculik seorang dokter bedah dari sana. Dokter bedah inilah kemudian yang berhasil menyelamatkan seorang Ratu dari masa dinasti Goryeo. Karena sesuatu hal, dokter bedah ini tak bisa kembali ke tahun 2012. Dia terjebak di masa Dinasti Goryeo.

    Sebagai seseorang yang datang dari masa depan, tentu saja si dokter bedah itu pernah belajar sejarah. Jadi dia kemudian mengulik ingatannya tentang sejarah, tentang sang Jendral yang banyak dipuja di masa depan, tentang Raja dan Ratu, juga siapa pengganti Raja yang berkuasa saat itu. Juga mengetahui kalau seseorang yang menjadi tokoh antagonis di cerita itu akan tewas pada tahun tertentu karena suatu sebab. Saat ada seorang kerabat kerajaan ingin melakukan kudeta, sang dokter ini pun bilang kudetanya tak akan berhasil. Nama si kerabat kerajaan itu tak pernah tertulis dalam sejarah sebagai salah satu Raja dari Dinasti Goryeo. Pengetahuan akan sejarah ini lah yang kemudian membuat si dokter bedah dianggap bisa meramal masa depan. Padahal dia cuma mengulik sejarah yang sudah diketahuinya.

    Si dokter bedah ini juga kemudian terlibat asmara dengan Jendral Choi Young. Pada suatu hari dia menyelamatkan seorang pemuda yang ketika dia ketahui identitasnya, sang dokter bergidik ngeri. Karena dalam sejarah, Jendral Choi Young sang kekasih hati akan mati di tangan pemuda itu. Padahal saat itu, si pemuda begitu lugu dan terlihat begitu kagum pada Jendral Choi Young. Jendral Choi Young pun merasa mustahil pemuda itu akan membunuhnya suatu saat nanti.

Bagaimana kelanjutannya? Akan ada cerita yang begitu berliku-liku. Trus, apa sang dokter bedah berhasil kembali ke tahun 2012 atau bertahan saja di masa Dinasti Goryeo? Kalau saya ceritakan sampai ending, spoiler dong namanya ^_^

18 Responses to "Faith (Menyematkan Sejarah Dalam Drama)"

Ohno salah baca, Faith kirain fatih
Udah bingung sm gambarnya. Kirain fatih penakluk konstantininopel :D

Bukan. Ini Faith yang bintangnya Lee Min Ho :p

bisa nih dicari seri drama koreanya, aku juga suka film yang ngambil latar sejarah

Idem mbak. Makanya suka ngiler ama hanbok. Hehehe…

kl drama koreanya udah di translate ke bhs turki sama aja pusingnya-.- di salah satu chanel tv turki ada jg tuh ya muter drama korea berseri dgn latar belakang sejarah*cuma udah puyeng duluan, apa2 di turki kan:S lha make bhs korea aslinya sama aja ding ya puyeng.mlongo nontonnya:)) saya demenya drama yg sekali abis, gemes kebanyakan episode, biar nangisnya sekalian ga per epispde heheh

Hah? Drama Korea masuk Turki juga mbak? Ga nyangka euy.. hehehe.. Iya mbak, sama belibetnya deh ya. Tulisannya juga sama kusutnya kan? :D
Nah, saya anehnya itu mbak. Malah lebih doyan yang panjang2. Diajakin suami nonton film yang sekali abis, di pertengahan saya ngantuk. Kalau yang berseri malah hajar terus. Aneh deh. hehehe…

lee min ho gak pantes jadi jendral, tampangnya terlalu brondong, qiqiqiqi…
dan lagi aneh aja, di jaman itu masa ada laki-laki rambutnya sependek itu, maksain biar tetep kliatan cute kali ya ? :p

Wekekeke… Tp bikin seger yg nonton BukPing :)))
Gpp deh kalau tll maksa. Seharusnya brewokan gitu ya Buk :)

Berapa episod mbak?
Aku lg mantengin rooftop prince di indosiar, satu2nya.hiburan buatku bs nonton hihihi

24 kalau tak salah Anty. Nah, ini kebalikan dengan Rooftop Prince karena ke masa lalu :)
Aku juga suka Rooftop Prince. Lagi senang aja dengan tema time traveler ini :D

Whoaaaaaa…
ada si abang disinih…hihihi..

sekarang ini drama korea genre nya emang time travelling deh..
selain faith ama rooftop prince *yang mana Yoochun keren abis disini*
boleh dicoba nonton Queen In Hyun’s Man yah Yanti..

semoga kecanduaaaaan :)
*sedang menebar virus korea*

Nah.. Itu judul yang pengin saya cari Bi, tapi belum nemuuuu.. Moga ntar bisa ketemu deh sama Queen In Hyun. Eh, ada yang Dr Jin juga lho Bi. Tapi rada malas kemarin nontonnya, ganteng si Abang sih ;)

Wahh.. Lady oscar.. Aku dulu jg suka bgt tp Trs ngilang ga diteruskan akhirnya ngumpul in komik nya.. Mangkat plg asyik kl nonton bsa dpt ilmu bru ya ;-)

Aku komiknya ga dapat, di TV juga ilang. Hiks. Di youtube ada ga ya lady oscar?

Drama series yang saya suka, dengan setting sejarah dan fantasi. Paling tidak seharusnya sinetron di indonesia yang berlatar sejarah dan mau dibikin fantasi ya niru ini. Tapi jujur saya loncat2 nontonnya :)

Saya sekarang kalau nonton Korea berpadu antara nonton sama baca sinopsisnya, Mas. Kan banyak tuh blog2 yang nayangin sinopsis lengkap drakor. Jadi deh kalau udah capek nonton baca sinopsis aja. Udah capek baca sinopsis, lanjut nonton :D

hehe, iya saya biasanya gitu. Tapi entahlah Faith saya skip2 mesti dan ingin tau akhirnya aja :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Winner Class

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 304 other followers

Archives

Categories

Lihat Tanggal

Halaman

kicauku

Goodreads

kamu dan saya

Daisypath Anniversary tickers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 304 other followers

%d bloggers like this: